Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut! Rudi merupakan mahasiswa yang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas mengenai cyberbullying di kalangan anak muda maupun orang dewasa di tengah meluasnya penggunaan media sosial. Kasus cyberbullying pun menjadi perhatian khusus karena korban dari kasus ini terus meningkat dan membutuhkan pertolongan. Hal ini yang menjadikan Rudi ingin mengadaptasi kasus ini menjadi topik untuk penelitian tugas akhir. Untuk menyelenggarakan FGD Rudi mempersiapkan partisipan, moderator, dan juga materi yang akan dibahas mulai definisi, sebab, akibat, sampai kepada upaya penyelesaiannya. Semua dipersiapkan dengan baik agar terselenggaranya FGD ini berfokus kepada permasalahan yang akan dibahas. Berdasarkan ilustrasi tersebut, telah tergambarkan salah satu ciri FGD yakni terfokus dalam satu permasalahan. Hal ini dapat terlihat dari ....

Perhatikan ilustrasi berikut!
 

Rudi merupakan mahasiswa yang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas mengenai cyberbullying di kalangan anak muda maupun orang dewasa di tengah meluasnya penggunaan media sosial. Kasus cyberbullying pun menjadi perhatian khusus karena korban dari kasus ini terus meningkat dan membutuhkan pertolongan. Hal ini yang menjadikan Rudi ingin mengadaptasi kasus ini menjadi topik untuk penelitian tugas akhir. Untuk menyelenggarakan FGD Rudi mempersiapkan partisipan, moderator, dan juga materi yang akan dibahas mulai definisi, sebab, akibat, sampai kepada upaya penyelesaiannya. Semua dipersiapkan dengan baik agar terselenggaranya FGD ini berfokus kepada permasalahan yang akan dibahas.
 

Berdasarkan ilustrasi tersebut, telah tergambarkan salah satu ciri FGD yakni terfokus dalam satu permasalahan. Hal ini dapat terlihat dari ....space space space  

  1. Rudi yang hanya menggali informasi dari satu sudut pandang saja undefined

  2. kemampuan Rudi memilih topik yang memang sedang menjadi perhatian banyak orangundefined

  3. Rudi memperbolehkan partisipan untuk bertukar satu pendapat saja tentang masalah yang sedang dibahasundefined

  4. Rudi menyiapkan perencanaan dan mekanisme FGD yang sesuai dengan topik permasalahan yang ingin dibahasundefined

  5. kemampuan Rudi mengundang partisipan dan moderator yang berkompeten permasalahan yang dibahasundefined

T. TeachingAssistantSakinah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.undefined

Pembahasan

Focus Group Discussion (FGD) merupakan metode pengumpulan data kualitatif dengan menggunakan forum diskusi untuk membahas suatu masalah secara fokus dan spesifik. Terdapat tiga ciri utama yang membedakan FGD dengan kegiatan wawancara yaitu, fokus kegiatan FGD adalah berdiskusi, kegiatan FGD dilakukan secara berkelompok, dan terfokus untuk membahas suatu masalah. Di dalam ilustrasi soal terlihat bahwa FGD yang dilakukan oleh Rudi telah menunjukkan salah satu ciri dari FGD itu sendiri, yakni fokus dalam pembahasan satu masalah. Ciri fokus dalam pembahasan satu masalah, yaitu kondisi di mana seorang peneliti dapat memfokuskan jalannya FGD sesuai dengan masalah penelitian yang diangkat.Hal tersebut telihat dari beberapa cara yang dilakukan oleh Rudi untuk membuat FGDini terfokus terhadap suatu masalah. Adapun beberapa cara yang dilakukan Rudi berdasarkan ilustrasi, yaitu dengan membuatpersiapan yang baik mulai dari perencanaan yaitu menyiapkan moderator, partisipan, hingga materi yang akan dibahas mulai dari definisi, sebab, akibat, sampai kepada upaya penyelesaiannya, sehingga materi yang sudah siap ini akan mempermudah jalannya FGD. Selain itu, selama jalannya FGDRudi juga harus memastikan agar diskusi tetap berjalan sesuai dengan pembahasan karena FGD ini bersifat diskusi kelompok sehingga seringkali pembahasan sampai ke luar dari inti permasalahan. Maka dari itu, ilustrasi dalam soal mengarah pada ciri FGD yang terfokus pada suatu masalah karena Rudimenyiapkan perencanaan dan mekanisme FGDyang sesuai dengan masalah yang diteliti. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Focus Group Discussion (FGD) merupakan metode pengumpulan data kualitatif dengan menggunakan forum diskusi untuk membahas suatu masalah secara fokus dan spesifik. Terdapat tiga ciri utama yang membedakan FGD dengan kegiatan wawancara yaitu, fokus kegiatan FGD adalah berdiskusi, kegiatan FGD dilakukan secara berkelompok, dan terfokus untuk membahas suatu masalah. 


Di dalam ilustrasi soal terlihat bahwa FGD yang dilakukan oleh Rudi telah menunjukkan salah satu ciri dari FGD itu sendiri, yakni fokus dalam pembahasan satu masalah. Ciri fokus dalam pembahasan satu masalah, yaitu kondisi di mana seorang peneliti dapat memfokuskan jalannya FGD sesuai dengan masalah penelitian yang diangkat. Hal tersebut telihat dari beberapa cara yang dilakukan oleh Rudi untuk membuat FGD ini terfokus terhadap suatu masalah. Adapun beberapa cara yang dilakukan Rudi berdasarkan ilustrasi, yaitu dengan membuat persiapan yang baik mulai dari perencanaan yaitu menyiapkan moderator, partisipan, hingga materi yang akan dibahas mulai dari definisi, sebab, akibat, sampai kepada upaya penyelesaiannya, sehingga materi yang sudah siap ini akan mempermudah jalannya FGD. Selain itu, selama jalannya FGD Rudi juga harus memastikan agar diskusi tetap berjalan sesuai dengan pembahasan karena FGD ini bersifat diskusi kelompok sehingga seringkali pembahasan sampai ke luar dari inti permasalahan. Maka dari itu, ilustrasi dalam soal mengarah pada ciri FGD yang terfokus pada suatu masalah karena Rudi menyiapkan perencanaan dan mekanisme FGD yang sesuai dengan masalah yang diteliti. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

46

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut yang menggambarkan teknik cluster sampling adalah…

9

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia