Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut!      Rama sedang berkhayal menjadi seorang penulis cerita. Ia ingin menulis cerita yang berisi keajaiban sebuah pensil. Jika seseorang menggambar dengan pensil tersebut, gambar yang dihasilkan akan muncul di dunia nyata dan hidup. Akan tetapi, gambar yang muncul dan hidup adalah gambar yang digambar oleh seseorang yang memiliki niat baik. Suatu ketika pensil ajaib tersebut jatuh ke tangan orang yang licik. Lalu, pensil tersebut tidak dapat membuat gambar yang muncul dan hidup. Tiba-tiba, orang licik tersebut mematahkan pensilnya karena kesal gambar yang dibuatnya tidak muncul di dunia nyata dan tidak hidup.  Berdasarkan ilustrasi di atas, teks cerita yang akan dibuat oleh Rama adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut! 


    Rama sedang berkhayal menjadi seorang penulis cerita. Ia ingin menulis cerita yang berisi keajaiban sebuah pensil. Jika seseorang menggambar dengan pensil tersebut, gambar yang dihasilkan akan muncul di dunia nyata dan hidup. Akan tetapi, gambar yang muncul dan hidup adalah gambar yang digambar oleh seseorang yang memiliki niat baik. Suatu ketika pensil ajaib tersebut jatuh ke tangan orang yang licik. Lalu, pensil tersebut tidak dapat membuat gambar yang muncul dan hidup. Tiba-tiba, orang licik tersebut mematahkan pensilnya karena kesal gambar yang dibuatnya tidak muncul di dunia nyata dan tidak hidup. 


Berdasarkan ilustrasi di atas, teks cerita yang akan dibuat oleh Rama adalah ....undefined 

  1. teks cerita sejarahundefined 

  2. teks cerita fantasi

  3. teks cerita fabel 

  4. teks cerita fiksi

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ilustrasi di atas, teks yang akan dibuat Rama adalah teks cerita fantasi. Teks cerita fantasi merupakan teks yang berisi sebuah cerita yang didalamnya menggunakan imajinasi yang tidak ada di dunia nyata, bahkan imajinasi yang digunakan tidak masuk akal atau tidak dapat diterima oleh akal sehat. Ilustrasi di atas berisi cerita yang imajinasi dibuat Rama tidak masuk akal dan tidak dapat diterima oleh akal sehat. Imajinasi yang dimaksud adalah pensil ajaib yang jika menggambar menggunakan pensi ajaib tersebut, gambarnya akan hidup dan muncul di dunia nyata. Dengan demikian, teks cerita yang akan dibuat oleh Rama adalah teks cerita fantasi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Herwinda

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan poin-poin berikut!  Gundala  Avatar: The Legend of Aang Keluarga Cemara  Laskar Pelangi  Toy Story  Garuda di Dadaku Contoh dari teks cerita fantasi terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita fantasi berisi cerita yang menggunakan imajinasi yang tidak masuk akal atau tidak dapat diterima oleh logika atau akal sehat. Contoh cerita fantasi berdasarkan poin-poin di atas adalah Gundala  dan Toy Story. Gundala  merupakan sebuah cerita yang mengisahkan seseorang yang mempunyai kekuatan super setelah tersambar petir. Lalu, Toy Story adalah cerita yang mengisahkan kumpulan mainan anak-anak yang dapat hidup dan memiliki dunianya sendiri. Kedua cerita tersebut menceritakan suatu hal yang tidak dapat diterima oleh logika atau akal sehat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

0

Roboguru

Cerita tersebut termasuk jenis cerita apa?

Pembahasan Soal:

Teks cerita fantasi adalah teks yang berbentuk karangan atau tulisan untuk menuturkan, menggambarkan, atau membayangkan berbagai perbuaan, pengalaman, dan kejadian berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka. Dengan kata lain, hal-hal yang digambarkan dalam teks fantasi adalah hal-hal yang tidak nyata atau fiksi.

Unsur intrinsik teks cerita fantasi adalah sebagai berikut.

  1. Tema, yaitu ide yang paling mendasar yang menjadi acuan untuk mengembangkan suatu cerita.
  2. Alur, yaitu jalan atau alur cerita yang berupa peristiwa-peristiwa yang tersusun dan saling berkaitan satu sama lain.
  3. Tokoh, yaitu orang yang terlibat dalam cerita.
  4. Penokohan, yaitu karekter dari pemeran atau pelaku didalam suatu cerita.
  5. Latar, yaitu tempat, waktu, serta suasana yang menjadi latar belakang suatu cerita.
  6. Sudut pandang, yaitu posisi pengarang dalam membawakan suatu cerita.
  7. Amanat, yaitu pesan yang ingin disampaikan oleh pegarang sebuah cerita didalam cerita dan penokohan.

Kedua cerita di atas merupakan sebuah cerita narasi yang bersifat fantasi atau kejadian yang tidak nyata atau berada diluar kemungkinan realitas. Hal itu dapat dilihat dari isi cerita teks 1 yang menghadirkan seorang nenek secara tiba-tiba dan pada teks 2 membuat peristiwa yang fantasi seperti dapat menembus tembok.

Dengan demikian, cerita di atas merupakan cerita fantasi.space 

0

Roboguru

Contoh cerita fantasi adalah ….

Pembahasan Soal:

Cerita fantasi menggunakan imajinasi yang tidak masuk akal atau tidak dapat diterima oleh logika atau akal sehat. Contoh cerita fantasi adalah Harry Potter. Cerita tersebut mengisahkan kehidupan di dunia sihir yang sangat berbeda dengan dunia manusia pada umumnya. Selain Harry Potter, cerita fantasi yang lainnya adalah Narnia dan “Anak Rembulan” karya Djoko Kelono. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space

1

Roboguru

Tujuan yang tepat dari penulisan teks cerita fantasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Cerita fantasi merupakan karangan yang menggambarkan atau menceritakan pengalaman dan kejadian berupa angan-angan, khayalan, rekaan belaka, atau imajinasi dari penulis. Berdasarkan penjelasan tersebut tujuan yang tepat dari penulisan teks cerita fantasi adalah untuk menggambarkan atau menceritakan pengalaman berdasarkan rekaan belaka

Pilihan jawaban A tidak tepat karena cerita fantasi menceritakan mengenai kejadian berdasarkan imajinasi penulis sehingga bersifat fiksi, bukan nonfiksi.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena cerita fantasi menceritakan mengenai kejadian berdasarkan imajinasi penulis, bukan berdasarkan kejadian nyata yang dialami penulis.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena  cerita fantasi menceritakan mengenai kejadian berdasarkan imajinasi penulis, bukan berdasarkan imajinasi pembaca.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!     Setiap kali hendak pergi menjual garam ke kota, keledai selalu menggerutu karena harus terbebani dengan karung garam serta berjalan cukup jauh. “Mengapa kau tidak membel...

Pembahasan Soal:

Teks tersebut termasuk dalam teks cerita fantasi karena terdapat kemustahilan. Kemustahilan terdapat pada hewan yang dapat berkomunikasi dan berbicara dengan manusia.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved