Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut!     Program pemberdayaan masyarakat miskin seperti yang dilakukan oleh Tim Nasioanl Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bertujuan mengoordinasi pengentasan kemiskinan seperti di daerah pedalaman. Kondisi daerah pedalaman yang sulit dijangkau dan jauh dari akses pembangunan menjadi faktor utama masyarakat sulit keluar dari lingkaran kemiskinan. Asapun program pemberdayaan yang akan dilakukan adalah pembangunan fisik dan nonfisik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, ketimpangan sosial disebabkan oleh faktor . . . .

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut!

    Program pemberdayaan masyarakat miskin seperti yang dilakukan oleh Tim Nasioanl Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bertujuan mengoordinasi pengentasan kemiskinan seperti di daerah pedalaman. Kondisi daerah pedalaman yang sulit dijangkau dan jauh dari akses pembangunan menjadi faktor utama masyarakat sulit keluar dari lingkaran kemiskinan. Asapun program pemberdayaan yang akan dilakukan adalah pembangunan fisik dan nonfisik.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, ketimpangan sosial disebabkan oleh faktor . . . .space 

  1. kemampuan sumber daya manusiaspace 

  2. ketersediaan sumber daya alamspace 

  3. globalisasi dan modernisasispace 

  4. letak dan kondisi geografisspace 

  5. kebijakan pemerintahspace 

Pembahasan Soal:

    Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Kondisi tersebut mengakibatkan perbedaan potensi geografis antarwilayah yang terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, dan pantai. Kondisi geografis yang beragam berpengaruh terhadap mata pencaharian penduduk. Perbedaan kondisi geografis dan ekonomis tersebut dapat menimbulkan ketimpangan sosial.
    Masyarakat setiap daerah akan berproses dan berubah sesuai kondisi geografis daerahnya. Daerah dataran rendah pada umumnya lebih mudah dibangun berbagai infrastruktur dan dikembangkan sebagai lahan pertanian atau perindustrian. Sementara itu, daerah dataran tinggi sering terkendala oleh bentang alam yang menanjak dan tidak merata. Perbedaan percepatan pembangunan tersebut dapat menimbulkan ketimpangan sosial.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ketimpangan sosial pada contoh ilustrasi dalam soal terjadi akibat faktor letak dan kondisi geografis daerah pedalaman, maka jawaban yang tepat adalah D.undefined 
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved