Perhatikan ilustrasi berikut!     Eli mendapat tugas dari gurunya untuk membuat laporan hasil observasi. Saat bingung mencari topik untuk dijadikan laporan, ia melihat kucing peliharaannya sedang mengeong manja sambil mendekatinya. Dulu, ia menemukan kucing itu di pinggir jalan. Ia ingat, saat pertama kali ditemukan, kucing itu amat kurus. Kini, kucing itu sudah berubah gembul hingga Eli selalu memanggilnya si Gembul.     Sambil memperhatikan kucing itu, Eli tiba-tiba saja terpikirkan untuk membuat laporan hasil observasi tentang kucingnya. Ia pun segera menemukan judul yang tepat, yaitu “Si Gembul, Kucingku Manis”. Ia menulis lima paragraf panjang yang berisi informasi yang benar serta opininya tentang kucing itu. Namun, saat dikumpulkan kepada gurunya, ia terkejut karena gurunya mengatakan bahwa teks yang telah ia tulis dengan susah payah bukanlah laporan hasil observasi. Berdasarkan ilustrasi tersebut, teks yang ditulis Eli tidak dapat disebut laporan hasil observasi karena ....

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut!


    Eli mendapat tugas dari gurunya untuk membuat laporan hasil observasi. Saat bingung mencari topik untuk dijadikan laporan, ia melihat kucing peliharaannya sedang mengeong manja sambil mendekatinya. Dulu, ia menemukan kucing itu di pinggir jalan. Ia ingat, saat pertama kali ditemukan, kucing itu amat kurus. Kini, kucing itu sudah berubah gembul hingga Eli selalu memanggilnya si Gembul.

    Sambil memperhatikan kucing itu, Eli tiba-tiba saja terpikirkan untuk membuat laporan hasil observasi tentang kucingnya. Ia pun segera menemukan judul yang tepat, yaitu “Si Gembul, Kucingku Manis”. Ia menulis lima paragraf panjang yang berisi informasi yang benar serta opininya tentang kucing itu. Namun, saat dikumpulkan kepada gurunya, ia terkejut karena gurunya mengatakan bahwa teks yang telah ia tulis dengan susah payah bukanlah laporan hasil observasi.


Berdasarkan ilustrasi tersebut, teks yang ditulis Eli tidak dapat disebut laporan hasil observasi karena ....undefined 

  1. teks tersebut bersifat objektif dan tidak memihakundefined 

  2. teks tersebut tidak mencantumkan opini dari hasil pengamatan undefined 

  3. teks tersebut tidak menggambarkan suatu objek secara lengkapundefined 

  4. teks tersebut tidak berisi fakta yang terkait dengan objekundefined 

  5. teks tersebut berisi informasi tentang suatu objek yang bersifat khususundefined 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Pembahasan

Laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan. Sesuai ilustrasi tersebut, teks yang dibuat oleh Eli tidak dapat digolongkan ke dalam laporan hasil observasi. Teks tersebut termasuk teks deskripsi karena objek yang dituliskan oleh Eli bersifat unik atau khusus. Sebagai pembanding, perhatikan penjelasan berikut.

  • Teks deskripsi: menyajikan gambaran tentang seekor kucing bernama si Gembul. Dalam hal ini, objek yang dituliskan bersifat khusus (hanya ada satu kucing yang dideskripsikan). Teks ini dapat diberi judul "Kucingku yang Manis".
  • Laporan hasil observasi: menyajikan informasi secara umum tentang seekor kucing. Jadi, informasi yang diberikan adalah informasi tentang kucing secara umum, bukan informasi tentang satu kucing tertentu. Teks ini dapat diberi judul "Kucing".


Sementara itu, pilihan A, B, C, dan D tidak tepat karena bukan merupakan alasan yang tepat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

269

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Teks laporan hasil observasi bersifat ....

240

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia