Roboguru

Perhatikan hasil ticker timer dari suatu percobaan di bawah! Yang merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah ....  UN 2011

Pertanyaan

Perhatikan hasil ticker timer dari suatu percobaan di bawah!
Yang merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah ....space 

UN 2011

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada ticker timer, jika benda bergerak GLB maka jarak antara dua titik yang berdekatan kira-kira sama. Jika benda bergerak GLBB dipercepat maka jarak antara dua titik yang berdekatan juga membesar secara teratur. Jika benda bergerak GLBB diperlambat maka jarak antara dua titik yang berdekatan akan mengecil secara teratur. Karena benda bergerak ke arah kanan, maka membaca pita dari kanan ke kiri. Dengan demikian maka yang merupakan GLBB dipercepat adalah:

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut adalah hasil ketikan ticker timer dari suatu percobaan gerak. Gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berturut-turut ditunjukkan pada gambar nomor ....  UN 2009

Pembahasan Soal:

Pada ticker timer, jika benda bergerak GLB maka jarak antara dua titik yang berdekatan kira-kira sama. Jika benda bergerak GLBB dipercepat maka jarak antara dua titik yang berdekatan juga membesar secara teratur. Jika benda bergerak GLBB diperlambat maka jarak antara dua titik yang berdekatan akan mengecil secara teratur.
Karena benda bergerak ke arah kanan, maka membaca pita dari kanan ke kiri. Sehingga jenis gerak pada masing-masing gambar:

  1. Gambar 1
    Jarak antara dua titik yang berdekatan kira-kira sama sehingga geraknya adalah GLB.
  2. Gambar 2
    Jarak antara dua titik yang berdekatan dari kanan ke kiri membesar secara teratur, sehingga geraknya adalah GLBB dipercepat.
  3. Gambar 3
    Jarak antara dua titik yang berdekatan dari kanan ke kiri mula-mula membesar kemudian mengecil, sehingga geraknya GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.
  4. Gambar 4
    Jarak antara dua titik yang berdekatan dari kanan ke kiri mengecil secara teratur, sehingga geraknya adalah GLBB diperlambat.space

Dengan demikian yang termasuk GLB dan GLBB dipercepat adalah 1 dan 2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut adalah hasil ketikan ticker timer dari suatu percobaan gerak. Gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor

Pembahasan Soal:

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Jika benda yang melakukan GLB dihubungkan ke sebuah ticker timer, jarak antara dua titik yang berdekatan kira-kira sama seperti yang ditunjukkan oleh nomor (1).

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Jika benda yang melakukan GLBB dipercepat dihubungkan ke sebuah ticker timer, jarak antara dua ttik akan membesar secara teratur seperti yang ditunjukkan oleh nomor (2).

Dengan demikian, gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor (1) dan (2).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

1

Roboguru

Perhatikan gambar pita ticker timer berikut.   Jenis gerak yang menghasilkan pola tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Diketahui :

Gambar pita ticker timer.

Ditanyakan : Jenis gerak yang dihasilkan pola?

Jawab :

Ticker timer merupakan salah satu alat praktikum yang sering digunakan dalam percobaan materi GLB atau GLBB. Ticker timer (pengetik waktu) adalah alat yang digunakan untuk mencatat atau mendeteksi kecepatan suatu troli.

Pita ticker timer yang dihasilkan pada soal, terlihat sebagai berikut :

Karena benda bergerak ke arah kanan, maka membaca pita dari kanan ke kiri. Dari kanan menuju kiri titik-titik pada pita ticker timer semakin rapat yang artinya kecepatan benda semakin menurun. Hal ini menandakan bergerak dengan pola GLBB diperlambat.

Dengan demikian, jenis gerak yang menghasilkan pola tersebut adalah GLBB diperlambat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Tabel berikut menunjukkan gerak suatu benda dengan kelajuan yang bertambah.  Lengkapi tabel tersebut, kemudian lukis grafik kelajuan benda terhadap waktu. Dari grafik tersebut, apa yang dapat kamu ...

Pembahasan Soal:

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Grafik kecepatan v terhadap waktu t pada GLBB berupa garis lurus miring ke atas. Semakin curam (miring) grafiknya, semakin besar percepatan benda. Berdasarkan tabel pada soal, kita dapat melengkapi data pada tabel dengan melihat deret barisnya.


Ketika data pada tabel diubah menjadi grafik, hasilnya seperti di bawah ini :

Berdasarkan grafik di atas, dapat disimpulkan bahwa gerak benda merupakan GLBB dipercepat, karena garis pada grafik berawal dari kiri bawah ke kanan atas.

1

Roboguru

Secarik kertas pita ketik ditarik keluar pada kelajuan tetap di bawah suatu batang penggetar yang dihubungkan ke frekuensi AC 50 Hz (artinya terjadi 50 ketikan tiap sekon).  Kelajuan pita adalah .....

Pembahasan Soal:

Diketahui:

f equals 50 italic space Hz s equals 40 space cm italic space n equals 10 space ketukan space left parenthesis lihat space gambar right parenthesis

Ditanya: v.

Penyelesaian:

Kelajuan (speed) adalah jarak yang ditempuh per satuan waktu. Periode sistem adalah 

T equals 1 over f equals 1 over 50 equals 0 comma 02 space straight s

Artinya satu ketukan ditempuh dalam waktu 0,02 s. Untuk menempuh 10 ketukan selang waktu yang dibutuhkan:

t equals 10 cross times 0 comma 02 equals 0 comma 2 space straight s

Kelajuan pita :

v equals s over t equals fraction numerator 40 over denominator 0 comma 2 end fraction equals 200 space cm divided by straight s

Jadi kelajuan pita sebesar 200 cm/s.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved