Pertanyaan

Perhatikan hasil tes urin di bawah ini: Urin Amir dites benedict (hasil : Hijau), dites biuret (hasil: Kekuningan). Urin Budi dites benedict (hasil: Biru muda), dites biuret (hasil: Ungu). Urin Adi dites benedict (hasil: Merah bata), dites biuret (hasil: Kekuningan). Budi mengalami gangguan .... karena terjadi kerusakan pada nomor ....

Perhatikan hasil tes urin di bawah ini:

Urin Amir dites benedict (hasil : Hijau), dites biuret (hasil: Kekuningan). Urin Budi dites benedict (hasil: Biru muda), dites biuret (hasil: Ungu). Urin Adi dites benedict (hasil: Merah bata), dites biuret (hasil: Kekuningan).

Budi mengalami gangguan .... karena terjadi kerusakan pada nomor ....space space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah albuminuria, karena terjadi kerusakan pada nomor 1.

 jawaban yang tepat adalah albuminuria, karena terjadi kerusakan pada nomor 1.undefined 

Pembahasan

Pembahasan

Urin Budi diuji dengan benedict dan biuret. Uji benedict digunakan untuk mengetahui keberadaan gugus gula, dari hasil tes urin Budi berwarna biru muda menandakan bahwa tidak ada kandungan glukosa. Uji Biuret digunakan untuk mengetahui keberadaan ikatan peptida pada protein, dari hasil tes urin budi berwarna ungu menandakan bahwa terdapat kandungan protein pada urin Budi. Protein seharusnya tidak lolos pada saat filtrasi di glomerulus, apabila ditemukan protein darah (abumin) maka dapat dikatakan terdapatt kerusakan pada glomerulus. Kondisi dimana urin mengandung protein albumin disebut albuminuria. Dengan demikian,jawaban yang tepat adalah albuminuria, karena terjadi kerusakan pada nomor 1.

Urin Budi diuji dengan benedict dan biuret. Uji benedict digunakan untuk mengetahui keberadaan gugus gula, dari hasil tes urin Budi berwarna biru muda menandakan bahwa tidak ada kandungan glukosa. Uji Biuret digunakan untuk mengetahui keberadaan ikatan peptida pada protein, dari hasil tes urin budi berwarna ungu menandakan bahwa terdapat kandungan protein pada urin Budi. Protein seharusnya tidak lolos pada saat filtrasi di glomerulus, apabila ditemukan protein darah (abumin) maka dapat dikatakan terdapatt kerusakan pada glomerulus. Kondisi dimana urin mengandung protein albumin disebut albuminuria.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah albuminuria, karena terjadi kerusakan pada nomor 1.undefined 

5rb+

5.0 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar nefron berikut! Seorang siswa melakukan praktikum dengan menguji 5 cc urine. Urine diuji dengan tiga reagen, yaitu Biuret, Lugol, dan Benedict. Hasil uji dengan Biuret, urine b...

14rb+

4.1

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia