Roboguru

Perhatikan hasil interpretasi citra berikut. Berbentuk persegi panjang atau menyerupai huruf L. Pola teratur. Rona gelap. Berasosiasi dengan permukiman. Objek yang sesuai dengan hasil interpretasi citra tersebut adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan hasil interpretasi citra berikut.

  1. Berbentuk persegi panjang atau menyerupai huruf L.
  2. Pola teratur.
  3. Rona gelap.
  4. Berasosiasi dengan permukiman.

Objek yang sesuai dengan hasil interpretasi citra tersebut adalah ....  

  1. real estat  

  2. pohon kelapa  

  3. pabrik  

  4. sungai  

  5. perkebunan sawit  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kunci interpretasi yang terdapat pada soal, maka objek yang tepat adalah pabrik. Hal ini dikarenakan pabrik pada umumnya merupakan bangunan besar pada area luas yang berbentuk persegi panjang ataupun menyerupai huruf L, pola teratur karena pabrik berada di kawasan industri ataupun berikat, rona gelap karena atap pabrik biasanya berwarna cerah, dan berasosiasi dengan permukiman karena pabrik banyak menyerap tenaga kerja sehingga akan banyak permukiman dibangun di sekitar pabrik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Karateristik objek pada citra : (1) bentuk dan ukuran rumah sama (2) pola perumahan memanjang mengikuti jalan tanah (3) jarak rumah satu sama lain sama (4) sekitar rumah terdapat perkarangan yang ...

Pembahasan Soal:

Melihat karakteristik obyek yang tergambar pada citra, maka obyek yang dapat dikenali adalah permukiman di daerah transmigrasi.  Permukiman transmigrasi dikenali dengan pola yang teratur, yaitu ukuran rumah dan jaraknya seragam, serta selalu menghadap ke jalan. Kebun karet, kebun kelapa, dan kebun kopi mudah dibedakan dengan hutan atau vegetasi lainnya dengan polanya yang teratur, yaitu dari pola serta jarak tanamnya.

0

Roboguru

Karakteristik obyek pada citra: (1) bentuk dan ukuran rumah sama; (2) pola perumahan memanjang mengikuti jalan tanah; (3) jarak rumah satu sama lain sama; (4) sekitar rumah terdapat pekarangan yan...

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan sebuah obyek, pengamat harus detail dan teliti dalam mengamati karakteristik obyek pada citra. Karakteristik obyek di soal seperti bentuk ukuran rumah yang sama, pola pemukiman memanjang mengikuti jalan, jarak rumah sama satu sama lain, pekarangan rumah sama, dan tampak tanaman bertekstur sedang sampai kasar (kelapa sawit) menunjukkan bahwa obyek yang dimaksud adalah pemukiman di daerah transmigrasi seperti di daerah Sumatra dan Kalimantan.

0

Roboguru

Dalam melakukan interpretasi citra dapat diketahui jika rona dan warna pada setiap objek berbeda-beda SEBAB Faktor proses perekaman, cuaca, dan letak objek yang akan mempengaruhi tingkat kecerahan a...

Pembahasan Soal:

Pernyataan I Benar, citra dapat diketahui jika rona dan warna pada setiap objek berbeda-beda. Perbedaan rona dan warna dipengaruhi oleh cuaca, musim, waktu dan lokasi pengambilan gambar. Rona adalah tingkat kecerahan atau kegelapan gambar, sedangkan warna adalah wujud tampak pada mata mengggunakan spektrum sempit.

Pernyataan II Benar, Faktor proses perekaman, cuaca, dan letak objek yang akan mempengaruhi tingkat kecerahan atau kegelapan suatu objek pada citra dan juga wujud yang tampak oleh mata dengan mengggunakan sprektrum sempit.

Jadi, jawaban yang benar adalah A

0

Roboguru

Ciri-ciri citra indraja: rona cerah; tekstur kasar berbentuk bintang permukaannya. Objek pada citra adalah ....

Pembahasan Soal:

Rona dan warna (tone dan color) adalah tingkat gelap dan cerahnya objek yang tergambar pada foto udara atau citra. Contohnya rona gelap dapat terlihat pada permukaan yang kasar.

Tekstur adalah frekuensi perubahan rona pada citra dinyatakan dengan halus atau kasar. Contohnya permukaan air danau yang tenang bertekstur halus atau hutan bertekstur kasar.

Bentuk (shape) adalah kerangka dari suatu gambar yang mudah dikenali, seperti bentuk memanjang, persegi empat, lingkaran.

Berdasarkan ciri-ciri rona cerah, tekstur kasar, dan berbentuk bintang, objek yang digambarkan atau ditangkap oleh citra tersebut adalah Perkebunan kelapa, karena tumbuhan memiliki sifat rona cerah, dengan tekstur kasar, tumbuhan kelapa jika dilihat dari penginderaan jauh daunnya berbentuk bintang. 

Jadi, jawaban yang benar adalah E

0

Roboguru

Apabila pada foto udara diidentifikasi mempunyai ciri-ciri; menyerupai jalan, tetapi percabangannya runcing, belokan atau tikungan melengkung, maka unsur bentang budaya tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Interpretasi foto udara merupakan proses menganalisis obyek berdasarkan ciri khususnya. Menurut ciri yang disebutkan diatas, obyek dapat dikenali sebagai jalan atau rel Kereta Api. Rel kereta api memiliki bentuk yang lurus dan memanjang seperti bentuk jalan, akan tetapi rel kereta api memiliki percabanganan yang meruncing. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved