Roboguru

Perhatikan grafik hubungan antara aktivasi sel dengan enzim berikut! Kesimpulan apakah yang dapat kamu ambil dari grafik di atas!

Pertanyaan

Perhatikan grafik hubungan antara aktivasi sel dengan enzim berikut!

Kesimpulan apakah yang dapat kamu ambil dari grafik di atas! 

Pembahasan Soal:

Pada grafik di atas, kita bisa melihat bahwa reaksi katalis yang dilakukan tanpa enzim (garis merah) membutuhkan energi aktivasi yang sangat tinggi. Energi aktivasi yang tinggi artinya membutuhkan ATP yang banyak. Namun, ketika reaksi katalis dilakukan menggunakan enzim (garis biru), energi aktivasinya menurun, artinya hanya sedikit ATP yang dibutuhkan.  Kesimpulannya ialah, enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan energi aktivasi lebih rendah, karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, enzim disebut sebagai biokatalisator, yaitu katalis yang mempercepat reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan grafik kerja enzim berikut ini! Menurut grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Enzim merupakan suatu senyawa protein yang memiliki kemampuan mengkatalis, yaitu meningkatkan kecepatan laju reaksi tanpa ikut bereaksi. Tanpa enzim suatu reaksi akan berjalan sangat lambat. Pada grafik di atas terlihat suatu reaksi yang menghasilkan substrat dengan katalis (enzim) dan tanpa katalis (tanpa enzim). Berdasarkan grafik dapat disimpulkan bahwa reaksi dengan katalis membutuhkan waktu yang lebih cepat dan konstan dalam menghasilkan substrat. Sedangkan reaksi tanpa katalis lebih lambat dan tidak konstan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian enzim sebagai biokatalisator sangat mempengaruhi kecepatan suatu reaksi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Di bawah ini tabel dan hasil praktikum tentang enzim katalase. Kesimpulan yang dapat dikemukakan dari hasil percobaan di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Enzim katalase adalah molekul yang terbentuk dari protein yang fungsi utamanya sebagai katalisator. Katalisator adalah proses untuk mempercepat reaksi dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh. Enzim katalase bekerja dengan cara mengurai hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Enzim ini mencegah penumpukkan hidrogen peroksida dalam tubuh serta melindungi organel dan jaringan seluler dari radikal bebas.  Hati yang dicampurkan dengan  larutan hidrogen peroksida menghasilkan gelembung-gelembung udara lebih banyak dibandingkan dengan jantung. Hal ini membuktikan bahwa di dalam potongan hati terdapat enzim katalase yang dapat mengubah hidrogen peroksida menjadi oksigen. Artinya sel-sel hati banyak mengandung enzim katalase karena hati bertanggungjawab utama terhadap proses detoksifikasi (menetralkan racun).space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Perhatikan grafik kerja enzim berikut ini! Menurut grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Enzim memiliki sisi aktif yang berfungsi sebagai katalis. Enzim meningkatkan laju reaksi kimia dengan cara menurunkan energi aktivasi (EA). Energi aktivasi adalah energi minimum yang dibutuhkan agar reaksi kimia tertentu dapat terjadi. Energi aktivasi (EA) yang sangat besar merupakan rintangan terjadinya reaksi sehingga energi aktivasi. tersebut perlu diturunkan. Pada beberapa reaksi metabolisme, diperlukan energi aktivasi yang terlalu besar sehingga diperlukan suhu yang tinggi. Namun, suhu yang tinggi akan merusak, bahkan bisa mematikan sel. Dengan adanya enzim, reaksi dapat berlangsung tanpa merusak atau mematikan sel.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.  

Roboguru

Perhatikan gambar berikut.     Fungsi bagian yang ditunjukkan oleh huruf X adalah .....

Pembahasan Soal:

Salah satu sifat enzim yaitu enzim hanya dapat bekerja secara spesifik. Enzim akan membentuk produk yang spesifik pada substrat yang spesifik. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa enzim sebagai “kunci” yang mempunyai bentuk khusus, sehingga hanya bisa membuka satu “gembok” saja yaitu substrat yang spesifik. Pada enzim terdapat situs aktif yaitu tempat enzim dan substrat berikatan membentuk kompleks enzim-substrat.

Gambar menunjukan bahwa huruf X merupakan bagian dari situs aktif pada enzim.

Jadi, dapat disimpulkan pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Gelembung-gelembung yang naik pada gambar II setelah perlakuan seperti gambar I adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Gambar yang tertera pada contoh soal merupakan gambar percobaan untuk mengetahui mekanisme kerja enzim katalase. Enzim merupakan protein yang bertugas untuk mempercepat suatu reaksi kimia tanpa terlibat dalam reaksi tersebut. Hati yang menjadi sampel pada percobaan tersebut merupakan organ yang berperan untuk menetralisir racun yang terbentuk di dalam tubuh sebagai produk samping dari proses metabolisme. Pada contoh soal ini, hati merombak racun berupa hidrogen peroksida menggunakan enzim katalase yang banyak ditemukan di dalam hati. 

Pada gambar I terlihat bahwa ekstrak atau potongan hati di dalam tabung diberi perlakuan dengan menambahkan hidrogen peroksida. Hal ini menunjukkan bahwa hati merupakan organ yang berperan di dalam perombakan racun di dalam tubuh yang pada percobaan ini di simulasikan menggunakan hidrogen peroksida. Selanjutnya pada gambar II dapat dilihat adanya gelembung yang muncul ke permukaan tabung. Hal ini menunjukkan bahwa enzim katalase yang terkandung di dalam hati berperan sebagai katalisator (enzim) yang merombak hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen yang nampak seperti gelembung pada permukaan tabung reaksi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved