Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan grafik berikut ini! Grafik di atas menjelaskan luas penampang pembuluh darah dengan kecepatan darah ketika berada pada pembuluh darah. Berdasarkan grafik tersebut, kesimpulan yang tepat adalah...

Perhatikan grafik berikut ini!

Grafik di atas menjelaskan luas penampang pembuluh darah dengan kecepatan darah ketika berada pada pembuluh darah. Berdasarkan grafik tersebut, kesimpulan yang tepat adalah...

  1. A adalah kapiler karena luas penampangnya paling kecil

  2. B adalah pembuluh kapiler karena kecepatan aliran darahnya paling rendah

  3. C adalah pembuluh arteri karena luas penampangnya lebih kecil dari vena

  4. B adalah pembuluh vena karena memiliki luas penampang paling besar

  5. kecepatan pergerakan darah berbanding lurus dengan luas penampang pembuluh darah

Iklan

M. Marwnto

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Grafik tersebut menunjukkan hubungan antara penampang pembuluh darah (diameter) dengan kecepatan aliran darah di dalam pembuluh. Dari grafik dapat terlihat bahwa diameter pembuluh berbanding terbalik dengan kecepatan aliran darah. Semakin besar luas penampang pembuluh, maka kecepatan darah akan semakin kecil. Bagian A adalah arteri, hal ini dapat terlihat dari kecepatannya yang tinggi oleh karena adanya tekanan yang tinggi dari jantung ketika memompa darah. Selanjutnya B adalah kapiler yang dicirikan dari kecepatan darah paling rendah. Luas penampang kapiler paling besar dibandingkan dengan arteri dan vena oleh karena kapiler yang bercabang dari arteriola jumlahnya sangat banyak, sehingga apabila kita jumlahkan maka luas penampangnya akan lebih besar daripada arteri dan vena. Penurunan kecepatan aliran darah pada kapiler penting untuk terjadinya pertukaran zat dari darah ke cairan jaringan. Selanjutnya, bagian C adalah vena yang terlihat dari kecepatan aliran darahnya yang tidak setinggi arteri namun lebih tinggi dari kapiler. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Grafik tersebut menunjukkan hubungan antara penampang pembuluh darah (diameter) dengan kecepatan aliran darah di dalam pembuluh. Dari grafik dapat terlihat bahwa diameter pembuluh berbanding terbalik dengan kecepatan aliran darah. Semakin besar luas penampang pembuluh, maka kecepatan darah akan semakin kecil. Bagian A adalah arteri, hal ini dapat terlihat dari kecepatannya yang tinggi oleh karena adanya tekanan yang tinggi dari jantung ketika memompa darah. Selanjutnya B adalah kapiler yang dicirikan dari kecepatan darah paling rendah. Luas penampang kapiler paling besar dibandingkan dengan arteri dan vena oleh karena kapiler yang bercabang dari arteriola jumlahnya sangat banyak, sehingga apabila kita jumlahkan maka luas penampangnya akan lebih besar daripada arteri dan vena. Penurunan kecepatan aliran darah pada kapiler penting untuk terjadinya pertukaran zat dari darah ke cairan jaringan. Selanjutnya, bagian C adalah vena yang terlihat dari kecepatan aliran darahnya yang tidak setinggi arteri namun lebih tinggi dari kapiler.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Darah

Golongan Darah

Jantung

Pembuluh Darah

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

434

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Bagian yang merupakan serambi (atrium) kanan dan bilik (ventrikel) kiri secara berurutan adalah ….

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia