Roboguru

Perhatikan gambar tumbuhan berikut!  Bagaimana...

Perhatikan gambar tumbuhan berikut! 


Bagaimana cara perkembangbiakan vegetatif alami dan vegetatif buatan pada kedua jenis tumbuhan tersebut? Coba jelaskan! space 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Jawaban:

Perkembangbiakan vegetatif blami pada tumbuhan diantaranya yaitu Rhizoma (Rimpang), Stolon (Geragih), Umbi Lapis, Umbi Batang, Tunas dan Tunas Adventif. Sementara perkembangbiakan vegetatif buatan terdiri atas setek, runduk, cangkok, sambung dan tempel.

Gambar A merupakan tumbuhan Stroberi. Bentuk perkembangbiakan vegetatif pada stroberi yaitu :

  • Vegetatif alami dengan cara Stolon (Geragih), yaitu bagian batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Pada bagian ruas-ruasnya muncul akar dan akan tumbuh menjadi individu baru.
  • Vegetatif buatan dengan cara runduk, yaitu dengan membengkokkan atau membenamkan bagian batang atau cabang suatu tumbuhan ke dalam tanah. Akar akan terbentuk pada bagian batang yang ditimbun tanah. Setelah tumbuh akar, bagian tersebut dapat dipotong dan dipindahkan sehingga tumbuh menjadi individu baru.

Gambar B merupakan tumbuhan Bambu. Bentuk perkembangbiakan vegetatif pada bambu yaitu :

  • Vegetatif alami dengan cara tunas. Tunas merupakan bagian tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Tunas biasanya terbentuk melalui pembelahan sel pada bagian jaringan meristematis misalnya di ujung batang, ketiak daun, dan ruas-ruas batang.
  • Vegetatif buatan dengan cara setek. Setek adalah teknik perkembangbiakan tanaman dengan cara memotong bagian tanaman untuk ditanam sehingga akan tumbuh menjadi individu baru. Bagian tanaman bambu yang dapat digunakan untuk setek yaitu batang.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved