Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar tokoh revolusi berikut! Peranan tokoh pada gambar dalam Revolusi Indonesia adalah ...

Perhatikan gambar tokoh revolusi berikut!

Peranan tokoh pada gambar dalam Revolusi Indonesia adalah ...

  1. mengubah nama lembaga Tentara Keamanan Rakyat

  2. membentuk pemerintahan Republik Indonesia Serikat

  3. mengusahakan negosiasi dengan pemerintah BeIanda

  4. memindahkan ibu kota Republik Indonesia ke Yogyakarta

  5. mencari bantuan pengakuan kedaulatan ke berbagai negara

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat untuk soal di atas yaitu C. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut: Gambar di atas merupakan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia yang pertama. Perjuangan diplomasi pascakemerdekaan Indonesia mulai dilakukan oleh pemerintahan yang dipimpinnya yaitu Kabinet Sjahrir I. Pada 10 Februari 1946, pemerintah Republik Indonesia mengadakan perundingan dengan Belanda. Perundingan ini belum dapat menghasilkan keputusan yang menguntungkan pihak Indonesia. Akibatnya, Sutan Sjahrir menyerahkan kembali mandatnya kepada presiden. Akan tetapi, presiden kembali menunjuk Sutan Sjahrir sebagai perdana menteri dalam Kabinet Sjahrir II pada 12 Maret 1946. Pada 4 Januari 1946, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta beserta beberapa pemimpin Republik Indonesia lainnya pindah ke Yogyakarta. Sejak saat itu, ibu kota Republik Indonesia berpindah ke Yogyakarta. Pemindahan ibu kota tersebut dilakukan atas desakan Hatta, Tan Malaka, dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX untuk mengamankan pemerintahan Republik Indonesia. Sementara itu, Sutan Sjahrir di Jakarta mengusahakan negosiasi dengan pihak Belanda. Beberapa usaha diplomasi yang ditempuh pemerintah Indonesia pada masa ini antara lain perundingan Hooge-Valuwe, perundingan Linggajati, perundingan Renville, perundingan Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Jawaban yang tepat untuk soal di atas yaitu C.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut:

Gambar di atas merupakan Sutan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia yang pertama. Perjuangan diplomasi pascakemerdekaan Indonesia mulai dilakukan oleh pemerintahan yang dipimpinnya yaitu Kabinet Sjahrir I. Pada 10 Februari 1946, pemerintah Republik Indonesia mengadakan perundingan dengan Belanda. Perundingan ini belum dapat menghasilkan keputusan yang menguntungkan pihak Indonesia. Akibatnya, Sutan Sjahrir menyerahkan kembali mandatnya kepada presiden. Akan tetapi, presiden kembali menunjuk Sutan Sjahrir sebagai perdana menteri dalam Kabinet Sjahrir II pada 12 Maret 1946.

Pada 4 Januari 1946, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta beserta beberapa pemimpin Republik Indonesia lainnya pindah ke Yogyakarta. Sejak saat itu, ibu kota Republik Indonesia berpindah ke Yogyakarta. Pemindahan ibu kota tersebut dilakukan atas desakan Hatta, Tan Malaka, dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX untuk mengamankan pemerintahan Republik Indonesia. Sementara itu, Sutan Sjahrir di Jakarta mengusahakan negosiasi dengan pihak Belanda. Beberapa usaha diplomasi yang ditempuh pemerintah Indonesia pada masa ini antara lain perundingan Hooge-Valuwe, perundingan Linggajati, perundingan Renville, perundingan Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Setelah kemerdekaan Indonesia berhasil diproklamasikan, persatuan bangsa Indonesia masih diuji dengan kedatangan tentara Sekutu. Reaksi rakyat Indonesia dalam menghadapi kedatangan pasukan Sekutu adal...

293

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia