Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar sistem pernapasan manusia berikut! Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian organ pernapasan utama pada manusia sesuai yang ada pada gambar....

Perhatikan gambar sistem pernapasan manusia berikut!

Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian organ pernapasan utama pada manusia sesuai yang ada pada gambar.... 

Iklan

F. Freelancer2

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

organ sistem pernapasan utama pada manusia adalah roangga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.

organ sistem pernapasan utama pada manusia adalah roangga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sistem pernapasan manusia tersusun atas beberapa organ yang saling bekerjasama yaitu: Rongga hidung Rongga hidung berupa saluran yang terdiri dari 2 lubang yang berfungsi sebagai jalur keluar dan masuknya udara ke dalam tubuh. Dalam rongga hidung juga terdapat rambut hidung dan lapisan lendir yang berfungsi untuk membersihkan udara dari partikel kotoran dan mengatur suhu udara agar sesuai dengan suhu di dalam tubuh. Faring Faring merupakan saluran pendek yang merupakan percabangan setelah rongga hidung berupa pertemuan antara rongga hidung dan rongga mulut. Laring Laring merupakan saluran pendek setelah faring yang merupakan percabangan antara saluran pernapasan utama (trakea) dan saluran pencernaan utama (esofagus). Pada pangkal laring yang sudah memasuki bagian saluran pernapasan, terdapat suatu tonjolan berupa pita suara yang berfungsi untuk menghasilkan suara memanfaatkan pergerakan udara yang keluar masuk. Selain itu, pada pangkal laring juga terdapat suatu katup yaitu epiglotis yang dapat membuka dan menutup salah satu saluran (saluran pernapasan atau saluran pencernaan) saat bekerja. Trakea Trakea (tenggorokan) merupakan saluran pernapasan utama yang tersusun atas rangkaian cincin tulang rawan dan berfungsi sebagai saluran udara dari hidung menuju ke paru-paru. Bronkus Bronkus adalah saluran percabangan dari trakea yang menghubungkan kedua paru-paru. Fungsi bronkus adalah sebagai saluran udara setelah melalui trakea menuju ke dalam paru-paru. Bronkiolus (di dalam paru-paru) Bronkiolus merupakan rangkaian saluran-saluran kecil yang merupakan percabangan dari bronkus di dalam paru-paru. Alveolus (di dalam paru-paru) Alveolus merupakan kantung-kantung udara di ujung bronkiolus berbentuk seperti kumpulan buah anggur yang tersusun atas epitel pipih selapis dan dikelilingi oleh pembuluh kapiler. Alveolus berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida antara paru-paru dan pembuluh kapiler darah. Dengan demikian, organ sistem pernapasan utama pada manusia adalah roangga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.

Sistem pernapasan manusia tersusun atas beberapa organ yang saling bekerjasama yaitu:

  1. Rongga hidung
    Rongga hidung berupa saluran yang terdiri dari 2 lubang yang berfungsi sebagai jalur keluar dan masuknya udara ke dalam tubuh. Dalam rongga hidung juga terdapat rambut hidung dan lapisan lendir yang berfungsi untuk membersihkan udara dari partikel kotoran dan mengatur suhu udara agar sesuai dengan suhu di dalam tubuh.
  2. Faring
    Faring merupakan saluran pendek yang merupakan percabangan setelah rongga hidung berupa pertemuan antara rongga hidung dan rongga mulut.
  3. Laring
    Laring merupakan saluran pendek setelah faring yang merupakan percabangan antara saluran pernapasan utama (trakea) dan saluran pencernaan utama (esofagus). Pada pangkal laring yang sudah memasuki bagian saluran pernapasan, terdapat suatu tonjolan berupa pita suara yang berfungsi untuk menghasilkan suara memanfaatkan pergerakan udara yang keluar masuk. Selain itu, pada pangkal laring juga terdapat suatu katup yaitu epiglotis yang dapat membuka dan menutup salah satu saluran (saluran pernapasan atau saluran pencernaan) saat bekerja.
  4. Trakea
    Trakea (tenggorokan) merupakan saluran pernapasan utama yang tersusun atas rangkaian cincin tulang rawan dan berfungsi sebagai saluran udara dari hidung menuju ke paru-paru.
  5. Bronkus
    Bronkus adalah saluran percabangan dari trakea yang menghubungkan kedua paru-paru. Fungsi bronkus adalah sebagai saluran udara setelah melalui trakea menuju ke dalam paru-paru.
  6. Bronkiolus (di dalam paru-paru)
    Bronkiolus merupakan rangkaian saluran-saluran kecil yang merupakan percabangan dari bronkus di dalam paru-paru.
  7. Alveolus (di dalam paru-paru)
    Alveolus merupakan kantung-kantung udara di ujung bronkiolus berbentuk seperti kumpulan buah anggur yang tersusun atas epitel pipih selapis dan dikelilingi oleh pembuluh kapiler. Alveolus berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida antara paru-paru dan pembuluh kapiler darah.

Dengan demikian, organ sistem pernapasan utama pada manusia adalah roangga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.undefined 

Latihan Bab

Organ Pernapasan Manusia

Mekanisme Pernapasan Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan Hewan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambarkan organ pernafasan manusia di sertai keterangan!

246

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia