Roboguru

Perhatikan gambar pita ticker timer berikut.   Jenis gerak yang menghasilkan pola tersebut adalah....

Pertanyaan

Perhatikan gambar pita ticker timer berikut.

 

Jenis gerak yang menghasilkan pola tersebut adalah.... 

  1. GLB 

  2. GLBB diperlambat 

  3. GLBB dipercepat 

  4. GLBB diperlambat lalu dipercepat 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diketahui :

Gambar pita ticker timer.

Ditanyakan : Jenis gerak yang dihasilkan pola?

Jawab :

Ticker timer merupakan salah satu alat praktikum yang sering digunakan dalam percobaan materi GLB atau GLBB. Ticker timer (pengetik waktu) adalah alat yang digunakan untuk mencatat atau mendeteksi kecepatan suatu troli.

Pita ticker timer yang dihasilkan pada soal, terlihat sebagai berikut :

Karena benda bergerak ke arah kanan, maka membaca pita dari kanan ke kiri. Dari kanan menuju kiri titik-titik pada pita ticker timer semakin rapat yang artinya kecepatan benda semakin menurun. Hal ini menandakan bergerak dengan pola GLBB diperlambat.

Dengan demikian, jenis gerak yang menghasilkan pola tersebut adalah GLBB diperlambat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut adalah hasil ketikan ticker timer dari suatu percobaan gerak. Gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor

Pembahasan Soal:

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Jika benda yang melakukan GLB dihubungkan ke sebuah ticker timer, jarak antara dua titik yang berdekatan kira-kira sama seperti yang ditunjukkan oleh nomor (1).

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Jika benda yang melakukan GLBB dipercepat dihubungkan ke sebuah ticker timer, jarak antara dua ttik akan membesar secara teratur seperti yang ditunjukkan oleh nomor (2).

Dengan demikian, gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dipercepat berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor (1) dan (2).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

1

Roboguru

Tuliskan perbedaan antara GLB dan GLBB!

Pembahasan Soal:

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak benda dengan lintasan lurus dan kecepatan tetap sehingga percepatannya nol. Faktor yang mempengaruhi GLB adalah hanya kecepatan dan waktu.

Rumus GLB yaitu x equals v times t dengan x merupakan perpindahan, v merupakan kecepatan, dan t merupakan waktu. Grafiknya:

      space 

Sedangkan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak benda dengan lintasan lurus dan kecepatan yang berubah-ubah secara teratur sehingga percepatannya tetap. GLBB ada 2 jenis yaitu GLBB dipercepat (jika kecepatannya bertambah secara teratur) dan GLBB diperlambat (jika kecepatannya berkurang secara teratur). Faktor yang mempengaruhi GLBB yaitu kecepatan awal, kecepatan akhir, waktu, dan percepatan. Rumusnya:

s equals v subscript 0 times t plus 1 half times a times t squared v subscript t equals v subscript 0 plus a times t v subscript t squared equals v subscript 0 squared plus 2 times a times s 

Grafiknya:

    space 

space 

Dengan demikian, perbedaan antara GLB dan GLBB terdapat pada percepatannya dan kecepatannya. Apabila GLB gerak lurus dengan kecepatan tetap sehingga percepatannya nol, sedangkan GLBB adalah gerak lurus dengan kecepatan yang bertambah setiap waktunya dengan percepatan tetap.

3

Roboguru

Gerak lurus berubah beraturan dipercepat terjadi pada....

Pembahasan Soal:

Diketahui :

Terdapat beberapa pernyataan :

  1. Kereta api yang meluncur pada rel
  2. Kapal yang meluncur di laut
  3. Kendaraan yang menyusuI kendaraan lainnya
  4. Buah kelapa yang jatuh dari pohon 

Ditanyakan :

Contoh gerak lurus berubah beraturan dipercepat?

Jawab :

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Artinya, setiap selang waktu yang sama, benda mengalami perubahan kecepatan yang sama.

Terdapat dua jenis GLBB, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambatGLBB dipercepat adalah gerak yang lintasannya lurus dengan besar perubahan kecepatannya yang makin bertambah secara konstan tiap detiknya. GLBB diperlambat adalah gerak yang lintasannya lurus dengan besar perubahan kecepatannya yang makin berkurang secara konstan tiap detiknya.

Salah satu contoh GLBB adalah gerak vertikal ke bawah. Buah kelapa yang jatuh dari pohon, mempunyai perubahan kecepatan yang makin bertambah karena pengaruh gaya gravitasi.

Dengan demikian, gerak lurus berubah beraturan dipercepat terjadi pada buah kelapa yang jatuh dari pohon.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Mengapa benda yang jatuh termasuk gerak lurus berubah beraturan?

Pembahasan Soal:

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda dalam lintasan lurus dengan percepatan tetap. Artinya, setiap selang waktu yang sama, benda mengalami perubahan kecepatan yang sama.

Sebuah benda jatuh, dapat digambarkan sebagai berikut :

Sebuah benda jatuh mengalami percepatan gravitasi yang arahnya ke bawah. Benda mengalami percepatan, artinya setiap selang waktu yang sama benda mengalami perubahan kecepatan yang sama. Karena arah jatuhnya benda ke bawah dan arah percepatan gravitasi juga ke bawah, maka benda yang jatuh semakin lama kecepatannya semakin cepat.

Dengan demikian, benda yang jatuh termasuk gerak lurus berubah beraturan.

0

Roboguru

Perhatikan gerak mobil mainan pada bidang miring dan bidang datar kasar seperti pada gambar berikut!  Dengan mengamati gerakan mobil tersebut, jenis gerakan mobil pada gambar adalah ....

Pembahasan Soal:

Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Gerak Lurus Beraturan adalah gerak lurus suatu objek dimana gerak suatu benda yang kecepatannya sama dalam setiap detik dalam satu lintasan lurus. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat adalah gerak lurus suatu objek dimana gerak suatu benda kecepatannya bertambah dalam setiap detik dalam suatu lintasan. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat adalah gerak lurus suatu objek dimana gerak suatu benda yang kecepatannya berkurang dalam setiap detik dalam suatu lintasan lurus.

Pada soal terlihat gambar I, mobil bergerak pada bidang miring maka otomatis kecepatannya bertambah (GLBB dipercepat), dan gambar II, mobil bergerak pada bidang datar kasar dan kecepatannya berubah menjadi berkurang dari 1,5 m/s menjadi nol (GLBB diperlambat).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved