Roboguru

Perhatikan gambar otot lengan dan sarkomer pada mekanisme gerak otot berikut. Jika keadaan otot bisep seperti pada gambar lengan diatas, maka yang terjadi pada aktomiosin, pita A dan zona H adalah . . . .

Pertanyaan

Perhatikan gambar otot lengan dan sarkomer pada mekanisme gerak otot berikut.

Jika keadaan otot bisep seperti pada gambar lengan diatas, maka yang terjadi pada aktomiosin, pita A dan zona H adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Keadaan otot bisep yang ada pada gambar menunjukkan keadaan otot yang berkontraksi. Saat otot berkontraksi terjadi proses pengerutan aktomiosin sehingga otot akan terlihat memendek. Aktomiosin mengerut saat terjadi kontraksi karena adanya rangsangan yang di terima oleh asetilkolin. Ketika otot berkontraksi, aktin dan miosin bertautan dan saling menggelincir satu sama lain. Akibatnya zona H dan pita I memendek, sehingga sarkomer pun juga memendek.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Martha

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Manado

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Selama berlangsung kontraksi otot, maka akan terjadi ....

Pembahasan Soal:

Energi kontraksi otot berupa ATP (adenosin trifosfat) dan kreatin fosfat. Penguraian ATP dan kreatin fosfat pada saat otot berkontraksi tidak memerlukan oksigen bebas sehingga disebut fase anaerob. Apabila kedua senyawa tersebut terurai akan dibebaskan sejumlah energi yang digunakan untuk kontraksi otot. Energi yang digunakan untuk membentuk ATP dan kreatin fosfat diperoleh secara normal dari pemecahan glukosa darah. Proses ini terjadi pada saat otot berelaksasi dan memerlukan oksigen bebas. Oleh sebab itu, fase relaksasi otot disebut fase aerob. Selama kontraksi otot maka akan terjadi pengurangan karbohidrat karena sumber energi untuk kontraksi otot diperoleh dari pemecahan glikogen menjadi glukosa.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Peranan kalsium dalam kontraksi otot adalah.....

Pembahasan Soal:

Ion kalsium berperan ketika berikatan dengan troponin yang mengakibatkan berubahan struktur troponin tersebut. Perubahan struktur  tersebut akan menyebabkan terbukanya daerah aktif tropomiosin yang semula tertutup oleh troponin. Hal tersebut membuat kepala miosin akan berikatan dengan filamen aktin dan membentuk aktomiosin. Proses kontraksi otot dapat berlangsung selama adanya ion kalsium dan ATP.space space 

Jadi, jawaban yang benar adalah Bspace space 

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kontraksi otot merupakan interaksi antara aktin dan miosin.  SEBAB ATP merupakan sumber energi utama untu...

Pembahasan Soal:

Kontraksi otot dipicu oleh sinyal otak. Energi dari makanan yang dikonsumsi merupakan penyebab timbulnya kontraksi otot. Kontraksi otot adalah salah satu mekanisme kerja otot. Sistem saraf memberikan potensial aksi sebagai sinyal ke dalam sel-sel otot. Asetilkolin merespon sinyal dengan menimbulkan reaksi kimia. Reaksi ini menghasilkan kalsium dalam otot dan mengaktifkan kerja dari senyawa aktin dan miosin. Kinerja ini yang kemudian menimbulkan pemendekan atau penegangan pada otot. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Dalam percobaan kontraksi otot, bagian otot yang dirangsang dengan interval waktu yang lama daya kontraksinya lebih kuat daripada yang dirangsang dengan interval waktu singkat. Faktor apa yang menyeba...

Pembahasan Soal:

Otot merupakan alat gerak aktif pada manusia dan memiliki unit kontraktil yaitu aktin dan miosin yang dapat berkontraksi. Kontraksi otot yang kuat adalah kemampuan otot untuk mampu berkontraksi dengan kuat dan cepat. Kontraksi otot dipengaruhi oleh:

  1. Hukum All or none law
    • Otot akan berkontraksi apabila rangsang lebih besar dari nilai ambang rangsang.
    • Otot tidak berkontraksi apabila rangsang lebih kecil dari nilai ambang rangsang.
  2. Interval otot dirangsang
    • Semakin lama interval waktu otot dirangsang maka otot akan memiliki daya kontraksi yang lebih kuat dibandingkan dengan waktu interval yang singkat.

Semakin lama interval otot dirangsang, otot akan mendapat rangsangan dengan intensitas yang lebih besar sehingga berkontraksi. Adanya peningkatan rangsangan menyebabkan adanya stimulasi pertumbuhan massa dan ketebalan unit kontraktil (aktin dan miosin) otot yang mengakibatkan daya kontraksi otot menjadi lebih kuat.

Sehingga dapat disimpulkan, peningkatan intensitas rangsangan berbanding lurus dengan interval waktu otot dirangsang.

Roboguru

Pada saat melakukan banyak aktivitas, sel-sel otot memerlukan asupan oksigen dalam jumlah besar. Di dalam sel otot, oksigen tersebut akan diikat oleh . . . .

Pembahasan Soal:

Mioglobin merupakan protein pengikat oksigen yang relatif sederhana, ditemukan dalam konsentrasi yang besar pada tulang dan otot jantung, membuat jaringan ini berwarna merah yang berfungsi sebagai penyimpan oksigen dan sebagai pembawa oksigen yang meningkatkan laju transpor oksigen dalam sel otot. 

Dengan demikian jawaban yang tepat dari soal diatas adalah D. Mioglobin

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved