Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar kromosom berikut! Berdasarkan gambar di atas, jenis kerusakan kromosom yang terjadi adalah ....

Perhatikan gambar kromosom berikut!

Berdasarkan gambar di atas, jenis kerusakan kromosom yang terjadi adalah .... 

  1. .... 

  2. .... 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jenis kerusakan kromosom yang terjadi pada gambar di atas termasuk inversi parasentrik, karenaperistiwa inversi tidak melibatkan perubahan posisi sentromer.

jenis kerusakan kromosom yang terjadi pada gambar di atas termasuk inversi parasentrik, karena peristiwa inversi tidak melibatkan perubahan posisi sentromer. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kerusakan jenis kromosom dapat terjadi karena adanya perubahan struktur kromosom dan jumlah kromosom. Berdasarkan gambar yang disajikan pada soal, terdapatperubahan struktur kromosom (inversi) pada nomor 1, 2, dan 3.Inversi kromosom adalah perubahan urutan letak gen padasuatu kromosom karena terjadi pembalikan segmen kromosom.Pembalikan segmen kromosom terjadi karena kromosom patahdi dua tempat yang diikuti penyisipan kembali gen-gen denganurutan terbalik. Inversi dapat dibedakan menjadi dua macam,yaitu inversi perisentrik dan inversi parasentrik. lnversi perisentrik terjadi jika segmen yang terbalik mencakup sentromer. Sementaraitu, inversi parasentrik terjadi jika segmen yang terbalik tidakmencakup sentromer. Oleh karena itu, jenis kerusakan kromosom yang terjadi pada gambar di atas termasuk inversi parasentrik, karenaperistiwa inversi tidak melibatkan perubahan posisi sentromer.

Kerusakan jenis kromosom dapat terjadi karena adanya perubahan struktur kromosom dan jumlah kromosom. Berdasarkan gambar yang disajikan pada soal, terdapat perubahan struktur kromosom (inversi) pada nomor 1, 2, dan 3. Inversi kromosom adalah perubahan urutan letak gen pada suatu kromosom karena terjadi pembalikan segmen kromosom. Pembalikan segmen kromosom terjadi karena kromosom patah di dua tempat yang diikuti penyisipan kembali gen-gen dengan urutan terbalik. Inversi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu inversi perisentrik dan inversi parasentrik. lnversi perisentrik terjadi jika segmen yang terbalik mencakup sentromer. Sementara itu, inversi parasentrik terjadi jika segmen yang terbalik tidak mencakup sentromer. Oleh karena itu, jenis kerusakan kromosom yang terjadi pada gambar di atas termasuk inversi parasentrik, karena peristiwa inversi tidak melibatkan perubahan posisi sentromer. 

10rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika o adalah sentromer, skema berikutmenunjukkan peristiwa....

847

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia