Roboguru

Perhatikan gambar kapal perang berikut!  Keterkaitan gambar tersebut dengan Perang Dunia I adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar kapal perang berikut! 

Keterkaitan gambar tersebut dengan Perang Dunia I adalah .... 

  1. ketidakstabilan politik di beberapa negara Eropa undefined

  2. persaingan pengembangan dunia persenjataan undefined

  3. kekacauan politik di negara-negara Eropa undefined

  4. persaingan perebutan daerah kekuasaan undefined

  5. persaingan ekonomi antarnegara Eropa undefined

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I yang berlangsung pada tahun 1914-1918 disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari faktor umum hingga faktor khusus. Faktor umum penyebab terjadinya Perang Dunia I yakni persaingan ekonomi untuk menjadi negara industri, persaingan persenjataan dengan membangun pelabuhan serta membuat alutsista, hingga politik aliansi antar negara Eropa. Sedangkan faktor khusus penyebab terjadinya Perang Dunia I yakni terbunuhnya Pangeran Frans Ferdinand dari Austria-Hungaria. Dalam perkembangannya, Perang Dunia I melibatkan 2 blok, yakni Blok Sentral dan Blok Sekutu.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Rivalitas Jerman vs Inggris dalam praktiknya berupa…

Pembahasan Soal:

Dalam catatan sejarah, penguasaan Inggris atas berbagai daerah koloni mereka ternyata didukung oleh kekuatan militer. Karena itulah Jerman yang ingin memperluas wilayahnya, kemudian mulai mengembangkan teknologi persenjataan untuk menyaingi kekuatan militer Inggris. Sebagai dampaknya, pada akhir abad ke-19, Kaisar Wilhelm II memerintahkan pembangunan Kaiserliche Marine atau Angkatan Laut Kekaisaran Jerman. Selanjutnya, Kaisar Wilhelm II memerintahkan Laksamana Alfred von Tirpitz untuk menjadikan angkatan laut Jerman sebanding dengan angkatan laut Inggris.

0

Roboguru

Mengapa bisa terjadi Perang Dunia ke 1?

Pembahasan Soal:

Tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah umat manusia, adalah Peristiwa Perang Dunia 1 yang berlangsung dari tahun 1914-1918. Peristiwa yang memakan korban hingga jutaan nyawa manusia menghilang dan jutaan lainnya mengalami luka ringan dan berat tersebut, dipicu oleh beberapa sebab. Adapun beberapa sebab umum terjadinya Perang Dunia 1: (1) munculnya politik aliansi, dalam arti persekutuan antara satu negara dengan negara lain untuk sama-sama memberikan perlindungan, misalnya Blok Sekutu yang terdiri dari Prancis, Inggris, Australia, Amerika Serikat, Rumania, Belgia, Italia, dan Blok Sentral terdiri dari Jerman, Turki Ottoman dan Austria-Hongaria, (2) perlombaan senjata, dan (3) adanya pergerakan kebangsaan rakyat di Balkan. Adapun pemicu khusus Perang Dunia 1: (1) Franz Ferdinand, yang merupakan putera mahkota kekaisaran Austria-Hungaria, oleh Gavrilo Princip, seseorang yang berusaha menyatukan Bosnia dari Austria-Hungaria, dengan Kerajaan Serbia, (2) ultimatum perang dari Austria-Hungaria terhadap Serbia, dan (3) pernyataan perang dari Jerman terhadap Rusia dan Prancis.

Dengan begitu, Perang Dunia 1 bisa terjadi karena sebelumnya telah ada serangkaian peristiwa yang memicu hingga kemudian Perang Dunia 1 pecah.

0

Roboguru

Inggris dan Jerman sangat ketat dalam bersaing seperti di bawah ini, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-19, persaingan antara negara-negara imperialis besar di Eropa yang dipicu perkembangan industri, menciptakan banyak konflik politik di antara negara-negara tersebut. Persaingan yang terjadi antara Jerman dan Inggris meliputi berbagai bidang yakni ekonomi-industri, militer, pendidikan serta daerah jajahan. Persaingan berbagai bidang antara Jerman dan Inggris akhirnya meluas ke negara-negara Eropa lainnya, tertama persaingan dibidang militer.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Bagaimana respon Inggris terhadap agresivitas persenjataan Jerman?

Pembahasan Soal:

Semenjak resmi menjadi negara kekaisaran tahun 1871, Jerman menunjukkan agresivitas yang sangat dahsyat di bidang persenjataan. Fakta bahwa Kaisar Wilhelm II pernah memerintahkan pembangunan Kaiserliche Marine atau Angkatan Laut Kekaisaran Jerman  adalah bukti betapa Jerman berambisi tumbuh menjadi negara yang agresif. Hal ini tak pelak direspon Inggris dengan serius. Pada tahun 1906, Inggris meluncurkan kapal perang modern yang diberi nama HMS Dreadnought. Kapal tersebut memiliki teknologi persenjataan yang canggih dan kemampuan bergerak yang lebih cepat karena memiliki turbin uap.  

 

0

Roboguru

Jelaskan dampak perang dunia terhadap integrasi nasional bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal:

Mulainya perang dunia ke dua di indonesia ditandai dengan kalahnya tentara belanda oleh jepang, hal ini berarti indonesia mulai dijajah oleh jepang. Berakhirnya perang dunia II membawa dampak jatuhnya imperalisme, yang hal ini membangkitkan rasa nasionalisme di wilayah asia dan afrika, sehinga berfikir keras untuk melepaskan diri dari penjajahan. Ketika jepang menyerah terhadap sekutu pada tanggal 14 gustus 1945, terjadilah kekosongan kekuasaan di Indonesia yang kemudian dimanfaatkan indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved