Roboguru

Perhatikan gambar ini! Gambar diatas adalah

Pertanyaan

Perhatikan gambar ini!

Gambar diatas adalahundefined 

  1. sporofit tumbuhan paku undefined

  2. sporofit tanaman lumut undefined

  3. gametofit tanaman paku undefined

  4. sporogonium tanaman pakuundefined 

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal menunjukkan struktur protalium. Protalium merupakan organisme fase gametofit berbentuk talus berukuran kira-kira 1-2 cm dan hanya berumur beberapa minggu. Sebagai organisme fase gametofit, protalium membentuk anteridium (alat kelamin jantan dan menghasilkan sperma) dan arkegonium (alat kelamin betina dan menghasilkan ovum). Hasil fertilisasi ovum oleh sperma akan menghasilkan zigot. Zigot berkembang menjadi tumbuhan paku. Selanjutnya tumbuhan paku akan memasuki fase sporofit, fase sporofit yaitu fase ketika tumbuhan paku tersebut menghasilkan spora. Spora tersebut lalu tumbuh menjadi protalium.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada metagenesis tumbuhan paku, spora yang jatuh akan tumbuh menjadi... .

Pembahasan Soal:

Pada metagenesis paku, spora yang jatuh pada tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi protalium. Selanjutnya, protalium akan membentuk kelamin jantan dan betina berupa anteridium dan arkegonium. Anteridium akan menghasilkan sel kelamin jantan yaitu spermatozoid, sedangkan arkegonium akan membentuk sel kelamin betina yaitu ovum. Kemudian akan terjadi fertilisasi sehingga dihasilkan zigot. Zigot yang dihasilkan selanjutnya akan tumbuh menjadi tumbuhan paku. 

Skema metagenesis pada tumbuhan paku homospora.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space

Roboguru

Pilihan ganda bervariasi Petunjuk: A. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar. B. Jika jawaban (1) dan (3) benar. C. Jika jawaban (2) dan (4) benar. D. Jika hanya jawaban (4) yang benar. E. Jika se...

Pembahasan Soal:

Perhatikan skema tahap metagenesis pteridophyta di bawah ini.

Jadi, tahap metagenesis Pteridophyta yang memiliki kromosom diploid (2n) adalah zigot, tumbuhan paku, sporofil, sporangium, dan sel induk spora. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C. 2 dan 4.

Roboguru

Tumbuhan di bawah ini yang mengalami metagenesis, adalah ....

Pembahasan Soal:

Tumbuhan paku (Pteridophyta) merupakan kelompok tumbuhan yang tidak berbiji, sudah memiliki jaringan pembuluh, dan sudah mempunyai batang, daun, serta akar sederhana. Tumbuhan paku mengalami pergiliran keturunan (metagenesis) seperti lumut. Metagenesis adalah pergiliran keturunan yang melibatkan dua fase sekaligus, yaitu fase sporofit dan fase gametofit. Fase sporofit adalah ketika tumbuhan paku menghasilkan spora, sedangkan fase gametofit adalah pada saat tumbuhan paku menghasilkan gamet (sel kelamin).space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Protalium pada tumbuhan paku (Pteridophyta) memiliki dua alat kelamin yaitu...

Pembahasan Soal:

Tumbuhan paku mengalami metagenesis atau pergiliran keturan dari fase gametofit dan sporofit. Pada fase gametofit, protalium pada tumbuhan paku (Pteridophyta) menghasilkan dua macam alat kelamin, yaitu arkegonium (betina) dan anteridium (jantan).
Jadi, opsi jawaban yang benar adalah A. Arkegonium (alat kelamin betina) dan Anteridium (alat kelamin jantan).space space

Roboguru

Perhatikan beberapa aspek di bawah ini! Pertumbuhan spora Waktu metagenesis Asal alat kelamin Fungsi metagenesis Sifat kromosom tubuh Jumlah anakan Berdasarkan daftar aspek di atas, aspek pe...

Pembahasan Soal:

Lumut dan tumbuhan paku merupakan contoh tumbuhan yang mengalami metagenesis dalam siklus hidupnya. Akan tetapi, terdapat perbedaan beberapa aspek dalam metagenesis di antara keduanya. Selain dapat dilihat dari fase dominan, terdapat beberapa aspek pembeda lain yang membedakan antara metagenesis pada lumut dan paku seperti pertumbuhan spora, asal alat kelamin, dan sifat kromosom tumbuhan. Berikut ini merupakan tabel perbedaan metagenesis lumut dan tumbuhan paku.

Sehingga perbedaan yang terdapat pada metagenesis tumbuhan paku dan lumut pada daftar aspek di soal ditunjukan oleh nomor 1, 3, dan 5.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved