Roboguru

Perhatikan gambar ini! Gambar di atas merupakan salah satu jenis rempah-rempah, yaitu ...

Pertanyaan

Perhatikan gambar ini!

Gambar di atas merupakan salah satu jenis rempah-rempah, yaitu ...

  1. Pala

  2. Kemiri

  3. Cengkeh

  4. Merica

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Rempah-rempah menjadi awal mula datangnya bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara. Kedatangan mereka berambisi untuk berburu dan menguasai rempah-rempah dengan menjajah Nusantara. Bahkan menjadi komoditas dengan nilai jual tinggi atau mahal pada waktu itu. Rempah-rempah juga memiliki manfaat untuk pengobatan dan kesehatan. Gambar tersebut adalah salah satu rempah-rempah yang ada di wilayah Nusantara. yaitu kemiri. Buah kemiri berwarna hijau sampai kecoklatan, berbentuk oval sampai bulat dengan panjang 5–6 cm dan lebar 5–7 cm. Satu buah kemiri umumnya berisi 2–3 biji, warni biji kemiri adalah putih.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada abad ke 13, rempah-rempah sudah sampai di Laut Tengah. Pembawa rempah-rempah ke Laut Tengah adalah para pedagang dari?

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-13, dengan kemajuan teknologi pelayaran, rempah-rempah dapat sampai di Laut Tengah atau Laut Mediterania. Para pedagang yang membawa rempah-rempah ini berasal dari negara-negara Islam seperti Gujarat. Hadirnya para pedagang Islam di Laut Tengah membuat banyak para pedagang Eropa yang mencari jalan lain di luar kawasan tersebut untuk sampai ke Kepulauan Nusantara sebagai penghasil rempah-rempah.

Jadi, pembawa rempah-rempah ke Laut Tengah adalah para pedagang dari Gujarat. space

0

Roboguru

Sebutkan jenis rempah-rempah yang diminati oleh pedagang Eropa!

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan tempat yang menyediakan berbagai jenis rempah-rempah. Banyaknya jenis rempah-rempah inilah yang memicu penjelajahan Bangsa Eropa ke Indonesia untuk berdagangang dan mencari rempah-rempah di Indonesia. Beberapa jenis rempah-rempah yang dicari pedangan Eropa adalah lada, cengkih, jahe, pala, kayu manis, kapulaga, kunyit dan masih banyak lagi. Banyaknya rempah-rempah yang dimiliki wilayah di Indonesia inilah yang nantinya berdampak pada kolonialisme dan imperialisme Bangsa Eropa di Indonesia.

Dengan demikian, jenis rempah-rempah yang diminati pedagang Eropa adalah lada, cengkih, jahe, pala, kayu manis, kapulaga, kunyit dan lain-lain.

0

Roboguru

Apakah hubungan antara usaha memperoleh rempah-rempah secara langsung dengan semboyan gold, gospel dan glory bangsa Eropa?

Pembahasan Soal:

Hubungan antara usaha memperoleh rempah-rempah dengan semboyan 3G yakni dengan dikuasai serta dimonopolinya perdagangan rempah oleh bangsa Eropa, maka mereka bisa merauk keuntungan atau kekayaan yang berlipat karena memperpendek perdagangan rempah dan ini adalah bagian dari program Gold. Tatkala mereka memonopoli rempah-rempah dan perdagangan, maka di sini bangsa Eropa akan mendapaknya kejayaan dan rasa bangsa karena bisa dalam perdagangan internasional dan ini disebut sebagai Glory. Terakhir, ketika mereka melakukan monopoli perdagangan dan kolonialisasi awal, maka di sini bangsa Eropa akan mengenalkan dan mengajarkan agama Kristen yang mereka anut kepada penduduk lokal sebagai bagian dari program Gospel.

Dengan demikian, hubungan perdagangan rempah dan program 3G terdapat pada Kekayaan yang bangsa Eropa dapatkan, kebanggaan atas monopoli yang mereka lakukan, dan penyebaran agama kepada penduduk lokal ketika melakukan perdagangan.

0

Roboguru

Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia?

Pembahasan Soal:

Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada tahun 1453 berdampak pada ditutupnya akses perdagangan rempah-rempah bangsa Eropa di kawasan Laut Tengah. Hal tersebut mendorong bangsa-bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan Samudera. Salah satu bangsa yang dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudera adalah Portugis. Berikut ini adalah faktor yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia adalah sebagai berikut.

  1. Ditaklukkannya kota Konstantinopel oleh Turki Utsmani pada 1453 sehingga berakibat pada tingginya harga rempa-rempah di Eropa.
  2. Ditemukannya alat navigasi dan teknologi perkapalan lainnya sehingga mendorong minat dalam mencari pusat rempah-rempah.
  3. Adanya hasrat untuk melakukan program 3G (Gold, Glory, Gospel) dalam mencari kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen ke dunia.

Dengan demikian, faktor yang mendorong Portugis dalam menemukan pusat rempah-rempah adalah jatuhnya Konstantinopel, adanya kemajuan teknologi maritim, serta munculnya hasrat dalam menjalankan program 3G. 

0

Roboguru

Berikan bukti sumber-sumber sejarah hubungan masyarakat Nusantara dengan kebudayaan Mesir, dan apa dampaknya bagi masyarakat di Nusantara?

Pembahasan Soal:

Rempah telah digunakan pada zaman Mesir Kuno, sekitar 3500 SM. Kala itu, masyarakat setempat menggunakan berbagai jenis rempah untuk makanan, kosmetik dan pengawetan mayat.Cengkeh dan pala untuk mengawetkan jasad raja-raja Mesir yang biasa dijadikan mumi setelah mati. hal dibuktikan dengan adanya penelitian yang menemukan adanya unsur kedua rempah tersebut dalam mumi Firaun (Ramses II) sebagai raja Mesir yang hidup lebih dari 1000 tahun sebelum masehi. Cengkeh dan pala ini didapakan melalu perdagangan yang dilakukan oleh mayarakat Kepulauan Maluku melalui Jalur Sutra.

Dengan demikian, hubungan masyarakat Nusantara dengan kebudayaan Mesir adalah mayarakat Kepulauan Maluku memperdagangkan cengkeh dan pala yang diperdagangkan melalui jalur sutera hingga sampai ke wilayah Mesir dan rempah tersebut digunakan untuk makanan, kosmetik dan pengawetan mayat. Hal ini jelas berdampak bahwa Nusantara telah dikenal perdaban Mesir Kuno.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved