Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar hewan-hewan berikut! Hewan yang memperoleh panas dari lingkungan ditunjukkan oleh nomor . . . .

Perhatikan gambar hewan-hewan berikut!

  

Hewan yang memperoleh panas dari lingkungan ditunjukkan oleh nomor . . . .space 

  1. 1 dan 2space 

  2. 1 dan 3space 

  3. 2 dan 3space 

  4. 2 dan 4space 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Setiap makhluk hidup pada umumnya memiliki mekanisme untuk menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Begitu pula dengan hewan.Hewan-hewan di dunia dapat digolongkan sebagai hewan berdarah panas dan berdarah dingin berdasarkan pengaturan suhu tubuhnya. Hewan berdarah panas adalah hewan yang dapat mengatur suhu tubuhnya, sehingga tetap konstan dalam rentang tertentu. Hewan ini akan berkeringat ketika kepanasan dan menggigil ketika kedinginan. Contohnya yaitu anjing dan ayam. Sementara itu, hewan berdarah dingin cenderung tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya. Suhu tubuh hewan berdarah dingin akan sama dengan suhu lingkungan. Umumnya, hewan ini tidak berkeringat ketika kepanasan dan juga tidak menggigil ketika kedinginan. Mereka akan berjemur ketika kedinginan dan berlindung ketika kepanasan. Contoh hewan berdarah dingin di antaranya ular, kadal, kodok, dan ikan. Dengan demikian hewan yang memperoleh panas dari lingkungan atau hewan berdarah dingin adalah kodok dan ikan, yaitu nomor 1 dan 3. Jadi, jawaban yang t epat adalah B.

Setiap makhluk hidup pada umumnya memiliki mekanisme untuk menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Begitu pula dengan hewan. Hewan-hewan di dunia dapat digolongkan sebagai hewan berdarah panas dan berdarah dingin berdasarkan pengaturan suhu tubuhnya.

Hewan berdarah panas adalah hewan yang dapat mengatur suhu tubuhnya, sehingga tetap konstan dalam rentang tertentu. Hewan ini akan berkeringat ketika kepanasan dan menggigil ketika kedinginan. Contohnya yaitu anjing dan ayam. Sementara itu, hewan berdarah dingin cenderung tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya. Suhu tubuh hewan berdarah dingin akan sama dengan suhu lingkungan. Umumnya, hewan ini tidak berkeringat ketika kepanasan dan juga tidak menggigil ketika kedinginan. Mereka akan berjemur ketika kedinginan dan berlindung ketika kepanasan. Contoh hewan berdarah dingin di antaranya ular, kadal, kodok, dan ikan.

Dengan demikian hewan yang memperoleh panas dari lingkungan atau hewan berdarah dingin adalah kodok dan ikan, yaitu nomor 1 dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Latihan Bab

Suhu

Termometer

Pemuaian Zat Padat

Pemuaian Zat Cair

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada percobaan tangan kanan masuk ke air panas dan tangan kiri masuk ke air dingin. Ketika kedua tangan dimasukkan secara bersamaan ke air biasa, peryataan yang benar adalah ....

12rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia