Roboguru

Perhatikan gambar elektroskop berikut!  Jika elektroskop di samping didekatkan dengan plastik yang digosok dengan kain wol, maka daun elektroskop akan ….

Pertanyaan

Perhatikan gambar elektroskop berikut!undefined 

Jika elektroskop di samping didekatkan dengan plastik yang digosok dengan kain wol, maka daun elektroskop akan ….undefined 

  1. membuka karena muatan negatif menuju ke daunundefined 

  2. menutup karena muatan negatif menuju ke daunundefined 

  3. membuka karena muatan positif menuju ke daunundefined 

  4. menutup karena muatan positif menuju ke daunundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Daun elektroskop akan membuka karena terjadi pengkutuban di elektroskop. Kawat yang dekat dengan plastik menjadi kutub positif dan daun-daun elektroskop menjadi kutub negatif. Oleh karena kedua daun berkutub negatif, maka terjadi aksi tolak-menolak pada daun elektroskop.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah kain sutera digosokkan ke sebuah gelas kaca. Setelah itu, kain tersebut didekatkan ke elektroskop yang bermuatan positif. Berdasarkan kasus tersebut, yang terjadi pada daun elektroskop adalah ....

Pembahasan Soal:

Perhatikan deret tribolistrik berikut!

Nah, benda akan menjadi bermuatan negatif bila digosok dengan sembarang benda diatasnya dan akan menjadi bermuatan positif bila digosok dengan sembarang benda dibawahnya.

Berdasarkan deret tribolistik, urutan kain sutera berada di bawah gelas kaca. Jadi, ketika kain sutera digosok dengan gelas kaca, gelas kaca jadi bermuatan positif dan kain sutera menjadi bermuatan negatif.

Jika kondisi awal elektroskop adalah positif, kemudian didekatkan kain sutera yang bermuatan negatif, maka muatan positif akan ditarik ke kepala elektroskop. Muatan negatif menuju daun elektroskop. Daun elektroskop saling mendekat karena muatan sejenis berkurang.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Alat yang dapat digunakan untuk mengetahui muatan listrik pada suatu benda adalah ...

Pembahasan Soal:

Pembahasan :

Elektroskop adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya muatan pada suatu benda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Gambar skematik sebuah elektroskop tak bermuatan ditunjukkan pada gambar berikut. Tunjukkan bagian yang disebut kepala elektroskop dan daun emas! Jelaskan bagaimana sebuah elektroskop dapat menunju...

Pembahasan Soal:

Elektroskop adalah alat untuk mendeteksi adanya muatan listrik pada suatu benda. Kepala elektroskop ditunjukan huruf X sedangkan daun emas ditunjukan huruf Y. Pada sebuah elektroskop bermuatan negatif, jika didekati oleh benda bermuatan listrik negatif, daunnya akan mekar. Adapun jika elektroskop didekati oleh benda bermuatan listrik positif, daunnya akan menguncup. Pemberian muatan listrik pada elektroskop dapat dilakukan dengan cara menempelkan benda bermuatan listrik pada elektroskop dan dengan induksi listrik.

Jadi kepala elektroskop ditunjukan huruf X sedangkan daun emas ditunjukan huruf Y. Pada sebuah elektroskop bermuatan negatif, jika didekati oleh benda bermuatan listrik negatif, daunnya akan mekar dan sebaliknya. 

0

Roboguru

Pelat politen bermuatan negatif disentuhkan ke kepala sebuah elektroskop netral. Pada sentuhan itu, daun elektroskop kelebihan elektron dan daun-daunnya mekar. Pernyataan berikut yang tidak benar sehu...

Pembahasan Soal:

Elektroskop itu adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi muatan listrik statis. Elektroskop itu bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik.

Jika benda bermuatan negatif didekatkan ke kepala elektroskop negatif. Maka muatan-muatan negatif di kepala elektroskop akan tertolak ke bawah karena kelebihan elektron. Sehingga bagian kepala menjadi bermuatan positif dan bagian daun daun menjadi bermuatan negatif sehingga kedua daun akan bergerak saling menjauh.

Pernyataan yang kurang tepat adalah selama proses pembuatan, beberapa elektron meninggalkan elektroskop dan memasuki pelat politen. Karena yang benar elektron dari kepala elektroskop akan tertolak ke daun elektroskop di bawah.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi sebuah elektroskop netral berikut. Apabila elekstroskop tersebut didekati oleh benda bermuatan negatif, apa yang akan terjadi?

Pembahasan Soal:

Elektroskop merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya muatan pada suatu benda dan mendeteksi jenis muatan (negatif atau positif) suatu benda. Elektroskop bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik (pemisahan muatan). Elektroskop ini terdiri dari 2 bagian penting yakni bola logam serta daun-daun elektroskop.

Pada elektroskop netral apabila didekati dengan benda bermuatan negatif, maka muatan positif dari daun itu akan tertarik dan berpindah menuju bola logam yang berada di atas. Sementara, muatan negatif dibola logam itu akan tolak-menolak itu dengan muatan benda yang didekati sehingga muatan negatif berpindah menuju daun elektroskop. Sehingga kedua daun elektroskop ini memiliki kelebihan elektron (bermuatan negatif) yang akan saling menjauh karena muatan yang sejenis akan saling tolak menolak. Semakin besar muatannya, maka akan semakin jauh jarak antar kedua daun kaki elektroskop.

Jadi, apabia elektroskop netral didekati dengan benda bermuatan negatif, maka kedua daun elektrokop akan membuka (saling menjauh).begin mathsize 14px style space space end style

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved