Roboguru

Perhatikan gambar dibawah ini. Urutan yg benar untuk proses pembelahan sel di bawah ini adalah...

Pertanyaan

Perhatikan gambar dibawah ini. Urutan yg benar untuk proses pembelahan sel di bawah ini adalah... 

  1. 1 – 2 – 3 – 4  

  2. 4 – 2 – 1 – 3  

  3. 4 – 1 – 2 – 3  

  4. 1 – 3 – 2 – 4 

  5. 3 – 2 – 1 – 4 

Pembahasan Soal:

Pembelahan sel yang terjadi pada gambar merupakan pembelahan sel secara mitosis. Mitosis merupakan pembelahan inti sel (nukleus) melalui tahapan-tahapan yang beruntun dan teratur. Tahapan-rahapan terdiri atas profase, metafase, anafase dan telophase.

  1. Profase, pada proses ini terjadi peristiwa penebalan dan pemendekan benang-benang kromatin menjadi kromosom, inti sel terfrgmentasi dan melebur, dan terbentuknya benang-benang spindel yang terbuat dari mikrotubula yang memancar dari kedua kedua sentrosom yang menjauh.
  2. Metafase, pada fase ini terjadi pergerakan kromosom sehingga ditengah sel yang disebut bidang ekuator.
  3. Anafase, pada anafase terjadi hal-hal berikut. Masing-masing kromatid menuju kea rah kutub yang berlawanan pada saat mikrotubula memendek, dan pada tahap akhir kedua kutub sel memiliki kromosom yang bersifat diploid (2n)
  4. Telopfase, fase ini merupakan fase terakhir dari mitosis. Pada telofase terjadi hal-hal sebagai berikut. Terbentuknya nucleus pada kedua kutub sel, kromosom pada kedua kutub mulai membuka kumparannya dan berubah kembali menjadi kromatin, terbentuknya membrann inti dan pada fase akhir dari telofase terjadinya sitokinesis (pembelahan sitoplasma)

Dengan demikian urutan yang benar dari proses pembelahan sel adalah 4 (profase), 2 (metafase), 1 (anafase), dan 3 (telofase). Dan jawaban yang benar adalah B
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved