Roboguru

Perhatikan gambar dibawah ini !   Tempat terjadinya reaksi gelap ditunjukkan oleh nomor ….

Pertanyaan

Perhatikan gambar dibawah ini !

 

Tempat terjadinya reaksi gelap ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 4

  2. 3

  3. 1

  4. 7

  5. 6

Pembahasan Soal:

Reaksi gelap disebut juga dengan siklus calvin. Reaksi gelap terjadi didalam stroma atau cairan kloroplas. Pada gambar disoal yang merupakan bagian stroma adalah bagian nomor 4 karena menunjukkan cairan pada kloroplas tersebut. Sedangkan bagian lain adalah nomor 1 adalah tilakoid, nomor 2 ruang intermebran, nomor 3 grana, nomor 5 lamella stroma, nomor 6 intermembran dan nomor 7 adalah membran luar. Dengan demikian jawaban adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 21 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan bahan-bahan dibawah ini ! Air Glukosa Cahaya matahari Oksigen Karbondioksida Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis ditunjukkan oleh nomor  ….

Pembahasan Soal:

Fotosintesis adalah proses pembentukan molekul glukosa dengan menggunakan energi matahari. Reaksi sederhana fotosintesis adalah

Pada reaksi fotosintesis diatas dapat dilihat bahan baku untuk proses fotosintesis adalah karbondioksida, air dan energi cahaya matahari. Pada reaksi tersebut dapat kita lihat hasil fotosintesis berupa molekul glukosa dan oksigen. Dengan demikian jawaban adalah C.

0

Roboguru

Reaksi fotosintesis terbagi menjadi 2 reaksi yaitu ….

Pembahasan Soal:

Reaksi fotosintesis terbagi 2 reaksi yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Kedua reaksi tersebut terjadi di kloroplas. Kloroplas memiliki membran ganda, ada membran luar dan ada membran dalam. Diantara membran luar dan dalam terdapat ruang intermembran. kemudian di bagian membran dalam terdapat kantung pipih yang saling berhubungan yang disebut tilakoid, disinilah tempat terjadinya reaksi terang tepatnya di bagian membrannya karena mengandung banyak klorofil. Cairan di luar tilakoid disebut dengan stroma yang merupakan tempat terjadinya reaksi gelap. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Reaksi yang terjadi pada proses fotosintesis adalah …

Pembahasan Soal:

reaksi kimia pada fotosintesis:

begin mathsize 12px style 6 space C O subscript 2 plus 6 space H subscript 2 O and italic L italic i italic g italic h italic t space italic e italic n italic e italic r italic g italic y yields C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 and 6 space O subscript 2 end style  

Pada reaksi kimia di atas, molekul anorganik seperti karbon dioksida dan air akan digunakan untuk menyusun molekul organik glukosa dan oksigen, dengan menggunakan energi cahaya. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Reaksi pada fotosintesis yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Pada fotosintesis terjadi penyusunan molekul organik berupa gula-gula sederhana begin mathsize 12px style open parentheses C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 close parentheses end style  yang merupakan penyusun karbohidrat dengan menggunakan energi yakni energi dari cahaya. Selain membutuhkan energi, penyusunan karbohidrat ini membutuhkan karbon dioksida begin mathsize 12px style open parentheses C O subscript 2 close parentheses end style  dan air begin mathsize 12px style open parentheses H subscript 2 O close parentheses end style . Pembentukan karbohidrat melalui fotosintesis ini juga akan menghasilkan oksigen begin mathsize 12px style open parentheses O subscript 2 close parentheses end style . Jadi reaksi kimia pada fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut:
begin mathsize 12px style 6 C O subscript 2 and 6 H subscript 2 O and italic E italic n italic e italic r italic g italic i yields C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 and 6 O subscript 2 end style  
Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan tabel hasil percobaan Ingenhousz di bawah ini! Pada percobaan Ingenhousz akan dihasilkan gelembung. Perlakuan yang akan menghasilkan gelembung terbanyak adalah perlakuan nomor ….

Pembahasan Soal:

Fotosintesis membutuhkan cahaya matahari dan karbon dioksida (begin mathsize 12px style C O subscript 2 end style). Penambahan begin mathsize 12px style Na H C O subscript 3 end style dapat menjadi sumber karbon dioksida bagi tanaman untuk bahan fotosintesis. Gelembung yang dihasilkan dari percobaan Ingenhousz adalah oksigen hasil fotosintesis. Oleh karena itu, perlakuan yang menghasilkan gelembung udara terbanyak adalah perlakuan yang memiliki laju fotosintesis tertinggi, yaitu yang mendapat cahaya matahari langsung dan ditambahkan undefined sebagai sumber karbonnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E. space space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved