Roboguru
SD

Perhatikan gambar di samping. Lengkapi titik-titik dalam tabel berikut dengan isian yang benar. Tabel 2.3 Posisi Ruas Garis terhadap Sumbu X dan Sumbu Y    Setelah kamu melengkapi isian di atas, coba bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman sebangkumu. Berdasarkan isian tabel di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Jika ruas garis melalui dua titik dengan bilangan ordinat sama, ruas garis itu ... dengan sumbu X dan ... dengan sumbu Y.

Pertanyaan

Perhatikan gambar di samping.
Lengkapi titik-titik dalam tabel berikut dengan isian yang benar.

Tabel 2.3 Posisi Ruas Garis terhadap Sumbu X dan Sumbu Y

  

Setelah kamu melengkapi isian di atas, coba bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman sebangkumu. Berdasarkan isian tabel di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
Jika ruas garis melalui dua titik dengan bilangan ordinat sama, ruas garis itu ... dengan sumbu X dan ... dengan sumbu Y.

S. Difhayanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berdasarkan isian tabel di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Jika ruas garis melalui dua titik dengan bilangan ordinat sama, ruas garis itu sejajar dengan sumbu X dan tegak lurus dengan sumbu Y.

Pembahasan

Ingat!

  • Dua buah garis dikatakan sejajar jika kedua garis tersebut memiliki jarak yang selalu sama.
  • Jika garis m sejajar dengan garis n, dan garis m tegak lurus terhadap sumbu X, maka garis n juga tegak lurus dengan sumbu X.
  • Jika garis m sejajar dengan garis n, dan garis m tegak lurus terhadap sumbu Ymaka garis n juga tegak lurus dengan sumbu Y.
  • Jika suatu garis tidak sejajar dengan sumbu koordinat, maka garis tersebut akan berpotongan dengan sumbu X maupun sumbu Y

Maka, dipereoleh tabel posisi ruas garis terhadap sumbu X dan sumbu Y.

Jadi, berdasarkan isian tabel di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Jika ruas garis melalui dua titik dengan bilangan ordinat sama, ruas garis itu sejajar dengan sumbu X dan tegak lurus dengan sumbu Y.

277

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Gambarlah dua garis yang saling tegak lurus, tapi tidak sejajar dengan sumbu-X dan sumbu-Y. Kemudian hubungkan beberapa titik yang melalui kedua garis tersebut dan membentuk bangun datar. Ada berapa b...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia