Roboguru

Perhatikan gambar di bawah!  Yang diberi tanda X a...

Perhatikan gambar di bawah! 
Yang diberi tanda X adalah ....

undefined

  1. Sinklinal

  2. Antiklinal

  3. Lipatan

  4. Lembah

Jawaban:

Keragaman bentuk permukaan Bumi ini disebabkan oleh dua kekuatan, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga Eksogen merupakan energi yang berasal dari luar perut Bumi dan tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam Bumi. Salah satu tenaga dari dalam Bumi yang memengaruhi bentuk muka Bumi adalah tektonisme. Tektonisme adalah proses yang terdapat di dalam bumi yang terjadi disebabkan karna adanya suatu pergerakan, lipatan, pengangkatan, serta juga patahan yang terdapat pada lempengan tanah yang berada di dalam perut bumi. 

Berdasar kecepatan gerak serta luas daerah jangkauannya, proses tektonisme dapat dibedakan menjadi:

  1. Epirogenetik/epirogenesa. Gerakan epirogenetik ini merupakan gerakan pembentuk kontinen atau juga benua yang prosesnya itu dapat memberi dampak naik turunnya lapisan di kulit bumi dengan menyebabkan tenaga tektonik yang relatif lebih lambat dengan arah vertical serta sudah berlangsung cukup lama di daerah yang luas. Gerakan ini dibedan menjadi dua macam, yaitu gerakan epirogenetik positif dan gerakan epirogenetik negatif.
  2. Orogenetik/orogenesa. Gerak orogenetik ini merupakan sebuah gerakan lempeng tektonik yang lebih cepat serta dapat mengcangkup wilayah yang kecil di dalam kulit bumi. Gerakan Orogenetik tersebut dapat menghasilkan dua jenis struktur permukaan baru, yaitu:
  • Lipatan (Folded). Lipatan tersebut terbentuk karena elastisitas (kelenturan) dari batuan yang terlibat lebih besar daripada tenaga endogen yang menekannya (baik itu secara horizontal maupun juga vertikal) sehingga tidak akan mambuat batuan tersebut patah.
  • Patahan/Sesar (Fault). Patahan ini terbentuk disebabkan karena tenaga tektonik menekan (baik secara horizontal atau vertikal) batuan elastis yang terlibat sampai mencapai batas maksimum keelastisannya sehingga hal tersebut menyebabkan batuan itu pecah, retak atau patah.

Berikut ini adalah gambar bentukan hasil dari gerak orogenetik:

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved