Roboguru

Perhatikan Gambar di bawah ini! Sesuai dengan pengetahuan mengenai pergerakan lempeng tektonik, informasi apa yang coba diberikan dari gambar di atas? Jelaskan!

Pertanyaan

Perhatikan Gambar di bawah ini!

Sesuai dengan pengetahuan mengenai pergerakan lempeng tektonik, informasi apa yang coba diberikan dari gambar di atas? Jelaskan!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Informasi yang diberikan melalui gambar di atas adalah fenomena gerak konvergen, yaitu gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehinggga menimbulkan tumbukan. Gerak konvergen dapat terjadi antarlempeng benua, antarlempeng samudra dan tumbukan lempeng benua dengan lempeng samudra. Gerak konvergen menyebabkan salah satu lempeng menyusup atau terlipat ke bagian bawah, sehingga bisa membentuk ketampakan alam di bumi. Contoh hasil pergerakan lempeng karena gerak konvergen adalah palung laut dan gunung api.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan tentang lempengan bumi!

Pembahasan Soal:

Lempeng bumi adalah berbagai luasan area yang terbentuk dari pecahan kerak bumi yang masing-masing memiliki gerakan ke arah tertentu akibat konveksi di dalam bumi (astenosfer). Tiap lempeng bergerak terhadap lempeng lain, dan tidak jarang pada batas antar lempeng terjadi gesekan ketika salah satu atau keduanya bergerak, sehingga menimbulkan deformasi di atas permukaan bumi (terbentuknya gunung, palung), keluarnya lava di permukaan bumi, dan getaran yang disebut gempa.

Roboguru

Salah satu bukti bahwa lempeng-lempeng bumi terus bergerak dapat dengan mudah diketahui dari….

Pembahasan Soal:

Sebagai bukti bahwa lempeng di bumi terus bergerak, salah satunya dapat dengan mudah memperhatikan bahwa garis pantai Afrika bagian Barat dan garis pantai Amerika Selatan bagian timur seperti dua puzzle yang terpisah. Saat ini kondisi ke duanya dipisahkan oleh Samudera Atlantik. Namun, dari bentuk yang ditunjukkan sangat meyakinkan bahwa dulunya kedua lepeng tersebut merupakan satu kesatuan wilayah daratan yang luas. Posisi keduanya antara dulu dan sekarang dapat diamati pada gambar di bawah ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Roboguru

Pada abad ke-19, muncul istilah mappa mundi yang menjadi asal mula penamaan peta. Mappa mundi memiliki makna ….

Pembahasan Soal:

Pada abad ke 19, muncul istilah “mappa mundi” yang kemudian berkembang menjadi asal mula penamaan peta. Mappa berarti kain, sedangkan mundi berarti dunia. Jadi, mappa mundi bermakna kain yang menggambarkan tentang dunia. Definisi tersebut adalah definisi peta dilihat secara etimologinya. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Roboguru

Mengapa lempeng bumi bisa bergerak?

Pembahasan Soal:

Bumi terdiri dari lapisan kerak bumi (litosfer), mantel bumi (astenosfer), dan inti bumi. Kerak bumi terdiri dari lempeng benua dan lempeng samudera. Dari semua bagian ini, yang bersifat relatif padat hanya lapisan kerak bumi dan inti dalam bumi. Kerak bumi berada di atas lapisan astenosfer yang bersifat cair. Jadi, kerak bumi sebenarnya mengapung diatas magma cair. Magma pada lapisan astenosfer akan senantiasa bergerak, dikarenakan panas dari inti bumi. Gerakan ini disebut dengan arus konveksi. Jadi arus konveksi ini yang menyebabkan lempeng benua dan lempeng samudera saling bergerak mendekat, menjauh, atau berpapasan.space

Roboguru

Pola pergerakan lempeng seperti gambar sangat berpengaruh pada kehidupan di permukaan bumi yaitu terjadinya...

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal menyatakan pergerakan divergen, hal tersebut mengakibatkan gempa dan tsunami. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah gempa dan tsunami

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved