Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Seorang atlet meloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara. Bagaimanakah besarnya gaya yang dikerjakan tanah terhadap atlet? Jelaskan!

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Seorang atlet meloncat dengan berat w menekan tanah di bawahnya dengan gaya yang besarnya F dan sebagai hasilnya ia melambung ke udara. Bagaimanakah besarnya gaya yang dikerjakan tanah terhadap atlet? Jelaskan!

  1. ... 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Menurut Hukum III Newton, gaya yang diberikan tanah ke atlet sama dengan gaya yang diberikan atlet ke tanah dengan arah yang berlawanan. Karena atlet dengan berat w memberikan gaya F ke tanah, maka tanah akan memberikan gaya ke atlet sebesar w+Fundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kegiatan berikut! Benda di lantai licin bergerak lebih cepat Saat direm mendadak, tubuh penumpang terdorong ke belakang Baling-baling kapal laut mendorong air laut ke belakang, maka ka...

Pembahasan Soal:

Hukum III Newton dikenal juga sebagai hukum aksi-reaksi yang artinya jika benda 1 memberikan gaya sebesar F kepada benda 2 (disebut gaya aksi), maka benda 2 juga akan memberikan gaya sebesar F kepada benda 1 akan tetapi arahnya berlawanan (disebut gaya reaksi).
Berdasarkan hal tersebut terlihat bahwa hukum III Newton berlaku untuk dua benda yang saling memberikan gaya sama besar dan berlawanan arah. Jadi pilihan yang benar adalah:

  1. Benda di lantai licin bergerak lebih cepat (salah). Termasuk fenomena tentang hukum II Newton.
  2. Saat direm mendadak, tubuh penumpang terdorong ke belakang (salah). Termasuk fenomena tentang hukum I Newton.
  3. Baling-baling kapal laut mendorong air laut ke belakang, maka kapal bergerak ke depan (benar). Kapal mendorong air laut misalkan dengan gaya F ke belakang melalui baling-balingnya, air laut mendorong kapal dengan gaya F juga yang sama besar tapi berlawanan arah sehingga kapal bergerak ke depan.
  4. Ketika peluru melesat keluar, senapan terdorong ke belakang (benar). Senapan mendorong peluru misalkan dengan gaya F ke depan, peluru mendorong senapan dengan gaya F juga sama besar tapi berlawanan arah, sehingga senapan terdorong ke belakang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

2

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Untuk dapat bergerak ke depan, gurita memancarkan air ke belakang. Ketika kita berada di dalam lift yang sedang bergerak ke atas, kita akan merasakan gaya berat yang...

Pembahasan Soal:

Pernyataan 1 dan 3 merupakan contoh penerapan aksi-reaksi atau hukum Newton III. Pernyataan 2 merupakan contoh penerapan hukum Newton II. Pernyataan 4 merupakan contoh penerapan hukum Newton I.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Pada saat naik perahu di sungai, kita mengayuh ke belakang sehingga mengakibatkan perahu terdorong ke depan. Contoh tersebut merupakan aplikasi dari ....

Pembahasan Soal:

Pada saat kita mengayuh ke belakang artinya kita memberikan gaya aksi, sedangkan ketika perahu terdorong ke depan artinya adanya reaksi dari gaya aksi kita.

hukum III Newton ini berbunyi: "Gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris."

Dengan demikian, pada peristiwa diatas termasuk aplikasi dari hukum III Newton.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Cheetah dapat bergerak  lebih lincah dibanding hewan yang lain, karena adanya perbedaan ….

Pembahasan Soal:

Cheetah dapat berlari cepat karena memiliki struktur tulang belakang yang panjang dan lentur, berbeda dengan kucing besar lainnya. Selain itu, otot kuat dan ramping memudahkan pergerakan cheetah saat mendorong tubuhnya kedepan.space space space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Perhatikan posisi burung yang sedang bebas seperti pada gambar di bawah ini! Sumber: Dok. Kemendikbud Saat terbang di udara, burung tersebut menerapkan hukum ketiga newton dengan cara memanfaatka...

Pembahasan Soal:

Hukum III Newton disebut hukum aksi-reaksi. 

Hukum III Newton berbunyi "Gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris."

Artinya, jika benda A memberi gaya pada benda B (aksi)  maka benda B akan memberikan gaya kepada benda A (reaksi). Gaya yang diberikan kedua benda tersebut besarnya sama, namun arahnya berbeda. 

Kepakan sayap burung memiliki peranan penting. Pada saat burung mengepakan sayap, fenomena tersebut merupakan gaya aksi ke udara, maka sesuai hukum III newton, akan ada balasan berupa gaya reaksi dari udara ke sayap burung dengan gaya yang sama besarnya. Saat mengepakan sayap, burung mendorong udara di sekitarnya ke bawah. Hal tersebut menyebabkan udara mendapatkan gaya aksi ke bawah, sehingga udara akan memberi gaya reaksi ke atas yang kemudian digunakan untuk mengangkat tubuh burung sehingga burung dapat terbang dengan stabil. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

5

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved