Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini!  Sebutkan model atom pada gambar di samping!

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini!

 Sebutkan model atom pada gambar di samping!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Niels Bohr, ahli fisika dari Denmark adalah ilmuwan pertama yang mengembangkan teori struktur atom pada tahun 1913. Teori tentang sifat atom yang didapat dari pengamatan Bohr adalah atom terdiri dari inti atom yaitu proton yang bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan, keduanya dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan.

Jadi, model atom sesuai gambar pada soal adalah model atom Niels Bohr.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam model atom Bohr, ketika elektron atom hidrogen berpindah dari orbit dengan n = 1 ke n = 3, maka elektron tersebut akan ....

Pembahasan Soal:

Teori atom Bohr menjelaskan bahwa elektron-elektron saat mengelilingi inti berada pada tingkat-tingkat energi (kulit) tertentu tanpa menyerap atau memancarkan energi. Elektron dapat berpindah dari kulit sebelah dalam ke kulit sebelah luar dengan menyerap energi, atau sebaliknya. Dengan demikian, ketika elektron atom hidrogen berpindah dari n = 1 ke n = 3, elektron tersebut akan menyerap energi.

Jadi, ketika elektron atom hidrogen berpindah dari n = 1 ke n = 3, elektron tersebut akan menyerap energi.space 

0

Roboguru

Sebutkan faktor-faktor penyebab elektron tereksitasi!

Pembahasan Soal:

Elektron yang berada pada lintasan dengan tingkat energi yang rendah akan tereksitasi atau berpindah ke lintasan dengan tingkat energi lebih tinggi apabila menyerap energi (panas, listrik atau radiasi) dalam jumlah tertentu (nhv). 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah kuantitas energi yang diserap sebagai faktor penyebab elektron dapat tereksitasi.

 

0

Roboguru

Dalam perkembangannya model-model atom mengalami berbagai perubahan, dari mulai Model Atom Dalton sampai Model Atom Mekanika Gelombang. Lukis Model Atom Joseph Thomson, Model Atom Ernest Ruthterford d...

Pembahasan Soal:

Teori atom J. J Thomson dikenal dengan teori 'roti kismis', dimana elektron diibaratkan sebagai kismis yang tersebar merata dalam seluruh bagian roti (elektron tersebar merata dalam bola yang bermuatan positif). Disamping itu, ia berpendapat bahwa atom bermuatan netral karena memiliki muatan negatif dan positif dalam besaran yang sama. Gambar atom J.J Thomson adalah sebagai berikut:



Teori atom Ernest Rutherford menerangkan struktur atom sama halnya dengan tata surya. Di mana matahari yang bermuatan positif dan planet-planet sebagai elektron yang mengelilingi inti. Meskipun teori atom Rutherford telah mendekati teori atom modern, namun teori ini tidak dapat menjelaskan gaya tarik elektostatis mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom. Gambar atom Rutherford adalah sebagai berikut:



Teori atom Niels Bohr  berdasarkan teori kuantum menjelaskan spektrum gas hidrogen yang menunjukkan bahwa elektron hanya menempati tingkat-tingkat energi tertentu dalam atom. Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan tertentu yang stationer yang disebut orbit atau kulit. Gambar atom Niels Bohr adalah sebagai berikut:



Jadi, gambar Model Atom Joseph Thomson, Model Atom Ernest Ruthterford dan Model Atom Niels Bohr serta penjelasannya adalah sesuai penjelasan di atas.

1

Roboguru

Jelaskan perbedaan teori atom klasik dengan teori atom mekanika kuantum.

Pembahasan Soal:

Teori atom klasik (teori atom bohr) mendasari teori atom mekanika kuantum tercipta. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan, perbedaan teori atom klasik dengan teori atom mekanika kuantum adalah sebagai berikut:

  1. Menurut model atom Bohr elektron mengelilingi inti atom pada lintasan dengan tingkat energi tertentu sedangkan menurut teori atom mekanika kuantum elektron mengitari inti atom pada orbital tertentu yang membentuk kulit atom.
  2. Menurut teori atom Bohr elektron bergerak dalam lintasannya membentuk lingkaran seperti pergerakan planet mengelilingi matahari, sedangkan menurut teori mekanika kuantum elekron bergerak dalam orbital dengan melakukan gerak gelombang.
  3. Menurut teori atom Bohr posisi sebuah elektron yang bergerak mengelilingi atom dapat ditentukan, sedangkan menurut teori atom mekanika kuantum posisi sebuah elektron yang bergerak mengelilingi inti atom tidak dapat ditentukan dengan pasti.
  4. Teori atom Bohr tidak dapat menjelaskan pengaruh medan magnet dalam atom hidrogen, seperti mengapa spektrum hidrogen memiliki garis-garis tambahan ketika dipengaruhi oleh medan magnet, sedangkan teori mekanika kuantum telah mampu menjelaskan mengenai sifat atom dan molekul yang berelektron lebih dari satu, dan ternyata jika dilihat dengan lebih teliti, spektrum gas hidrogen tidak terdiri dari satu garis, melainkan beberapa garis yang saling berdekatan. Dengan demikian lintasan tersebut memiliki sublintasan dimana elektron ditemukan.

Jadi, perbedaan teori atom klasik dengan teori atom mekanika kuantum diantaranya mengenai posisi elektron, gerak elektron dan pengaruh medan magnet dalam suatu atom.

0

Roboguru

Di antara perpindahan elektron berikut, yang disertai pelepasan energi paling besar adalah ...

Pembahasan Soal:

Semakin besar harga n (makin jauh dari inti), makin besar energi elektron yang mengorbit pada kulit itu. Jadi tingkat energi kulit L lebih besar daripada kulit K,tingkat energi kulit M lebih besar daripada kulit L dan seterusnya. 

Elektron berpindah dengan cara melepaskan energi apabila elektron berpindah ke tingkat energi yang lebih rendah atau lintasan yang lebih dalam. 

Jadi perpindahan elektron yang disertai pelepasan energi paling besar adalah dari kulit M ke K.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved