Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini Sebutkan bagian-bagian yang ditunjukkan pada gambar!

Perhatikan gambar di bawah ini

Sebutkan bagian-bagian yang ditunjukkan pada gambar!

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Bagian yang ditunjukk nomor 1 adalah kapsula bowman . Pada kapsula bowman terdapat glomerulus yangmerupakan kumpulan pembuluh darah halus yang berasal dari nadi ginjal yang berbentuk jalinan kapiler arterial. Fungsi glomerulus adalah sebagai tempat filtrasi, yaitu penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Produk yang dihasilkan dari proses filtrasi di glomerulus adalah urin primer. Bagian yang ditunjukk nomor 2adalah a rteriole aferen .Letak arteriole aferen berada dekat dengan badan malphigi yang terhubung ke glomerulus dari arteri renalis. Pada arteriole aferen terdapat sel – sel jukstaglomeruler yang merupakan modifikasi otot polos. Bagian yang ditunjukk nomor 3adalah lengkung henle .Antara tubulus proksimal dan tubulus kontortus distal dihubungkan oleh sebuah saluran setengah lingkaran. Saluran setengah lingkaran yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal disebut sebagai lengkung henle. Lengkung henle mempunyai peran untuk menjaga urine tidak kembali ke tubulus kontortus proksimal. Bagian yang ditunjukk nomor 4adalah tubulus kolektivus .Tubulus kolektivus berbentuk tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron yang siap untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih. Fungsi tubulus kolektivus adalah untuk mengumpulkan urin dari beberapa tubulus kontortus proksimal lalu dibawa ke pelvis.

Bagian yang ditunjukk nomor 1 adalah kapsula bowman. Pada kapsula bowman terdapat glomerulus yang merupakan kumpulan pembuluh darah halus yang berasal dari nadi ginjal yang berbentuk jalinan kapiler arterial. Fungsi glomerulus adalah sebagai tempat filtrasi, yaitu penyaringan darah yang akan menyaring air, garam, asam amino, glukosa, dan urea. Produk yang dihasilkan dari proses filtrasi di glomerulus adalah urin primer.

Bagian yang ditunjukk nomor 2 adalah arteriole aferen. Letak arteriole aferen berada dekat dengan badan malphigi yang terhubung ke glomerulus dari arteri renalis. Pada arteriole aferen terdapat sel – sel jukstaglomeruler yang merupakan modifikasi otot polos.

Bagian yang ditunjukk nomor 3 adalah lengkung henle. Antara tubulus proksimal dan tubulus kontortus distal dihubungkan oleh sebuah saluran setengah lingkaran. Saluran setengah lingkaran yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal disebut sebagai lengkung henle. Lengkung henle mempunyai peran untuk menjaga urine tidak kembali ke tubulus kontortus proksimal.

Bagian yang ditunjukk nomor 4 adalah tubulus kolektivus. Tubulus kolektivus berbentuk tabung sempit panjang dalam ginjal yang menampung urin dari nefron yang siap untuk disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih. Fungsi tubulus kolektivus adalah untuk mengumpulkan urin dari beberapa tubulus kontortus proksimal lalu dibawa ke pelvis.

1rb+

3.0 (2 rating)

Keysya Ayu Rahma Jauhari

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Badan Malpighi ginjal terdiri atas. . . .

261

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia