Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini! Mengapa tanaman dalam kotak tersebut bergerak ke arah datangnya cahaya? Hormon apa yang menyebabkan peristiwa tersebut? Jelaskan fungsi hormon tersebut!

Perhatikan gambar di bawah ini! 



Mengapa tanaman dalam kotak tersebut bergerak ke arah datangnya cahaya? Hormon apa yang menyebabkan peristiwa tersebut? Jelaskan fungsi hormon tersebut!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Tanaman dalam kotak gelap akan bergerak ke arah datangnya cahaya karena hormon auksin yang terdapat pada batang tanaman mengalami kerusakan akibat terkena cahaya . Sehingga, pertumbuhan pun menjadi terhambat . Sementara hormon auksin pada bagian tanaman yang tidak terkena cahaya matahari masih bekerja normal dan terus memacu proses pertumbuhan. Sebagai akibatnya, batang pun akan membengkok dan mengarah pada titik datangnya cahaya matahari. Hormon auksin memiliki fungsi yang beragam antara lain: mempercepat perkecambahan, pengatur pertumbuhan, pemacu pemanjangan sel yang ada pada meristem ujung (apikal), menghambat pertumbuhan tunas lateral, merangsang pembelahan pada sel kambium (regenerasi pada luka), memacu perkembangan bungadan buah, menghambat perontokan buah dan daun, merangsang partenokarpi, dan merangsang pertumbuhan akar pada potongan tanaman.

Tanaman dalam kotak gelap akan bergerak ke arah datangnya cahaya karena hormon auksin yang terdapat pada batang tanaman mengalami kerusakan akibat terkena cahaya. Sehingga, pertumbuhan pun menjadi terhambat. Sementara hormon auksin pada bagian tanaman yang tidak terkena cahaya matahari masih bekerja normal dan terus memacu proses pertumbuhan. Sebagai akibatnya, batang pun akan membengkok dan mengarah pada titik datangnya cahaya matahari.

Hormon auksin memiliki fungsi yang beragam antara lain: mempercepat perkecambahan, pengatur pertumbuhan, pemacu pemanjangan sel yang ada pada meristem ujung (apikal), menghambat pertumbuhan tunas lateral, merangsang pembelahan pada sel kambium (regenerasi pada luka), memacu perkembangan bunga dan buah, menghambat perontokan buah dan daun, merangsang partenokarpi, dan merangsang pertumbuhan akar pada potongan tanaman.

Latihan Bab

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Proses Perkecambahan

Jenis-jenis Perkecambahan

Jenis-jenis Pertumbuhan pada Tumbuhan

4rb+

Fadhilah Nurul aisyah

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Rogu melakukan observasi ke pegunungan.Di sana ia menemukan berbagai macam tumbuhan seperti stroberi, aster, ubi jalar, kopi, dan tembakau. Kemudian, ia menelusuri kaki gunung dan menemukan tumbuhan m...

152

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia