Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini ! Gambar tersebut menunjukkan jenis adaptasi makhluk hidup...

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini ! Gambar tersebut menunjukkan jenis adaptasi makhluk hidup... 


Pembahasan Soal:

Jenis adaptasi makhluk hidup ini tergolong sebagai adaptasi morfologi. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Salah satu contoh adaptasi morfologi ditunjukkan oleh gambar ini yaitu hewan kanguru yang mempunyai kantong perut (marsupium) sebagai tempat bagi keturunannya berlindung dan makan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah adaptasi morfologi

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Intan

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lebah dapat kembali ke sarangnya dengan menggunakan cara navigasi ....

Pembahasan Soal:

Setiap hari, lebah pekerja akan meninggakan sarang untuk mencari serbuk sari atau nektar yang nantinya digunakan untuk membuat madu. Ini artinya, lebah akan menempuh jalur yang berbeda setiap harinya untuk mendapatkan bahan pembuat madu bagi koloninya. Setiap hari lebah menempuh jalur yang berbeda dengan jarak yang juga berbeda, tapi lebah tetap dapat kembali ke sarangnya tanpa tersesat. Untuk bisa kembali ke sarangnya tanpa tersesat, lebah akan memanfaatkan matahari. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

4

Roboguru

Mahkluk hidup yang mampu mengadakan migrasi dengan jarak yang sangat jauh adalah ....

Pembahasan Soal:

Migrasi hewan merupakan kegiatan perpindahan tempat hidup dalam jangka waktu tertentu dengan beberapa tujuan diantaranya mencari lingkungan yang lebih sesuai, bereproduksi dan mencari sumber makanan baru. Beberapa hewan yang melakukan migrasi diantanya penyu, salmon, elang, lumba-lumba dan lobster duri. Penyu, lobster duru dan elang melakukan migrasi ketika habitat aslinya mengalami musim dingin sehingga hewan-hewan ini bermigrasi untuk mencari lokasi yang lebih hangat. ikan salmon melakukan migrasi untuk melakukan reproduksi sementara lumba-lumba bermigrasi untuk mencari habitat yang lebih cocok dan juga mencari sumber makanan baru.

Dengan demikian, pilihan  jawaban yang tepat adalah A,B, C, E, Fundefined

0

Roboguru

Berdasarkan teks 1, apa yang menyebabkan jejak kaki gajah lebih dalam daripada jejak kaki kambing? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Ukuran kaki gajah dan kaki kambing dipengaruhi oleh adaptasi terhadap berat tubuh. Kaki gajah lebih besar daripada kaki kambing karena gajah memiliki tubuh yang lebih berat daripada kambing. Karena berat gajah lebih besar, maka jejak kaki gajah akan lebih dalam dibandingkan kaki kambing.undefined 

Jadi, hal yang menyebabkan jejak kaki gajah lebih dalam daripada jejak kaki kambing adalah berat tubuh gajah lebih besar daripada berat tubuh kambing sehingga gajah memiliki ukuran kaki yang lebih besar daripada ukuran kaki kambing. 

0

Roboguru

Hewan - hewan berikut memanfaatkan medan magnet untuk mempertahankan hidupnya, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Sebagian hewan memanfaatkan medan magnet bumi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Di dalam tubuh hewan terdapt magnet sehingga hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi. Beberapa hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk kelangsungan hidupnya adalah lobster duri, burung, belut, dan ikan salmon. Hewan-hewan tersebut menggunakan medan magnet ketika berpindah tempat (migrasi).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi yang dapat digunakan untuk mencari makan saat malam hari. Kemampuan ekolokasi kelelawar didukung oleh telinganya yang mampu memproduksi bunyi ultrasonik dan mene...

Pembahasan Soal:

Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi yang memungkinkannya untuk terbang pada malam hari yang gelap. Kelelawar lebih mengandalkan pada suaranya yang nyaring untuk menuntunnya terbang. Ia mengeluarkan bunyi yang dinamakan ultrasonik yang tidak dapat didengar manusia.

Kelelawar mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin. Gelombang ultrasonik dikeluarkan dari mulut atau hidung kelelawar. Ketika gelombang suara mengenai suatu objek, objek itu memantulkan gema kembali ke telinga kelelawar.

Dengan demikian, pernyataan tentang kemampuan ekolokasi tersebut salah karena kelelawar menghasilkan bunyi ultrasonik dari mulut/hidung yang pantulannya ditangkap oleh telinganya yang sensitif.space space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved