Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Akibat pergerakan lempeng, daratan Laurasia seperti gambar selanjutnya bergeser membentuk benua .... (Soal UN Geografi 2014)

Pertanyaan

Perhatikan gambar di bawah ini!

Akibat pergerakan lempeng, daratan Laurasia seperti gambar selanjutnya bergeser membentuk benua .... (Soal UN Geografi 2014)space 

  1. Eurasia dan Afrikaspace 

  2. Amerika dan Afrikaspace 

  3. Eurasia dan Amerika Utaraspace 

  4. Asia dan Amerika Selatanspace 

  5. Amerika Utara dan Amerika Selatanspace 

Pembahasan Soal:

Gambar diatas merupakan gambar superbenua Pangea. Pangea atau Pangaea yaitu super benua yang hadir selama era kesudahan Paleozoikum dan awal Mesozoikum, terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu. Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia di bagian utara dan Benua Gondwana di bagian selatan. Benua Laurasia terpecah lagi menjadi Eropa, Asia, dan Amerika Utara, sedangkan Gondwana terpecah membentuk Afrika, Antartika, Amerika Selatan, dan Australia. 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan teori umur bumi menurut teori sedimen!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan teori sedimen, pengukuran umur bumi dapat diperhitungkan berdasarkan tebal lapisan sedimen yang ada di dasar lautan. Untuk mengetahui umur lapisan tertua dari kerak bumi, maka perhitungannya dengan cara mengetahui perbandingan ketebalan sedimen rata-rata yang terbentuk setiap tahunnya dengan tebal batuan sedimen yang ada di bumi sekarang ini.spaceBerdasarkan teori sedimen, maka diperkirakan bumi terbentuk sekitar 500 juta tahun yang lalu.  

Roboguru

Proses pembentukan bumi terbagi menjadi tiga tahap. Tahapan dimana bumi sudah terbagi menjadi dua bagian, yaitu material yang lebih berat dan lebih ringan adalah tahapan ....

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan lapisan bumi setelah terjadi pendinginan terbagi menjadi tiga, antara lain: 

  1. Tahap saat bumi merupakan planet homogeni atau belum terjadi diferensiasi dan zonafikasi
  2. Proses diferensiasi atau pemilahan, merupakan tahap pemilahan atau pembagian bumi menjadi 2 bagian yaitu material berat dan material ringan. Material yang berat akan tenggelam menuju pusat bumi, sedangkan material yang lebih ringan akan bergerak ke permukaan.
  3. Proses zonafikasi, yaitu tahap ketika bumi terbagi menjadi beberapa zona atau lapisan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Deskripsikan secara singkat proses pembentukan bumi!

Pembahasan Soal:

Bumi dan seluruh planet pada sistem tata surya yang kita kenal saat ini terbentuk miliaran tahun lalu dari gumpalan kabut, debu, dan gas yang berputar dengan kecepatan tinggi, semakin cepat perputaran maka material kabut, debu, dan gas semakin memadat sehingga menjadi sebuah bulatan batuan, dengan atmosfer dan lautan yang dapat menyokong kehidupan di Bumi. Perputaran tersebut terjadi karena adanya energi besar yang disebut ledakan supernova hasil tabrakan antara dua bintang.

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Bumi terbentuk dari perputaran masif dari material kabut, debu, dan gas yang kemudian memadat.

Roboguru

Jelaskan sejarah perkembangan bumi menurut teori Ed Suess

Pembahasan Soal:

Eduard Suess (20 Agustus 1831 - 26 April 1914) adalah seorang ahli geologi dan geografi dari Austria. Dia dikenal dengan hipotesis tentang proses pembentukan bumi, terutama tentang teori adanya benua raksasa (superkontinen) yang dinamai Gondwanaland atau Gondwana, dan samudera yang membatasinya yang disebut Samudra Tethys.

Eduard Suess menyatakan pada tahun 1885 bahwa pada masa lalau terdapat benua Gondwanaland di belahan bumi selatan, yang merupakan penggabungan wilayah yang saat ini masuk benua Antartika, Amerika selatan, Afrika, India, Arabia, dan Australia (termasuk pulau Papua).

Benua ini mulai terpecah pada Zaman Kapur (150-140 juta tahun yang lalu), ketika daratan penyusun Gondwanaland terpisah menjadi beberapa benua dan daratan yang lebih kecil (Afrika, Amerika Selatan, India, Antartika, dan Australia).

Roboguru

Apa nama teori yang dikemukakan oleh Descartes tentang perkembangan benua di bumi? Bagaimana teori tersebut menjelaskan perkembangan benua di bumi?

Pembahasan Soal:

Teori yang dicetuskan Descartes dikenal dengan nama teori Kontraksi. Menurutnya bumi menyusut (mengerut) karena faktor pendinginan, kemudian terjadi pegunungan dan lembah. Teori tersebut kemudian dilanjutkan oleh Suess. Sebenarnya teori tersebut merupakan perbaikan dari teori Wegener. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved