Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar daur hidup Coelenterata di bawah ini! Fase reproduksi generatif pada kelompok hewan Coelenterata dilakukan oleh struktur nomor ...

Perhatikan gambar daur hidup Coelenterata di bawah ini!

Fase reproduksi generatif pada kelompok hewan Coelenterata dilakukan oleh struktur nomor ...

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Hewan Coelenterata memiliki daur hidup dengan reproduksi aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual terjadi melalui pembentukan tunas atau kuncup (fase nomor 5). Kuncup yang terbentuk pada polip akan dilepaskan dan tumbuh menjadi individu baru di tempat lain dan tumbuh dewasa menjadi medusa (fase nomor 1). Sementara itu, reproduksi seksual atau generatif terjadi melalui peleburan ovum dan sperma menjadi zigot (fase nomor 2), kemudian menjadi blastula (fase nomor 3) yang akan membentuk larva bersilia yang disebut planula (fase nomor 4). Larva tersebut akan berenang dalam air, kemudian melekat di tempat yang cocok untuk membentuk polip. Fase generatif adalah fase yang dapat menghasilkan sel ovum atau sel sperma yaitu fase medusa ( nomor 1).

Hewan Coelenterata memiliki daur hidup dengan reproduksi aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual terjadi melalui pembentukan tunas atau kuncup (fase nomor 5). Kuncup yang terbentuk pada polip akan dilepaskan dan tumbuh menjadi individu baru di tempat lain dan tumbuh dewasa menjadi medusa (fase nomor 1). Sementara itu, reproduksi seksual atau generatif terjadi melalui peleburan ovum dan sperma menjadi zigot (fase nomor 2), kemudian menjadi blastula (fase nomor 3) yang akan membentuk larva bersilia yang disebut planula (fase nomor 4). Larva tersebut akan berenang dalam air, kemudian melekat di tempat yang cocok untuk membentuk polip. Fase generatif adalah fase yang dapat menghasilkan sel ovum atau sel sperma yaitu fase medusa (nomor 1).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Adelyntang Kusuma

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bentuk yang terdapat pada siklus hidup Obelia sp. yang dapat melakukan reproduksi dengan tunas adalah ....

7

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia