Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut. Tuliskan dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara tersebut.

Perhatikan gambar berikut.

Tuliskan dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara tersebut.space 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pencemaran udara adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke udara atau berubahnya komposisi udara oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga kualitas udara menurun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu contoh gas pencemar udara yaitu karbon monoksida. Karbon monoksida merupakan gas yang dihasilkan dari sisa pembakaran pada kendaraan bermotor. Dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara akibat karbon monoksida yaitu : Pemanasan global.Karbon monoksida yang teroksidasi menjadi karbon dioksidaberperan dalam pemanasan global. Gas pencemar udara menyebabkan efek rumah kacayang menyebabkan peningkatan suhu bumi. Penurunan kualitas udara yang dapat mengganggu kesehatan manusia, misalnya iritasi mata, hidung, dan terhambatnya pasokan oksigen ke otak. Perubahan siklus hidup hewan dan tumbuhan. Perubahan warna kehitaman pada daerah yang terpapar karbon monoksida. Jika karbon monoksida teroksidasi menjadi karbon dioksida maka dapat menimbulkan hujan asam yang bersifat korosif.

Pencemaran udara adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke udara atau berubahnya komposisi udara oleh kegiatan  manusia atau proses alam sehingga kualitas udara menurun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu contoh gas pencemar udara yaitu karbon monoksida. Karbon monoksida merupakan gas yang dihasilkan dari sisa pembakaran pada kendaraan bermotor. Dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara akibat karbon monoksida yaitu :

  1. Pemanasan global. Karbon monoksida yang teroksidasi menjadi karbon dioksida berperan dalam pemanasan global. Gas pencemar udara menyebabkan efek rumah kaca yang menyebabkan peningkatan suhu bumi.
  2. Penurunan kualitas udara yang dapat mengganggu kesehatan manusia, misalnya iritasi mata, hidung, dan terhambatnya pasokan oksigen ke otak.
  3. Perubahan siklus hidup hewan dan tumbuhan.
  4. Perubahan warna kehitaman pada daerah yang terpapar karbon monoksida. 
  5. Jika karbon monoksida teroksidasi menjadi karbon dioksida maka dapat menimbulkan hujan asam yang bersifat korosif.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

22

Kanesya Syafakilla

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu jenis polutan udara yang dapat berikatan dengan hemoglobin dalam darah sehingga mengurangi kemampuan darah mengikat/ membawa oksigen adalah ....

389

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia