Roboguru
SD

Perhatikan gambar berikut! Siti dan Beni mempelajari tentang tanaman. Menurut Beni berdasarkan gambar paprika tersebut, kedua paprika berbeda jenis karena berbeda warna. Sedangkan menurut Siti kedua paprika tersebut jenisnya sama, paprika merah berwarna merah karena berumur lebih tua dan sudah matang. Menurut kamu, pendapat Siti atau Beni yang benar? Coba uraikan cara yang dapat kamu lakukan untuk membuktikan pendapat yang menurutmu benar!

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Siti dan Beni mempelajari tentang tanaman. Menurut Beni berdasarkan gambar paprika tersebut, kedua paprika berbeda jenis karena berbeda warna. Sedangkan menurut Siti kedua paprika tersebut jenisnya sama, paprika merah berwarna merah karena berumur lebih tua dan sudah matang. Menurut kamu, pendapat Siti atau Beni yang benar? Coba uraikan cara yang dapat kamu lakukan untuk membuktikan pendapat yang menurutmu benar! 

N. Ahmad

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Paprika adalah buah dengan nama ilmiah Capsicum annuum L. Saat buahnya pertama kali berkembang, buah paprika memiliki warna hijau, yang bergradasi dari hijau muda hingga tua. Warna hijau ini disebabkan karena banyaknya kandungan pigmen pirol (klorofil). Saat buah mengalami proses pematangan, kandungan klorofilnya banyak digantikan oleh pigmen lain seperti terpenoid (karotenoid). Akibatnya, semakin matang buahnya, warnanya akan berubah dari hijau, menjadi kuning, jingga, dan kemudian merah. Paprika dengan warna merah adalah buah yang paling matang sehingga terasa lebih manis, karena kandungan gulanya yang relatif lebih tinggi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka disimpulkan bahwa Siti mempunyai pendapat yang benar. Paprika warna merah berwarna merah karena berumur lebih tua dan sudah matang.undefined 

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang merupakan contoh tumbuhan dikotil adalah ....

674

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia