Roboguru

Perhatikan gambar berikut!   Seorang siswa yang lulus ujian kemudian direkrut di perusahaan dan menduduki salah satu jabatan. Mobilitas sosial apakah yang terjadi pada siswa tersebut ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

 

Seorang siswa yang lulus ujian kemudian direkrut di perusahaan dan menduduki salah satu jabatan. Mobilitas sosial apakah yang terjadi pada siswa tersebut .... space

  1. mobilitas sosial horizontal space

  2. mobilitas sosial vertikal space

  3. mobilitas sosial intergenerasi space

  4. mobilitas sosial antargenerasi space

  5. mobilitas sosial intragenerasi space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan mobilitas sosial dan poin yang ditanyakan adalah bentuk mobilitas sosial.

Mobilitas sosial merupakan perpindahan kedudukan atau status seseorang dari satu kelompok status ke kelompok yang lain di masyarakat yang dapat secara naik, turun, atau sejajar. Mobilitas sosial dibedakn menjadi beberapa macam di antaranya:

  1. Vertikal. Perpindahan kedudukan seseorang dalam posisi yang tidak sejajar. Apabila seseorang melakukan perpindahan dari status yang rendah ke status yang lebih tinggi maka ia melakukan mobilitas vertikal naik (social climbing). Sedangkan apabila seseorang berpindah statusnya dari status tinggi ke kedudukan yang lebih rendah disebut dengan mobilitas vertikal turun (social sinking).
  2. Horizontal. Perpindahan status dalam posisi yang sejajar. Misalnya: karyawan di kota A dipindah tugaskan ke kantor cabang kota B.
  3. Antar generasi. Perpindahan status dalam satu generasi atau lebih. Apabila perpindahan status sosial yang terjadi diantara beberapa generasi maka disebut dengan mobilitas intergenerasi, sedangkan perpindahan status sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama disebut dengan mobilitas intragenerasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B vertikal naik (social climbing). space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ciri-ciri dari mobilitas vertikal, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan mobilitas sosial, dan poin yang ditanyakan dalam soal adalah ciri dari mobilitas sosial vertikal.

Mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan status atau kedudukan individu dari satu posisi/lapisan sosial ke lapisan sosial yang lain. Mobilitas secara umum dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Mobilitas vertikal. Perpindahan status atau kedudukan seseorang dalam posisi yang tidak sederajat. Apabila seseorang melakukan perpindahan dari kedudukan yang rendah ke kedudukan yang lebih tinggi maka ia melakukan mobilitas vertikal naik (social climbing). Mobilitas sosial vertikal naik biasanya terjadi pada masyarakat yang terbuka. Sedangkan apabila seseorang melakukan perpindahan dari posisi yang tinggi ke posisi yang lebih rendah maka ia melakukan mobilitas vertikal turun (social sinking).
  2. Mobilitas horizontal. Perpindahan kedudukan atau posisi seseorang dalam lapisan yang sederajat. Contoh; seorang guru sosiologi berpindah mengajar dari SMA 1 ke SMA 2 di kota Solo.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pilihan jawaban A dan D kurang tepat, karena merupakan ciri dari mobilitas sosial vertikal naik.

Pilihan jawaban B kurang tepat, karena merupakan ciri dari diferensiasi sosial.

Pilihan jawaban E kurang tepat, karena merupakan sifat dari stratifikasi sosial terbuka. space

0

Roboguru

Bagan perjalanan hidup seseorang : Pegawai biasa =>  Kepala Bagian => Pensiun Individu pada bagan tersebut mengalami mobilitas sosial ...

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial vertikal adalah peralihan individu dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat sehingga menyebabkan terjadinya perubahan status sosial.Mobilitas ini terbagi menjadi mobilitas vertikal ke atas (social climbing) dan mobilitas vertikal ke bawah (social sinking). Mobilitas ini juga dapat terjadi secara intergenerasi dan intragenerasi. Jika dilihat dari bagan tersebut, maka terjadi mobilitas vertikal naik karena adanya perubahan status dari pegawai biasa menjadi kepala bagian dan selanjutnya pensiun.

Jadi jawaban yang paling tepat adalah Cspace space 

0

Roboguru

Seseorang pindah dari desa ke kota dan bekerja sebagai penjual bakso keliling. Karena ketekunan dan keuletan akhirnya menjadi pengusaha bakso dengan memiliki banyak anak buah. Contoh tersebut merupaka...

Pembahasan Soal:

Dari ilustrasi soal di atas, jelas bahwa mobilitas yang dialami individu tersebut adalah mobilitas vertikal naik. Di mana individu mengalami kenaikan status sosial (social climbing) karena usaha yang dilakukan oleh dirinya. Seseorang yang mengalami status sosial vertikal naik cenderung akan mengalami peningkatan taraf hidup baik secara ekonomi maupun prestise di masyarakat.

0

Roboguru

Perubahan jabatan atau kedudukan dari guru menjadi kepala sekolah termasuk ke dalam bentuk mobilitas sosial ....

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial vertikal adalah perubahan sosial yang terjadi secara vertikal atau bertingkat, dari kedudukan atas ke bawah atau sebaliknya. Mobilitas sosial vertikal ditentukan oleh sesuatu yang dihargai oleh masyarakat, seperti tingkat kekayaan, pendidikan, keahlian, maupun jabatan. Mobilitas sosial vertikal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu social climbing dan social sinking. Social climbing adalah mobilitas yang terjadi karena adanya peningkatan status atau kedudukan seseorang. Ilustrasi pada soal merupakan contoh mobilitas vertikal ke atas (climbing) karena terjadi peningkatan status atau kenaikan jabatan. Maka, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Abu sudah 6 tahun menduduki jabatan penting di perusahaan tempat ia bekerja. Sikap dan perilakunya sehari-hari menjadi disiplin, tegas, percaya diri dan selalu ramah pada semua orang. Namun setelah po...

Pembahasan Soal:

Salah satu dampak negatif dari mobilitas sosial adalah timbulnya gangguan psikologis. Mobilitas sosial juga berdampak negatif pada kondisi psikologis seseorang antara lain sebagai berikut:

  • Timbulnya ketakutan, kegelisahan, atau kecemasan pada seseorang yang mengalami mobolitas menurun.
  • Timbulnya gangguan psikologis apabila seseorang turu dari jabatannya yang disebut dengan post power syndrome.
  • Timbulnya prustasi atau putus asa dan malu bagi orang-orang yang ingin naik kelapisan atas, namun tidak dapat mencapainya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved