Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Salah satu bukti adanya pergerakan lempeng bumi, seperti yang ditunjukkan pada gambar adalah....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Salah satu bukti adanya pergerakan lempeng bumi, seperti yang ditunjukkan pada gambar adalah....

  1. Terbentuknya Pegunungan Himalaya di India

  2. Terbentuknya sistem patahan di Bukit Barisan di Pulau Sumatera

  3. Pulau Madagaskar menjauhi Afrika Selatan

  4. Terbentuknya pematang tengah samudera di Atlantik

  5. Terbentuknya lembah retak besar di Afrika Timur

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Peristiwa pada gambar adalah pertemuan atau konvergensi antarlempeng benua. Tumbukan antarlempeng benua tersebut menyebabkan salah satu lempeng akan menunjam ke bawah serta lempeng lainnya akan terangkat ke atas sehingga membentuk pegunungan.

Adapun pada bagian penunjaman lempeng benua, terdapat pula lempeng samudra purba yang mana akibat tumbukan, maka posisinya menjadi di bawah lempeng benua. 

Oleh karena fenomena tersebut berfokus pada peristiwa konvergensi antarlempeng benua yang mana salah satunya berdampak pada perubahan permukaan bumi, yaitu memunculkan daerah pegunungan atau dataran tinggi, maka jawaban yang paling tepat adalah terbentuknya Pegunungan Himalaya di India.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pegunungan lipatan yang terbentuk seperti pada gambar merupakan bukti dari batas pergerakan lempeng ....

Pembahasan Soal:

Gerakan konvergen adalah ketika lempeng tektonik bergerak saling mendekati hingga bertumbukan. Peristiwa pada gambar menunjukkan gerak konvergen antara dua lempeng benua, yang menyebabkan lempeng tektonik terangkat dan membentuk pegunungan tinggi.    space space

0

Roboguru

Pergerakan lempeng antara lempeng benua dan Samudra yang saling bertumbukan menghasilkan suatu zona. Zona tersebut disebut dengan …

Pembahasan Soal:

Zona subduksi atau zona penunjaman adalah wilayah yang pertemuan lempeng benua dengan lempeng samudra. Lempeng samudra bergerak menunjam ke bawah lempeng benua sehingga lempeng benua terangkat dan menghasilkan rangkaian pegunungan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Gerakan tektonik lempeng yang berpotensi menimbulkan gempa bumi di pantai barat Sumatera adalah gerakan yang bersifat .....

Pembahasan Soal:

Gerakan tektonik lempeng yang berpotensi menimbulkan gempa bumi di pantai barat Sumatera adalah gerakan yang bersifat konvergen.

Pantai barat Sumatera termasuk kawasan rawan gempa bumi disebabkan letaknya yang secara tektonik berada berdekatan dengan zona subduksi (subduction zone), yaitu zona pertemuan/perbatasan antara 2 lempeng tektonik berupa penunjaman lempeng India-Australia ke bawah lempeng Eurasia. Pergerakan lempeng-lempeng ini akan menyebabkan gempa yang tak jarang berkekuatan besar.

0

Roboguru

Tipe gerakan lempeng di bawah termasuk.....

Pembahasan Soal:

Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehinggga menimbulkan tumbukan. Oleh sebab itu, salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah bagian lempeng lainnya. Apabila lempeng samudra menabrak lempeng benua, maka lempeng samudera akan melengkung masuk ke bawah lempeng benua.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pernyataan : (1)Greenland menjauhi daratan Eropa mendekati Amerika (2)Madagaskar menjauhi daratan Afrika (3)Australia mendekati kepulauan Indonesia (4)lembah Kongo di Afrika, semakin dalam (5)ter...

Pembahasan Soal:

Pergerakan Lempeng dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • Divergen. Pada lempeng samudra, proses ini menyebabkan pemekaran dasar laut (seafloor spreading). Sedangkan pada lempeng benua, proses ini menyebabkan terbentuknya lembah retakan (rift valley) akibat adanya celah antara kedua lempeng yang saling menjauh tersebut.Pematang Tengah-Atlantik (Mid-Atlantic Ridge) adalah salah satu contoh divergensi yang paling terkenal, membujur dari utara ke selatan di sepanjang Samudra Atlantik, membatasi Benua Eropa dan Afrika dengan Benua Amerika.
  • Konvergen. Wilayah dimana suatu lempeng samudra terdorong ke bawah lempeng benua atau lempeng samudra lain disebut dengan zona tunjaman (subduction zones). Di zona tunjaman inilah sering terjadi gempa. Pematang gunung-api (volcanic ridges) dan parit samudra (oceanic trenches) juga terbentuk di wilayah ini.
  • Transform.Terjadi bila dua lempeng tektonik bergerak saling menggelangsar (slide each other), yaitu bergerak sejajar namun berlawanan arah. Keduanya tidak saling memberai maupun saling menumpu. Batas transform ini juga dikenal sebagai sesar ubahan-bentuk (transform fault).

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka bukti dari pergerakan lempeng tektonik adalah 1. Greenland menjauhi daratan Eropa mendekati Amerika, 2. Madgaskar manjauhi daratan Afrika dn 3. Australia mendekati kepulauan Indonesia. Sedangkan untuk lembah Kongo di Afrika yang semakin dalam dan terjadinya pengangkatan di pulau Kalimantan adalah proses gerak konvergen.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved