Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut. Pengukuran laju pertumbuhan daun kacang merah diukur sehingga menghasilkan grafik dengan kurva berbentuk S (sigmoid). Berdasarkan kurva tersebut, jawablah pertanyaan berikut. Jelaskan perbedaan antara fase pertumbuhan daun kacang merah.

Perhatikan gambar berikut.

Pengukuran laju pertumbuhan daun kacang merah diukur sehingga menghasilkan grafik dengan kurva berbentuk S (sigmoid). Berdasarkan kurva tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan perbedaan antara fase pertumbuhan daun kacang merah. 

 

  1. . . . .undefined 

  2. . . . .undefined 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berdasarkan kurva sigmoid pada gambar di atas, ada dua fase pertumbuhan daun kacang merah yang teramati: Fase awal pertumbuhan. Fase awal pertumbuhan memiliki laju yang lambat, ditandai dengan belum bertambahnya panjang daun kacang merah pada hari pertama dan kedua pertumbuhan. Fase vegetatif. Fase vegetatif memiliki laju yang berangsur-angsur lebih cepat. Pada fase ini laju pertumbuhan akan meningkat hingga mencapai titik maksimum. Fase ini dapat diamati pada hari ketiga hingga hari kedua belas pertumbuhan. Setelah fase vegetatif berakhir, tumbuhan akan memasuki fase senesen, yaitu ketika laju pertumbuhan menurun. Akan tetapi, fase tersebut tidak teramati dalam kurva sigmoid pertumbuhan kacang merah di atas. Jadi, fase-fase yang teramati pada kurva sigmoid pertumbuhan kacang merah di atas adalah fase awal pertumbuhan (hari ke-0 hingga ke-2) dan fase vegetatif (hari ke-3 hingga hari ke-12).

Berdasarkan kurva sigmoid pada gambar di atas, ada dua fase pertumbuhan daun kacang merah yang teramati:

  1. Fase awal pertumbuhan. Fase awal pertumbuhan memiliki laju yang lambat, ditandai dengan belum bertambahnya panjang daun kacang merah pada hari pertama dan kedua  pertumbuhan.
  2. Fase vegetatif. Fase vegetatif memiliki laju yang berangsur-angsur lebih cepat. Pada fase ini laju pertumbuhan akan meningkat hingga mencapai titik maksimum. Fase ini dapat diamati pada hari ketiga hingga hari kedua belas pertumbuhan.

Setelah fase vegetatif berakhir, tumbuhan akan memasuki fase senesen, yaitu ketika laju pertumbuhan menurun. Akan tetapi, fase tersebut tidak teramati dalam kurva sigmoid pertumbuhan kacang merah di atas.

Jadi, fase-fase yang teramati pada kurva sigmoid pertumbuhan kacang merah di atas adalah fase awal pertumbuhan (hari ke-0 hingga ke-2) dan fase vegetatif (hari ke-3 hingga hari ke-12).
 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Angela Ella

Bantu banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika kita mengamati percobaan pertumbuhan daun, pada fase apakah pertambahan ukuran berlangsung secara konstan?

11

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia