Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Organel sel yang berperan dalam pembentukan bagian Y adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Organel sel yang berperan dalam pembentukan bagian Y adalah .... 

  1. retikulum endoplasma 

  2. kompleks Golgi 

  3. badan mikro 

  4. mitokondria 

  5. lisosom 

Pembahasan Soal:

Perhatikan struktur sperma berikut ini!

Berdasarkan gambar di atas, diketahui bahwa bagian Y merupakan bagian dari kepala spermatozoa yaitu bagian akrosom yang merupakan selaput sperma yang berfungsi melindungi serta mengeluarkan enzim agar sperma dapat menembus dan membuahi ovum. Akrosom merupakan derivat atau hasil modifikasi dari kompleks Golgi yang terbentuk pada tahap awal spermiogenesis, utamanya terjadi pada fase spermatid. Akrosom ini terdiri dari enzim-enzim protease, di antaranya proakrosin, hyaluronidase, dan phospholipase, yang berperan untuk mencerna membran ovum, sehingga memudahkan spermatozoa untuk melakukan penetrasi. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beberapa ciri organel adalah sebagai berikut. Mengandung ribosom. Membentuk jaringan epitel. Modifikasi protein yang dibentuk dengan penambahan gugus oligosakarida. Alat ekskresi. Alat respiras...

Pembahasan Soal:

Badan golgi biasanya ada di pinggir sel deket membran sel, berbentuk mirip kantung (lumen) atau cakram pipih disebut sistema. Badan golgi memiliki fungsi tempat memodifikasi bahan yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma dan menyalurkan ke organel - organel yang membutuhkan. Badan golgi akan memodifikasi protein yang dibentuk dengan penambahan gugus oligosakarida. Sementara itu, kantung badan golgi dapat lepas untuk membentuk kantung-kantung kecil (vesikel), terdiri atas vesikel transfer (untuk mentransfer protein dari badan golgi ke lisosom) dan vesikel sekretoris ( melepaskan molekul lain seperti racun atau produk sampingan beracun dari metabolisme sel ).

Jadi, ciri dari badan golgi yang sesuai adalah modifikasi protein yang dibentuk dengan penambahan gugus oligosakarida dan penghasil sistem kekebalan sel yang ada dalam vesikel.  

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! 1) Menetralkan racun. 2) Membentuk membran plasma. 3) Tempat sintesis polisakarida. 4) Membentuk vesikula sekresi. 5) Menyintesis lemak. Fungsi organel yang ...

Pembahasan Soal:

Organel yang ditunjuk pada gambar adalah badan golgi. Badan golgi adalah organel sistem endomembran berupa kantong membran berbentuk pipih bertumpuk yang memiliki beberapa fungsi, diantaranya membentuk membran plasma; tempat sintesis polisakarida; serta membentuk vesikula sekresi untuk mengirim zat yang akan dikeluarkan dari sel.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut!      Organel sel yang berperan dalam pembentukan bagian Y adalah ....

Pembahasan Soal:

Bagian Y pada gambar sperma di atas adalah akrosom. Akrosom terdiri dari enzim-enzim protease, di antaranya proakrosin, hyaluronidase, dan phospholipase. Enzim akrosom merupakan enzim penetrasi yang memungkinkan spermatozoa dapat menembus zona pelusida dan membuahi oosit. Enzim akrosom ini dibentuk pada tahap awal spermiogenesis oleh kompleks golgi yang terbentuk, karena salah satu fungsinya adalah untuk membentuk hormon dan enzim. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B 

0

Roboguru

Jelaskan hubungan antara organel badan Golgi dan retikulum endoplasma!

Pembahasan Soal:

Badan golgi merupakan organel sel yang berbentuk tumpukan kantung pipih dengan bagian ujungnya yang menggelembung. Sedangkan, retikulum endoplasma (RE) adalah organel sel berbentuk jaring kompleks (berlipat-lipat) yang saling berhubungan dalam sitoplasma. Kedua organel ini termasuk kedalam satu kesatuan sistem yang terdiri dari organel-organel bermembran dengan struktur dan fungsi yang berbeda dan memiliki hubungan dalam mekanisme kerjanya, disebut sebagai Sistem Membran.

RE dan Badan Golgi mempunyai hubungan yang erat dalam sekresi protein sel. RE memiliki fungsi menampung dan menyalurkan protein ke badan golgi, kemudian badan golgi akan mereaksikan protein tersebut dengan glioksilat sehingga terbentuk glikoprotein untuk dibawa ke luar sel.  

0

Roboguru

Menurut pendapat kalian gambar diatas termasuk sel hewan atau sel tumbuhan? Sebutkan organel dan fungsinya yang ada pada gambar nomor 3!

Pembahasan Soal:

Gambar diatas adalah sel hewan. Organel yang ditunjukkan pada nomor 3 yaitu badan golgi. Badan Golgi terdiri atas struktur seperti kantong yang halus, pipih, bermembran (berdinding ganda) yang disebut sisterna. Sisterna biasanya saling bertumpuk satu sama lain dalam garis paralel. Aparatus Golgi dikelilingi oleh vesikula (gelembung) yang lepas dari sisterna. Badan Golgi berperan sebagai organel sekresi sel, membungkus bahan-bahan hasil sintesis dalam sel dan mengangkutnya keluar sel. Badan Golgi terlibat dalam pembentukan lisosom dan peroksisom serta pembentukan akrosom pada sperma. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved