Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Menurut sistem klasifikasi empat kingdom, organisme tersebut termasuk ke dalam kingdom ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut.

Menurut sistem klasifikasi empat kingdom, organisme tersebut termasuk ke dalam kingdom ....space space

  1. Animaliaspace space

  2. Fungispace space

  3. Moneraspace spacespace space

  4. Plantaespace space

  5. Protista space space​​space space

Pembahasan Soal:

Sistem empat kingdom dikemukakan oleh Herbert Copeland. Keempat kingdom tersebut adalah Monera, Protista, Plantae, dan Animalia. Untuk jamur sendiri, karena belum disendirikan menjadi kingdom Fungi, maka dalam sistem 4 kingdom ini masih masuk pada kingdom Plantae (tumbuhan). Kingdom Plantae terdiri atas jamur, lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji.

Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah D.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa perbedaan sistem klasifikasi tiga kingdom dan empat kingdom?

Pembahasan Soal:

Sistem pengklasifikasian organisme selalu berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Beberapa sistem klasifikasi organisme yang telah dikembangkan hingga saat ini oleh para ahli taksonomi adalah sistem klasifikasi dua kingdom, tiga kingdom, empat kingdom, dan lima kingdom. Adapun perbedaan dari sistem klasifikasi tiga kingdom dan empat kingdom diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem klasifikasi tiga kingdom dikemukakan oleh Ernst Haeckel, sedangkan sistem klasifikasi empat kingdom diperkenalkan oleh Herbert Copeland.
  • Sistem tiga kingdom ditandai dengan munculnya kelompok organisme yang tidak tergolong tumbuhan atau hewan, sedangkan sistem empat kingdom muncul setelah ditemukannya mikroskop elektron.
  • Sistem tiga kingdom terbagi menjadi kingdom Protista, Plantae, dan Animalia, sedangkan sistem empat kingdom terbagi menjadi kingdom Monera, Protista, Plantae, dan Animalia.space space 

 

0

Roboguru

Dasar yang digunakan dalam pengelompokan Bacteria dan archaebacteria sehingga dimasukan dalam kingdom baru pada sistem klasifikasi 4 kingdom adalah….

Pembahasan Soal:

Bacteria dan archaebacteria awalnya dikelompokkan ke dalam kingdom protista, salah satunya karena uniseluler dan mikroskopis, namun ternyata kedua kelompok ini memiliki perbedaan dengan kingdom protista. Bacteria dan archaebacteria tidak memiliki membran inti sel atau prokariotik sehingga pada sistem klasifikasi 4 kingdom yang digagas oleh Herbert Copeland, keduanya dimasukan dalam kingdom monera yang menampung semua organisme prokariotik. Jadi opsi jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Kingdom yang diajukan oleh Herbert Copeland yang awalnya diberi nama Kingdom Mychota adalah….

Pembahasan Soal:

Herbert Copeland mengajukan kingdom baru yaitu Kingdom Monera. Dahulu, kingdom Monera awalnya diberi nama Kingdom Mychota.  Ciri utama dari kingdom ini adalah tidak memiliki membran inti. Anggota dari kingdom Monera yaitu bakteri, Archaebacteria (bakteri purba), dan Cyanobacteria (alga hijau biru). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Jelaskan mengapa pada sistem klasifikasi yang diusulkan oleh Herbert F. Copeland, bakteri tidak dapat dimasukkan dalam tiga kingdom lain?

Pembahasan Soal:

Klasifikasi yang diusulkan oleh Herbert F. Copeland adalah 4 kingdom yakni Kingdom Animalia (hewan), Plantae (Tumbuhan), Protista (organisme bersel satu dan multiseluler sederhana), dan Monera (organisme mikroskopis tanpa membran inti sel). Bakteri tidak bisa dimasukkan dalam pengklasifikasian 3 kingdom lainnya karena bukanlah organisme eukariotik atau belum memiliki membran inti sel. Sedangkan anggota Protista, Plantae dan Animalia sudah eukariotik sederhana.space space

0

Roboguru

4 kingdom yang digagas oleh Herbert Copeland adalah….

Pembahasan Soal:

Herbert Copeland mengemukakan sistem klasifikasi 4 kingdom. 4 kingdom menurut copeland adalah Monera yang berisi bakteri dan alga biru-hijau, Kingdom Protoctista, Kingdom Animalia dan yang terakhir kingdom Plantae. Copeland mengelompokkan segala macam makhluk hidup yang tidak mirip hewan, tumbuhan, maupun bakteri ke dalam kingdom protoctista, termasuk jamur atau fungi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved