Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Kulit merupakan salah satu alat ekskresi pada manusia yang terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis dan hipodermis/subkutan. Tentukan 5 lapisan yang terdapat pada epidermis!

Perhatikan gambar berikut! 

Kulit merupakan salah satu alat ekskresi pada manusia yang terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis dan hipodermis/subkutan. Tentukan 5 lapisan yang terdapat pada epidermis! 

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

5 lapisan yang terdapat pada epidermis diantaranya stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, stratum spinosum, stratum basale.

  5 lapisan yang terdapat pada epidermis diantaranya stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, stratum spinosum, stratum basale.

Pembahasan

Struktur anatomi kulit manusia yang pertama adalah epidermis . Lapisan epidermis tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan nutrisi dan pembuangan diperoleh dari lapisan yang lebih dalam, yaitu dermis. Epidermis sendiri terdiri dari beberapa lapisan sel yang disebut stratum, yaitu: Stratum korneum ; Lapisan ini terdiri dari sel tanduk keras yang terbentuk dari keratin. Lapisan terluar kulit ini berfungsi untuk menyerap air dan melindungi lapisan kulit yang lebih dalam. Stratum lusidum ; Merupakan lapisan tipis yang hanya terdapat pada kulit tebal di telapak tangan dan kaki. Lapisan ini berfungsi meredam gesekan antara lapisan epidermis. Stratrum granulosum ; Merupakan lapisan ketiga dari epidermis, yang berfungsi untuk membentuk sel-sel pelindung kulit. Stratum spinosum ; Merupakan bagian epidermis yang berperan dalam menciptakan keratin, yaitu bahan pembentukan sel kulit, rambut, dan kuku. Stratum basale ; Merupakan lapisan terdalam di epidermis yang aktif membentuk sel kulit. Pada lapisan ini terdapat melanosit, yaitu sel pembentuk warna kulit (pigmen) yang berfungsi melindungi kulit dari radiasi Dengan demikian,5 lapisan yang terdapat pada epidermis diantaranya stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, stratum spinosum, stratum basale.

Struktur anatomi kulit manusia yang pertama adalah epidermis. Lapisan epidermis tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan nutrisi dan pembuangan diperoleh dari lapisan yang lebih dalam, yaitu dermis. Epidermis sendiri terdiri dari beberapa lapisan sel yang disebut stratum, yaitu:

  1. Stratum korneum; Lapisan ini terdiri dari sel tanduk keras yang terbentuk dari keratin. Lapisan terluar kulit ini berfungsi untuk menyerap air dan melindungi lapisan kulit yang lebih dalam.
  2. Stratum lusidum; Merupakan lapisan tipis yang hanya terdapat pada kulit tebal di telapak tangan dan kaki. Lapisan ini berfungsi meredam gesekan antara lapisan epidermis.
  3. Stratrum granulosum; Merupakan lapisan ketiga dari epidermis, yang berfungsi untuk membentuk sel-sel pelindung kulit.
  4. Stratum spinosum; Merupakan bagian epidermis yang berperan dalam menciptakan keratin, yaitu bahan pembentukan sel kulit, rambut, dan kuku.
  5. Stratum basale; Merupakan lapisan terdalam di epidermis yang aktif membentuk sel kulit. Pada lapisan ini terdapat melanosit, yaitu sel pembentuk warna kulit (pigmen) yang berfungsi melindungi kulit dari radiasi

Dengan demikian,  5 lapisan yang terdapat pada epidermis diantaranya stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, stratum spinosum, stratum basale.

74

4.6 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagian kulit yang mengandung zat tanduk sehingga sewaktu-waktu mengelupasadalah ....

334

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia