Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Keterangan : 1. Kelas atas 2. Kelas menengah 3. Kelas bawah Dari stratifikasi tersebut yang menempati posisi kelas atas adalah...

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Keterangan :

1. Kelas atas

2. Kelas menengah

3. Kelas bawah

Dari stratifikasi tersebut yang menempati posisi kelas atas adalah...

  1. pemilik modal

  2. pengguna jasa

  3. penggarap tanah

  4. pedagang retail

  5. penyewa lahan

Pembahasan Soal:

Bagan piramida ini menunjukkan bagaimana stratifikasi sosial berdasarkan tingkat ekonomi atau biasa disebut capital. Pada sistem stratifikasi ini yang menempati kelas atas adalah para pemilik modal. Para pemilik modal ini membawahi kelas ekonomi menengah dan kelas ekonomi bawah yang biasanya diisi oleh buruh dan karyawan berupah murah.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam masyarakat agraris, petani penggarap ditempatkan pada tingkatan yang lebih rendah dibandingkan pemilik tanah. Hubungan antara status sosial ekonomi seseorang pada masyarakat tersebut dengan dera...

Pembahasan Soal:

Hal tersebut merupakan bentuk stratifikasi di masyarakat pertanian Jawa, dasar pembentukan stratifikasi adalah pada kepemilikan sawah dan lahan pertnaian lainnya. Stratifikasi tersebut berlaku dalam masyarakat petani di Jawa dimana posisi kelas atas adalah Petani pemilik atau disebut Kuli Kenceng yaitu petani yang memiliki lahan tanah atau sawah yang banyak.
Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:
  • Kepemilikan peralatan teknologi pertanian tidak tepat karena ada ilustasi pemilik tanah dan penggarap sawah
  • Tingkat pendidikan yang dicapai anaknya tidak tepat karena berbeda konteks
  • Kepemilikan alat pertanian dan lahan pertanian lainnya tidak tepat karena hanya menekankan pada kepemilikan lahan
  • Besarnya pendapatan yang diperoleh diluar pertanian tidak tepat karena jauh dari ilustrasi soal.

0

Roboguru

Gambar stratifikasi sosial masyarakat ekonomi! Terbentuknya stratifikasi sosial seperti pada gambar tersebut terjadi karena ….

Pembahasan Soal:

Adanya sistem kelas sosial di masyarakat yang hierarkis seperti stratifikasi sosial berdasarkan kepemilikan harta benda menunjukkan perhatian masyarakat yang besar pada nilai material. Di mana kelompok yang berada di upper class lebih dihormati, memiliki prestise dan previlage yang berbeda dengan kelas sosial lain di bawahnya. Mudah saja untuk melihat contohnya. Misalnya, beberapa akses wisata mewah dan mahal di kota besar hanya bisa dikunjungi oleh orang-orang dari kalangan upper class atau middle class yang memang memiliki uang lebih. Sedangkan orang-orang dari lower class atau kelas terendah pada sistem stratifikasi kelas masyarakat perkotaan tidak dapat menjangkau akses wisata tersebut karena harga tiketnya yang terlampau mahal.

0

Roboguru

Beberapa faktor yang menyebabkan stratifikasi sosial yaitu...

Pembahasan Soal:

Faktor Penyebab Stratifikasi Sosial di Masyarakat dibagi menjadi 4, yaitu:

  1. Kekuasaan: Individu atau masyarakat yang memiliki kekuasaan dan wewenang besar akan berada pada tingkat lapisan atas dan bawah. Kekuasaan ini terbentuk karena adanya faktor yang mendorong lingkungan sosial untuk menciptakan serta mempertahankannya.
  2. Kekayaan: Barang siapa yang memilki penghasilan tinggi atau kekayaan yang paling banyak, maka ia akan termasuk dalam lapisan atas. Kekayaan tersebut bisa berupa gaya hidup, cara berpakaian, cara menyantap hidangan, mobil pribadi, dan sering belanja barang-barang mewah.
  3. Kehormatan: Tingkat ukuran kehormatan terhadap seseorang ataupun ndividu tidak serta-merta semua dilihat dari kekayaan dan kekuasaan yang dimilikinya, orng yang paling disegani dan mendapat penghormatan dalam kehidupan sehari-hari akan mendapatkan tempata teratas.Ukuran kehormatan seperti banyak kita jumpai pada masyarakat tradisional dengan sistem adanya te-tua adat, pemimpin dimasyarakat yang dahulunya pernah berjasa besar kepada masyarakat.
  4. Ilmu Pengetahuan: Orang yang bisa memiliki tingkat pendidikan tinggi dianggap memiliki tempat yang tinggi pula dimasyarakat. Nah, kadangkala ukuran ini menjadi polemik sehingga menimbulkan terjadinya dampak negatif karena ternyata bukan mutu imu pengetahuan yang menjadi standar ukuran melainkan hanya gelar akademiknya (kesarjanaannya).

Berdasarkan penjelasan tersebut, Jadi, jawabannya adalah A kepandaian, usia, kehormatan, dan kekayaan space 

0

Roboguru

Jelaskan stratifikasi sosial berdasarkan kepemilikan tanah!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah stratifikasi sosial berdasarkan kepemilikan tanah.

Pada dasarnya setiap suku bangsa memiliki stratifikasi sosial yang  berbeda-beda. Misalnya  pada  suku  Jawa. Di Jawa  terdapat stratifikasi sosial berdasarkan kepemilikan tanah sebagai berikut:

  1. Golongan  wong  baku  (cikal  bakal),  yaitu  orang-orang  keturunan  para  pendiri  desa.  Mereka mempunyai  hak  pakai  atas  tanah  pertanian  dan berkewajiban memikul beban anak keturunan paracikal bakal tersebut. Kewajiban seperti itu disebut dengan gogol atau sikep.
  2. Golongan kuli gandok (lindung), yaitu orang-orang yang  mempunyai  rumah  sendiri,  tetapi  tidak mempunyai hak pakai atas tanah desa.
  3. Golongan mondok emplok, yaitu orang-orang yang mempunyai rumah sendiri pada tanah pekarangan orang lain.
  4. Golongan  rangkepan,  yaitu  orang-orang  yangsudah berumah tangga, tetapi belum mempunyai rumah  dan  pekarangan  sendiri.
  5. Golongan  sinoman,  yaitu  orang-orang  muda  yang  belum menikah  dan  masih  tinggal bersama-sama dengan orangtuanya.

0

Roboguru

Yang  menjadi dasar pelapisan sosial masyarakat pada gambar di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal ini adalah ilustrasi dari pelapisan masyarakat menurut Max Webber yang didasarkan pada kepemilikan tanah. Lapis terbawah adalah para buruh tani yang bekerja sebagai pembantu dari penggarap sawah yang berada pada satu lapis di atasnya. Sedangkan, lapis teratas ditempati oleh para pemilik sawah.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved