Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Jenis partikel A, B, dan C berturut-turut pada medan magnetik adalah ....

Perhatikan gambar berikut!

Jenis partikel A, B, dan C berturut-turut pada medan magnetik adalah ....

  1. beta, gamma, dan alfa

  2. alfa, gamma, dan beta

  3. alfa, beta, dan gamma

  4. beta, alfa, dan gamma

  5. gamma, alfa, dan beta

A. Ridwan

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah opsi B.

jawaban yang paling tepat adalah opsi B.

Pembahasan

Pembahasan

Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu mencari arah gaya Lorentz yang dirasakan oleh partikel tersebut. Kitadapat menggunakan aturan tangan kanan, sebagai berikut : di mana I= arah gerak muatan B= arah medan magnetik F= Gaya Lorentz Perlu diingat, aturan tangan kanan tersebut berlaku hanya untuk muatan positif. Untuk muatan negatif, bisa memakai punggung tangan atau memakai tangan aturan tangan kiri. Selain itu, kita juga perlu memahami sifat-sifat partikel alfa, beta, dan gamma. Partikel alfa Partikel alfa memiliki muatan yang positif, Maka, kita dapat memakai aturan tangan kanan. Ibu jari yang melambangkan arah gerak partikel akan menghadap ke arah atas, jari telunjuk yang melambangkan arah medan magnetikakan menghadap ke dalam,maka secara aturan tangan kanan, jari tengah kita yang melambangkan arah gaya Lorentzakan menghadap kearah kiri. Jadi partikel alfa akan memiliki pergerakan ke arah kiri akibat gaya Lorentz. Partikel beta Partikel beta memiliki muatan yang negatif. Maka dari itu, kita tidak dapat menggunakan aturan tangan kanan. Akan tetapi, kita dapat memakai aturan tangan kiri sehingga akan didapatIbu jari akan menghadap ke arah atas, jari telunjuk akan menghadap ke dalam, dan jari tengah akan menghadap ke arah kanan. Jadi partikel beta akan memiliki pergerakan ke arah kanan akibat gaya Lorentz. Partikel gamma Partikel gamma tidak memiliki muatan. Jadi, partikel gamma tidak dapat dibelokkan oleh medan magnetik sehingga arah pergerakannya akan tetap lurus ke atas. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah opsi B.

Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu mencari  arah gaya Lorentz yang dirasakan oleh partikel tersebut. Kita dapat menggunakan aturan tangan kanan, sebagai berikut : 

 

di mana

I = arah gerak muatan

B= arah medan magnetik

F= Gaya Lorentz

Perlu diingat, aturan tangan kanan tersebut berlaku hanya untuk muatan positif. Untuk muatan negatif, bisa memakai punggung tangan atau memakai tangan aturan tangan kiri.

 

Selain itu, kita juga perlu memahami sifat-sifat partikel alfa, beta, dan gamma.

  •  Partikel alfa begin mathsize 14px style alpha end style

Partikel alfa memiliki muatan yang positif, Maka, kita dapat memakai aturan tangan kanan. Ibu jari  yang melambangkan arah gerak partikel akan menghadap ke arah atas,  jari telunjuk yang melambangkan arah medan magnetik akan menghadap ke dalam, maka secara aturan tangan kanan, jari tengah kita yang melambangkan arah gaya Lorentz akan menghadap kearah kiri.  Jadi partikel alfa akan memiliki pergerakan ke arah kiri akibat gaya Lorentz.

  • Partikel beta begin mathsize 14px style beta end style 

Partikel beta memiliki muatan yang negatif. Maka dari itu, kita tidak dapat menggunakan aturan tangan kanan. Akan tetapi, kita dapat memakai aturan tangan kiri sehingga akan didapat Ibu jari akan menghadap ke arah atas, jari telunjuk akan menghadap ke dalam, dan jari tengah akan menghadap ke arah kanan. Jadi partikel beta akan memiliki pergerakan ke arah kanan akibat gaya Lorentz.

  • Partikel gamma undefined  

Partikel gamma tidak memiliki muatan. Jadi, partikel gamma tidak dapat dibelokkan oleh medan magnetik sehingga arah pergerakannya akan tetap lurus ke atas.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah opsi B.

437

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Termasuk dalam deret apa 209 ​ Pb , 228 ​ Th , 231 ​ Pa , 222 ​ Ra ?

113

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia