Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Jenis keramik di atas adalah ….

  1. tembikar

  2. gerabah

  3. porselen

  4. keramik batu

U. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

  • Tembikar (terakota) merupakan jenis keramik yang dibuat menggunakan tanah liat lalu dibakar dengan suhu pembakaran paling rendah di antara jenis keramik lainnya, yaitu sekitar 600°C-1000 °C. Keramik jenis tembikar umumnya memiliki warna orange kecoklatan dan berpori kasar. Tembikar banyak dimanfaatkan untuk membuat bahan konstruksi seperti batu bata dan juga genteng. 
  • Gerabah merupakan jenis keramik yang serupa dengan tembikar yaitu dibuat menggunakan tanah liat, namun kemudian dibakar dengan suhu yang lebih tinggi yaitu berkisar antara 1000°C-1080°C. Keramik jenis gerabah memiliki ciri yang serupa dengan tembikar, yaitu berwarna oranye kecoklatan dan berpori, tapi memiliki pori yang lebih halus. Gerabah banyak dimanfaatkan untuk membuat benda seperti kendi, gentong, pot bunga, dan lain sebagainya. 
  • Keramik batu, yaitu jenis keramik yang dibuat menggunakan tanah liat yang ditambahkan beberapa unsur mineral lalu dibakar dengan suhu pembakaran sekitar 1200°C. Keramik jenis ini memiliki ciri yaitu tidak berpori, sehingga teksturnya licin dan juga halus. Keramik batu banyak dimanfaatkan untuk membuat peralatan makan dan juga peralatan masak.
  • Porselen merupakan jenis keramik yang dibuat dari tanah liat yang bertekstur putih halus, yang dinamakan kaolin, yang kemudian ditambahkan dengan beberapa mineral seperti feldspar dan kuarsa lalu dibakar dengan suhu antara 1200-1450°C. Ciri dari porselen hampir serupa dengan keramik batu yaitu tidak berpori. Porselen dapat dimanfaatkan untuk membuat peralatan saniter seperti bath up dan juga bak pencucian piring.

18

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bahan timbal (Pb) umum digunakan sebagai bahan pelapis keramik karena ….

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia