Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Jelaskan teori yang dikemukakan dengan benar!

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Jelaskan teori yang dikemukakan dengan benar!space space 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah teori yang dikemukakan oleh Emile Durkheim.

Teori Solidaritas dari Emile Durkheim. Menurut Emile Durkheim, Solidaritas sosial adalah kesetiakawanan yang menunjuk pada suatu keadaan hubungan antara individu dan atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Dalam teori ini Emile Durkheim membagi dua tipe solidaritas, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Solidaritas mekanik merupakan rasa solidaritas yang berdasarkan suatu kesadaran kolektif. Bentuk solidaritasnya tergantung pada individu masing-masing yang memiliki sifat yang sama dan menganut kepercayaan serta pola normatif yang sama. Solidaritas mekanik biasanya muncul dari pedesaan. Hal ini dikarenakan solidaritas tersebut akan terbangun pada kelompok masyarakat yang masih sederhana. Sedangkan solidaritas organik berkembang dalam kelompok masyarakat yang kompleks. Contohnya, pada masyarakat perkotaan di mana para anggotanya disatukan oleh rasa saling membutuhkan untuk kepentingan bersama. Di dalam solidaritas organik, pembagian kerja sudah jelas untuk masing-masing anggota kelompok bahkan disesuaikan dengan bidang atau keahlian masing-masing. Dalam solidaritas organik, masyarakat saling membutuhkan dan berhubungan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing bukan karena asas kebersamaan ataupun ikatan moral.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Emile Durkheim, objek kajian sosiologi adalah...

Pembahasan Soal:

Istilah sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Socius yang artinya kawan dan logos yang memiliki arti berbicara.
Emile Durkheim menjelaskan sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial. Fakta sosial terdiri dari cara berpikir, bertindak, dan merasakan yang mengendalikan orang lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B. space

Roboguru

Emile Durkheim merupakan tokoh sosiologi yang berasal dari Perancis. Sebagai salah satu peletak dasar sosiologi, ia mengatakan bahwa sosiologi mempelajari tentang ...

Pembahasan Soal:

Menurut Emile Durkheim sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial merupakan cara bertindak, berpikir, serta mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.space space space space space

Roboguru

Tuliskan dua contoh bahwa sosiologi adalah fakta-fakta sosial!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah contoh sosiologi sebagai fakta-fakta sosial.

Menurut Emile Durkheim, fakta sosial adalah semua cara bertindak, berpikir, dan merasa yang ada diluar individu, bersifat memaksa, dan umum. Artinya bahwa fakta sosial merupakan kondisi yang berada diluar kontrol setiap individu namun harus tetap dilakukan dan terjadi. Berdasarkan definisi fakta sosial tersebut, maka sebagai ilmu yang mengkaji tentang perilaku masyarakat, contoh bahwa sosiologi adalah fakta-fakta sosial, antara lain: pertama, supaya dapat diterima oleh lingkungan, maka setiap individu sebagai anggota masyarakat harus mematuhi setiap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Kedua, sebagai umat beragama wajib untuk melakukan praktik keagamaan. 

Roboguru

Fakta sosial menurut Emille Durkheim dapat mengendalikan dan memaksa individu contoh...

Pembahasan Soal:

Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan merasa yang ada diluar individu, bersifat memaksa, dan umum. Fakta sosial memiliki tiga karakteristik, yaitu: 

  1. Extern (diluar individu). Artinya, bahwa fakta sosial ada sebelum individu ada dan akan tetap ada setelah individu tidak ada. 
  2. Determined Coercive, yaitu fakta sosial memaksa individu agar selalu sesuai dengannya. 
  3. General, yaitu fakta sosial tersebar luas dalam komunitas/masyarakat, milik bersama, dan bukan milik individu. 

Contoh tindakan yang berlandaskan fakta sosial adalah memakai seragam sesuai aturan sekolah. Sekolah merupakan suatu lembaga kemasyarakatan yang berfokus dalam pembangunan pendidikan bagi individu. Sebuah lembaga normalnya memiliki aturan-aturan atau kebijakan yang menuntut setiap individu untuk mematuhinya. Aturan-aturan itulah yang kemudian menjadi pengendali individu dalam bertindak diluar keinginan individu tersebut. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C. 

Roboguru

Durkheim berpendapat bahwa masyarakat memiliki karakteristik...

Pembahasan Soal:

Emile Durkheim menjelaskan bahwa masyarakat adalah suatu kenyataan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya. Maksudnya yaitu adanya ikatan sosial dalam kelompok. Masyarakat juga berarti kelompok manusia yang hidupnya teratur. Masyarakat termasuk sosial order atau keteraturan sosial. Syarat-syarat terbentuknya masyarakat adalah sejumlah manusia yang hidup bersama dalam waktu yang relatif lama, merupakan satu kesatuan dan merupakan suatu sistem hidup bersama, yaitu hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan dimana setiap anggota masyarakat merasa dirinya masing-masing terikat dengan kelompoknya. 

Jadi, jawabannya adalah C. Sebuah realitas objektifundefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved