Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Jelaskan jenis pencemaran yang terjadi pada gambar tersebut.

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut.

Jelaskan jenis pencemaran yang terjadi pada gambar tersebut.space 

Pembahasan Soal:

Pencemaran merupakan masuknya bahan pencemar (polutan) ke dalam lingkungan sehingga menyebabkan keseimbangan lingkungan terganggu. Pencemaran lingkungan terdiri dari pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara, dan pencemaran suara. Pada gambar terlihat perairan yang berwarna coklat. Jenis pencemaran yang terjadi pada gambar merupakan pencemaran air. Pencemaran air merupakan masuknya polutan ke dalam lingkungan perairan. Polutan dapat berupa limbah industri, rumah tangga, dan pertanian. Contoh polutan yang dapat mencemari air yaitu deterjen dan pestisida. Dampak dari pencemaran air adalah :

  1. Timbulnya endapan, koloid, dan bahan terlarut. Endapan, koloid, dan bahan terlarut berasal dari bahan buangan industri, obat-obatan, dan pupuk pertanian. Bahan-bahan tersebut dapat menghalangi cahaya masuk ke perairan sehingga fotosintesis tumbuhan air terganggu.
  2. Perubahan tingkat keasaman (pH). Derajat pH optimal untuk kehidupan organisme antara 6,5-7,5. Jika perairan tercemar, maka pH akan berubah menjadi di bawah 6,5 atau di atas 7,5.
  3. Perubahan warna, bau, dan rasa. Syarat air yang dapat digunakan manusia adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Dengan adanya limbah di perairan, maka perairan akan menjadi berwarna, berbau, dan berasa.
  4. Eutrofikasi, yaitu penumpukan nutrien di lingkungan perairan akibat adanya limbah pertanian dan peternakan sehingga menyebabkan melimpahnya tumbuhan air.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Permukaan air sungai yang tertutup busa detergen dapat mengakibatkan ....

Pembahasan Soal:

Kondisi limbah detergen yang tak terkendali akan menyebabkan pencemaran air yang mengalir ke sungai lalu bermuara di laut. Apabila debit limbah detergen semakin besar maka sangat memungkinkan terjadinya pencemaran terhadap air. Selain itu, adanya busa sabun di permukaan perairan juga akan menghalangi cahaya matahari dan mengurangi sirkulasi oksigen sehingga dapat menyebabkan kematian biota air seperti ikan yang terdapat di daerah tersebut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

1

Roboguru

Alasan yang tepat terkait peristiwa yang terjadi di zona limnetik jika ekosistem tersebut tercemar oleh berbagai macam sampah plastik?

Pembahasan Soal:

Zona limnetik merupakan daerah terbuka yang jauh dari tepian sampai kedalaman yang masih dapat di tembus cahaya matahari. Organisme yang hidup dan banyak ditemukan di daerah ini antara lain ikan, udang dan plankton. Salah satu jenis plankton yang ditemukan yaitu fitoplankton yang dapat berfotosintesis untuk menyediakan makanan bagi organisme lain. Jika ditemukan banyak sampah di daerah ini maka tumpukan berbagai sampah plastik menghambat penetrasi sinar matahari dan mengganggu proses fotosintesis produsen di zona itu.space space

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Gambar tentang kerusakan lingkungan:    Perhatikan semua gambar di atas . . . . c. Berdasarkan gambar diatas pencemaran apa saja yang terjadi?

Pembahasan Soal:

Gambar di atas menunjukkan terjadi pencemaran udara berupa limbah berupa asap yang dikeluarkan oleh pabrik (gambar 1). Pencemaran air yang mengakibatkan air berubah warna menjadi gelap (gambar 6). Pencemaran tanah berupa pembuangan sampah sembarangan dan menumpuk, sampah tersebut berupa limbah nonbiodegradable yaitu plastik, kaleng, dan lainnya.space 

0

Roboguru

Sebutkan 6 penyebab pencemaran air!

Pembahasan Soal:

Terdapat berbagai macam sumber cemaran pada perairan, antara lain:

  1. Pencemar dari limbah rumah tangga berupa deterjen hasil kegiatan MCK di dapur dan kamar mandi.
  2. Kelebihan pupuk yang diberikan ke persawahan dan perkebunan terbawa ke saluran irigasi, menyebabkan eutrofikasi atau ledakan populasi alga.
  3. Limbah industri, yakni bahan kimia hasil pencucian dan sisa bahan pereaksi berlebih yang dibuang ke kanal-kanal perairan dekat lokasi usaha.
  4. Cemaran mikrobiologis dari kebocoran limbah medis atau septic tank yang berisi mikroba patogen yang berbahaya bagi kesehatan.
  5. Sampah padatan yang dibuang ke perairan menyebabkan hambatan aliran air dan pendangkalan.
  6. Akumulasi logam berat dan racun organofosfat yang menyebabkan kematian biota perairan.undefined 

0

Roboguru

Hal yang bukan merupakan akibat dari membuang sampah anorganik ke sungai adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Limbah anorganik pada umumnya bersifat toksik terhadap makhluk hidup. Pencemaran air yang disebabkan oleh limbah anorganik dapat menyebabkan terganggunya organisme hingga menyebabkan kematian. Selain itu, limbah anorganik yang sukar terurai menyebabkan penyumbatan pada saluran air, yang dapat menyebabkan terjadinya banjir. Selain limbah anorganik, pencemaran air dapat juga disebabkan oleh limbah organik. Limbah organik, khususnya yang mengandung fosfor, apabila masuk dan terakumulasi pada badan air menyebabkan terjadinya eutrofikasi. Eutrofikasi menyebabkan terjadinya ledakan populasi alga hijau atau fitoplankton, yang memiliki kemungkinan bersifat toksik terhadap organisme lain. Ledakan populasi ini juga menyebabkan penurunan kadar oksigen terlarut (DO), yang meningkatkan angka kematian organisme lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved