Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ini! Tentukan mana saja garis-garis yang memenuhi macam-macam kedudukan dua garis!

Perhatikan gambar berikut ini!

Tentukan mana saja garis-garis yang memenuhi macam-macam kedudukan dua garis!

Iklan

A. Salim

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pelita Harapan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

garis-garis yangsejajar, yaitu garis s dan q serta p dan m. Garis yang berpotongan yaitu garis p dengan s, r dan q, garis n dengan m, q, r, s, dan p, serta garis m dengan m, q, r, dan s.

 garis-garis yang sejajar, yaitu garis s dan q serta p dan m. Garis yang berpotongan yaitu garis p dengan s, r dan q, garis n dengan m, q, r, s, dan p, serta garis m dengan m, q, r, dan s.

Iklan

Pembahasan

Kedudukan dua garis, yaitu: Sejajar :Dua garis sejajar apabila garis-garis tersebut terletak satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang. Berpotongan : Dua garis berpotongan apabila garis-garis tersebut terletak satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong. Berimpit :Dua garis berimpit apabila garis-garis tersebut terletak pada satu garis lurus sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja. Bersilangan :Dua garis bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak mungkin terletak pada satu bidang datar dan tidak mepunyai titik persekutuan (tidak berpotongan). Dari gambar dapat dilihat bahwagaris-garis yangsejajar, yaitu garis s dan q serta p dan m. Garis yang berpotongan yaitu garis p dengan s, r dan q, garis n dengan m, q, r, s, dan p, serta garis m dengan m, q, r, dan s. Dengan demikian,garis-garis yangsejajar, yaitu garis s dan q serta p dan m. Garis yang berpotongan yaitu garis p dengan s, r dan q, garis n dengan m, q, r, s, dan p, serta garis m dengan m, q, r, dan s.

Kedudukan dua garis, yaitu:

  1. Sejajar : Dua garis sejajar apabila garis-garis tersebut terletak satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang.
  2. Berpotongan : Dua garis berpotongan apabila garis-garis tersebut terletak satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.
  3. Berimpit : Dua garis berimpit apabila garis-garis tersebut terletak pada satu garis lurus sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja.
  4. Bersilangan : Dua garis bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak mungkin terletak pada satu bidang datar dan tidak mepunyai titik persekutuan (tidak berpotongan).

Dari gambar dapat dilihat bahwa garis-garis yang sejajar, yaitu garis s dan q serta p dan m. Garis yang berpotongan yaitu garis p dengan s, r dan q, garis n dengan m, q, r, s, dan p, serta garis m dengan m, q, r, dan s.

Dengan demikian, garis-garis yang sejajar, yaitu garis s dan q serta p dan m. Garis yang berpotongan yaitu garis p dengan s, r dan q, garis n dengan m, q, r, s, dan p, serta garis m dengan m, q, r, dan s.

Latihan Bab

Konsep Kilat

Pengenalan Garis dan Sudut

Jenis Sudut dan Hubungan Antar Sudut

Melukis Sudut Istimewa

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

389

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dua garis yang bersilangan adalah ....

327

2.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia