Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Cari perbedaan gambar di atas dari fungsinya!

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ini!

Cari perbedaan gambar di atas dari fungsinya! 

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal menunjukkan jenis-jenis jaringan saraf berdasarkan bentuknya yaitu bipolar, unipolar, dan multipolar. Neuron unipolar yang paling sederhana karena hanya memiliki satu penjuluran dari badan sel sehingga hanya menghantar impuls dari rangsangan yang sangat sederhana. Sedangkan neuron bipolar yang memiliki dua penjuluran dari badan selnya umumnya berperan sebagai saraf sensorik yang menerima rangsangan pada reseptor. Selain itu, neuron multipolar merupakan neuron yang dominan pada manusia. Berada hampir di semua bagian tubuh manusia karena bentuknya yang memiliki banyak dendrit sehingga mudah untuk mengirimkan rangsangan ke saraf lainnya. 

Jadi, neuron unipolar, bipolar, dan multipolar memiliki bentuk yang berbeda sehingga memiliki fungsi yang berbeda dalam menghantarkan rangsangan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal no. 14 dan 15 berdasarkan gambar saraf berikut. Berdasarkan strukturnya neuron tersebut termasuk tipe ...

Pembahasan Soal:

Neuron (sel saraf) merupakan unit fungsional sistem saraf, berukuran panjang sekitar 39 inci, serta terdiri atas bagian badan sel, dendrit, dan akson. Neuron (sel saraf) berperan sebagai penghantar dan dapat dirangsang serta memiliki kemampuan merespon dari berbagai rangsang dari luar maupun dari dalam tubuh. Berdasarkan bentuknya, sel saraf terbagi menjadi saraf multipolar, saraf bipolar, dan saraf unipolar (pseudounipolar). Saraf multipolar yaitu memiliki satu akson dan dua dendrit atau lebih. Contohnya ada di saraf motorik pada otak dan sumsum tulang belakang. Saraf bipolar yaitu memiliki dua juluran yang terdiri dari dendrit dan akson, misalnya reseptor telinga, mata, dan hidung. Saraf unipolar merupakan neuron bipolar yang hanya memiliki satu juluran dari badan sel karena akson dan dendritnya mengalami fusi. Contoh saraf unipolar yaitu pada embrio dan fotoreseptor mata. Berdasarkan gambar, neuron tersebut termasuk ke dalam tipe neuron bipolar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu C.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Cari perbedaan gambar di atas dari segi struktur!

Pembahasan Soal:

Jaringan saraf merupakan jaringan yang berperan dalam penghantaran impuls pada tubuh. Jaringan ini tersusun atas sel saraf (neuron) dan juga sel pendukung (neuroglia). Berdasarkan bentuknya, neuron dibagi menjadi bipolar, unipolar, dan multipolar. Neuron bipolar merupakan neuron yang memiliki dua juluran dari badan selnya menjadi dendrit dan akson. Contohnya reseptor pada telinga, mata, dan hidung. Neuron unipolar merupakan neuron yang memiliki satu juluran dari badan sel yang bercabang menjadi dendrit dan akson. Contoh saraf unipolar yaitu neuron pada embrio dan fotoreseptor mata. Sedangkan neuron multipolar merupakan neuron yang memiliki banyak juluran dendrit dari badan selnya dan memiliki satu juluran akson. Neuron multipolar dapat ditemukan di saraf motorik pada otak dan sumsum tulang belakang. 

Jadi, gambar pada soal menunjukkan jenis-jenis sel saraf berdasarkan bentuknya yaitu bipolar, unipolar, dan multipolar.

0

Roboguru

Berdasarkan fungsinya, neuron dibedakan menjadi 3 jenis! Jelaskan?

Pembahasan Soal:

Berdasarkan fungsinya, neuron dibedakan menjadi 3 jenis yaitu neuron sensorik, neuron motorik, dan neuron intermediet/konektor/asosiasi.

  1. Neuron sensorik memiliki fungsi yaitu untuk menghantarkan impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Neuron ini sering disebut juga dengan neuron indera
  2. Neuron motorik memiliki fungsi yaitu untuk menghantarkn impuls dari sel sistem saraf pusat ke sel otot atau kelenjar sehingga tubuh akan menanggapi rangsangan tersebut dengan bergerak atau menghasilkan suatu produk sekresi.
  3. Neuron intermediet memiliki fungsi yaitu untuk menghubungkan sel saraf motorik dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lain yang terdapat di dalam sistem saraf pusat. space

0

Roboguru

Sebutkan macam-macam neuron berdasarkan fungsinya!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan fungsinya, neuron dibedakan menjadi 3 jenis yaitu: 

  1. Neuron sensorik (aferen), memiliki struktur sel bergelombang membentuk ganglia. Fungsi neuron sensorik yaitu membawa rangsang ke sistem saraf pusat. 
  2. Neuron interneuron (intermediet)/ konektor, memiliki dendrit yang pendek dan akson yang pendek/panjang. Fungsi neuron intermediet adalah menerima rangsang dari neuron sensori atau neuron intermediet yang lain
  3. Neuron motorik (eferen). memiliki dendrit yang pendek dan akson yang panjang. Fungsi neuron motorik yaitu membawa/ meneruskan impuls dari sistem saraf pusat ke efektor.  space 

0

Roboguru

Sebelum minum kopi, Hasan memastikan terlebih dahulu temperatur air kopi dengan menyentuhkan telapak tangannya pada cangkir. Dengan cara itu, Hasan dapat mengetahui minuman tersebut masih terasa panas...

Pembahasan Soal:

Ketika Hasan menyentuhkan telapak tangannya pada cangkir kopi, maka bagian yang bekerja pertama kali adalah reseptor. Reseptor di kulit manusia yang dapat merasakan panas adalah saraf Rufini. Setelah panas diterima oleh saraf Rufini maka impuls akan diteruskan ke saraf sensorik menuju ke saraf pusat berupa otak ataupun sum-sum tulang belakang. Selanjutnya akan dihasilkan respon atau tanggapan yang akan diteruskan oleh saraf motorik ke efektor berupa otot.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved