Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan inte...

Perhatikan gambar berikut ini!

Berdasarkan intensitas dan penetrasi cahaya yang diterima danau, habitat hidup plankton, nekton, dan neuston yang paling tepat adalah ....space 

  1. daerah pesisirspace 

  2. daerah limnetikspace 

  3. daerah litoralspace 

  4. daerah profundalspace 

  5. daerah tepispace 

Jawaban:

Ekosistem danau adalah salah satu perairan umum yang dimanfaatkan dalam produksi perikanan, baik melalui kegiatan budidaya maupun penangkapan. Ekosistem danau terbagi atas zona-zona berikut:

  1. Zona litoral merupakan bagian yang dangkal dari sebuah danau, yang di tumbuhi tumbuhan air yang sebagian daunnya muncul pada bagian permukaan perairan. Zona litoral merupakan zona yang paling banyak dihuni oleh plankton, hewan akuatik (nekton dan neuston), dan berbagai hewan lainnya.
  2. Zona limnetik merupakan zona perairan terbuka atau merupakan kolam air yang sesungguhnya dari sebuah danau. Pada zona ini, fotosintesis masih mungkin berlangsung, akan tetapi cahaya matahari tidak lagi menembus ke dasar perairan. Biota akuatik seperti fitoplankton, zooplankton, dan ikan masih ada pada zona ini.
  3. Zona profundal merupakan zona yang mana cahaya tidak lagi mencapai lapisan air pada zona ini. Keanekaragaman kehidupan zona profundal sangat rendah. Komunitas utama pada zona ini terdiri dari bakteri dan jamur, kelompok konsumen dalam bentuk bentos seperti cacing darah, annelida, serta kerang kecil.
  4. Zona bentik merupakan zona yang terdiri dari dasar perairan. Zona bentik merupakan zona yang dihuni oleh bentos sebagai penghuni dasar perairan yang berperan sebagai dekomposer.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved