Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ini. Bagian yang ditunjuk oleh A dan B berturut-turut adalah ....

Perhatikan gambar berikut ini.

Bagian yang ditunjuk oleh A dan B berturut-turut adalah ....space 

Iklan

N. Fakhirah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gambar di atas adalah morfologi udang. Udang merupakan anggota Filum Arthropoda dengan sub-filum Crustacea.Filum Arthropodamerupakan hewan yang memiliki ciri kaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Filum Arthropoda dibagi menjadi empat subfilum, yaitu Chelicerata (sebagian besar laba-laba), Myriapoda (hewan berkaki banyak), Crustacea (udang-udangan) ,dan Hexapoda (sebagian besar serangga). Berdasarkan gambar udang di atas, bagian yang ditunjuk huruf A yaitu antena dan huruf B yaitu bagian abdomen . Tubuh udang terdiri atas dua bagian, yaitu sefalotoraks (kepala-dada bersatu) dan abdomen (perut) yang bersegmen-segmen. Sefalotoraks ditutupi oleh karapaks di bagian dorsalnya. Bagian ujung anterior karapas lancip seperti duri, disebut rostrum. Bagian kepala dari sefalotoraks merupakan penyatuan lima segmen. Pada bagian kepala, terdapat sepasang mata majemuk (mata faset) yang bertangkai, sepasang antenula yang pendek, sepasang antena yang panjang atau sungut, sepasang mandibula (rahang bawah) yang mengapit mulut, dan dua pasang maksila (rahang atas). Bagian dada dari sefalotoraks merupakan penyatuan delapan segmen. Pada bagian dada, terdapat maksiliped, sepasang keliped (kaki capit), dan empat pasang pereiopod (kaki jalan). Pada setiap segmen bagian perut, terdapat sepasang pleopod (kaki renang). Pada udang jantan, pasangan pleopod ke-1 dan ke-2 termodifikasi menjadi alat kopulasi, yang disebut gonopod. Pada udang betina, pleopod juga berfungsi untuk menyimpan telur dan membawa anaknya. Pada ujung posterior tubuh, terdapat telson dan sepasang uropod sebagai alat kemudi berenang.

Gambar di atas adalah morfologi udang. Udang merupakan anggota Filum Arthropoda dengan sub-filum Crustacea. Filum Arthropoda merupakan hewan yang memiliki ciri kaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Filum Arthropoda dibagi menjadi empat subfilum, yaitu Chelicerata (sebagian besar laba-laba), Myriapoda (hewan berkaki banyak), Crustacea (udang-udangan), dan Hexapoda (sebagian besar serangga).

Berdasarkan gambar udang di atas, bagian yang ditunjuk huruf A yaitu antena dan huruf B yaitu bagian abdomen.

Tubuh udang terdiri atas dua bagian, yaitu sefalotoraks (kepala-dada bersatu) dan abdomen (perut) yang bersegmen-segmen. Sefalotoraks ditutupi oleh karapaks di bagian dorsalnya. Bagian ujung anterior karapas lancip seperti duri, disebut rostrum. Bagian kepala dari sefalotoraks merupakan penyatuan lima segmen. Pada bagian kepala, terdapat sepasang mata majemuk (mata faset) yang bertangkai, sepasang antenula yang pendek, sepasang antena yang panjang atau sungut, sepasang mandibula (rahang bawah) yang mengapit mulut, dan dua pasang maksila (rahang atas). Bagian dada dari sefalotoraks merupakan penyatuan delapan segmen. Pada bagian dada, terdapat maksiliped, sepasang keliped (kaki capit), dan empat pasang pereiopod (kaki jalan). Pada setiap segmen bagian perut, terdapat sepasang pleopod (kaki renang). Pada udang jantan, pasangan pleopod ke-1 dan ke-2 termodifikasi menjadi alat kopulasi, yang disebut gonopod. Pada udang betina, pleopod juga berfungsi untuk menyimpan telur dan membawa anaknya. Pada ujung posterior tubuh, terdapat telson dan sepasang uropod sebagai alat kemudi berenang.space 

Latihan Bab

Klasifikasi Animalia

Porifera

Cnidaria dan Ctenophora

Plathyhelminthes

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

577

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Crustacea yang bersifat parasit umumnya termasuk ....

480

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia