Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Apa saja yang di bahas dalam rapat yang berlangsung di Rengasdengklok ?

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ini!

Apa saja yang di bahas dalam rapat yang berlangsung di Rengasdengklok ?
 

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Soekarni, Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh dari perkumpulan "Menteng 31" terhadap Soekarno dan Muhammad Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00, dengan membawa kedua tokoh ini ke Rengasdengklok, sebuah kota kecil di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Peristiwa ini dilatarbelakangikeinginan para tokoh tua dalam perjuangan kemerdekaan, yaitu Achmad Soebardjo, Soekarno dan Muhammad Hatta, yang ingin agar kemerdekaan diproklamasikan melalui PPKI (Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia). Namun golongan muda berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia tidak boleh bergantung pada negara lain, dan tidak ingin proklamasi kemerdekaan melalui PPKI yang merupakan bentukan Jepang. Golongan muda juga menginginkan kemerdekaan diproklamasikan segera setelah Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945 kepada Sekutu. Para pemuda khawatir bila menunggu terlalu lama, maka Belanda akan kembali ke Indonesia dengan mebonceng Sekutu yang memenangi Perang Dunia II. Para pemuda membawa Sukarno dan hatta ke Rengasdengklok, dan berharap Soekarno dan Moh.Hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1945. Namun Sukarno dan Hatta menolak usul ini. Setelah Ahmad Subarjo datang dan memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 1945, maka para pemuda bersedia melepaskan Soekarno dan Moh.Hatta beserta rombongannya untuk kembali ke Jakarta. Akhirnya, Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, yang saat ini dinamakan Jalan Proklamasi.Tempat ini merupakan kediaman Ir Sukarno.

Dengan demikian, hasil kesepakatan pada peristiwa Rengasdengklok adalah bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan secepatnya, paling lambat tanggal 17 Agustus 1945.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Makna peristiwa Rengasdengklok bagi bangsa Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penting sebelum proklamasi kemerdekaan. Peristiwa ini merupakan pengamanan Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok (Karawang). Tujuannya agar menjauhkan tokoh-tokoh tersebut dari pengaruh Jepang. Peristiwa Rengsdengklok ini menunjukkan bahwa proklamasi kemerdekaan hanya dapat dilakukan atas usaha sendiri tanpa campur tangan bangsa asing.

0

Roboguru

Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi "penculikan" atau pengamanan Sukarno dan Moh. Hatta oleh golongan muda ke daerah Rengasdengklok. Aksi tersebut terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari dan bertujuan untuk menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang terkait kemerdekaan Indonesia. Peristiwa Rengasdengklok dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda terkait kemerdekaan Indonesia. Menurut golongan tua, kemerdekaan Indonesia harus dipersiapkan sematang mungkin dalam sidang PPKI yang rencana akan digelar pada tanggal 16 Agustus 1945. Sedangkan menurut golongan muda, kemerdekaan Indonesia harus dilakukan segera mungkin mengingat Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Dampak dari adanya Peristiwa Rengasdengklok adalah kesepakatan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini terjadi setelah Ahmad Soebardjo menjanjikan akan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 jika golongan muda melepaskan Sukarno-Hatta dan mengembalikan kedua tokoh tersebut ke Jakarta. Syarat ini pun disanggupi oleh golongan muda.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa penculikan, atau bagi sebagian pihak menyebutnya sebagai aksi pengamanan, yang dilakukan oleh golongan muda terhadap Soekarno-Hatta. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Tujuan dari aksi penculikan tersebut adalah untuk mengamankan Soekarno-Hatta dari pengaruh Jepang terkait rencana kemerdekaan Indonesia. Soekarno-Hatta kembali dari peristiwa Rengasdengklok setelah terjadi kesepakatan antara golongan muda dengan Ahmad Soebardjo terkait waktu pelaksanaan proklamasi. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 16 Agustus 1945 merupakan aksi "penculikan" Soekarno dan Moh. Hatta oleh golongan muda untuk menjauhkan kedua tokoh tersebut dari pengaruh Jepang. Aksi tersebut berakhir dengan kembalinya Soekarno-Hatta ke Jakarta setelah dijemput oleh Ahmad Soebardjo. Sebelum membawa kembali Soekarno-Hatta ke Jakarta, Ahmad Soebardjo meyakinkan golongan muda bahwa proklamasi akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 maksimal siang hari. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat, yaitu...

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, peristiwa ini juga merupakan awal dari proklamasi kemerdekaan Indonesia karena 1 hari setelahnya Indonesia memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka. Peristiwa Rengasdengklok ditandai dengan penculikan Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta yang didesak oleh golongan pemuda untuk segera memproklamirkan Indonesia merdeka. Hal itu dilakukan setelah Jepang menyerah terhadap Sekutu yang menandakan bahwa Indonesia merupakan kawasan yang tanpa kekuasaan sehingga bisa dimanfaatkan untuk memproklamirkan kemerdekaan.  Peristiwa Rengasdengklok memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia karena dengan adanya peristiwa itu maka dapat disepakatainya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan negara Indonesia. Bahkan para pemuda juga menjadi lebih percaya bahwa proklamasi kemerdekaan merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia dan bukan hasil pemberian Jepang karena tidak mengikuti prosedur yang disusun oleh PPKI karena dianggap sebagai badan buatan Jepang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved